Oppa & I – Orizuka & Lia Indra Andriana

Judul: Oppa & I

Genre: Drama

Penulis: Orizuka & Lia Indra Andriana

Penerbit: Haru

Terbit: Desember 2012

Harga: Rp 28.000

Sinopsis

Park Jae In:

‘Oppa’.

Apa panggilan itu tidak terdengar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?

Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?

Apa kau senang melihatku seperti ini?

Park Jae Kwon:

Jae In-a.

Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!

Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!

Oppa akan melindungimu!

Resensi

Novel remaja dengan setting Korea ini diawali dengan adegan di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Seorang gadis remaja bernama Jae In, baru saja mendarat di Negeri Ginseng setelah perjalanan beberapa jam dari Indonesia. Ia tidak sendirian, melainkan datang bersama ibunya. Dan kedatangannya ke Korea adalah awal suatu hidup yang baru bagi Jae In, yang sama sekali tidak bersemangat menyambut perubahan demi perubahan yang akan terjadi di hari-harinya yang akan datang. 

Jae Kwon sudah menanti-nanti dengan tak sabar di rumah, tak sabar ingin melihat penampakan ibu yang sudah bertahun-tahun berpisah darinya. Dan tentunya, tak sabar ingin memeluk Jae In dan kembali menjalani hari-hari bersama adik kembarnya itu. Namun yang terjadi justru sebaliknya, Jae In tampak berwajah datar saat Jae Kwon menyapanya riang. Mereka seperti dua orang yang tidak memiliki hubungan apa-apa. Bahkan yang lebih menyakitkan lagi bagi Jae Kwon, Jae In menolak untuk memanggilnya oppa. Sebenarnya apa yang terjadi dengan Jae In? Kehidupan seperti apakah yang dia alami di Jakarta sehingga mengubahnya menjadi gadis sinis seperti ini??

Novel Oppa and I menceritakan tentang dua saudara kembar yang terpisah lima tahun karena perceraian orang tua mereka. Dan peristiwa rujuknya Sandy dan Jae Bin – nama kedua orang tua mereka – ternyata tidak serta merta membuat keluarga ini menjadi keluarga yang hangat. Jae In dengan segala pemikiran yang ia simpan membuatnya selalu saja bersikap skeptis terhadap keluarganya sendiri. Ia seperti tak bisa begitu saja menerima lingkungan barunya di Korea. Di sekolah pun, Jae In menyambut dingin uluran persahabatan yang ditawarkan oleh teman-teman sekelasnya. Apa Jae In masih belum bisa melupakan kehidupannya di Indonesia ya, sehingga bersikap seperti ini?

Orizuka dan Lia Indra Andriana. Duet penulis ini sudah dikenal dengan novel karya-karya mereka yang berlatar Korea, jadi sepertinya tidak terlalu sulit untuk membuat cerita seperti ini. Namun menurut saya, dengan segmen remaja yang mereka angkat, sementara usia mereka sendiri sudah jauh di atas remaja *uhuk, siap-siap dikeplak penulis*, butuh pendalaman lebih untuk karakter-karakter remaja yang mereka angkat. Tapi mereka tetap bisa melakukannya, tuh. Mereka berhasil mengangkat keceriaan masa sekolah, persahabatan yang manis, atau percik-percik cinta yang mulai tumbuh di antara remaja-remaja ini. Selingan musik K-Pop dan artis-artis idola juga menambah kesemarakan novel ini.

By the way, novel yang sudah terbit setahun lalu ini awalnya dimuat di web series KoreanUpdates.com, dan saya tahu sendiri bagaimana pembaca selalu menanti-nantikan kelanjutan kisahnya tiap dua minggu sekali. Dan sekarang, tepatnya bulan Desember ini, kedua penulis dan Penerbit Haru sedang siap-siap untuk merilis sequel lanjutannya, lho. Bocorannya, sequel ini diberi judul ‘Love Missions’. Wah, jadi makin penasaran nih dengan kelanjutan kisah Jae Kwon, Jae In, dan juga teman-temannya!🙂

3 thoughts on “Oppa & I – Orizuka & Lia Indra Andriana

  1. Pingback: Hai Orizuka! | Dinoy's Books Review

  2. Pingback: Oppa & I: Love Signs by Orizuka & Lia Indra Andriana | Dinoy's Books Review

  3. Pingback: Behind the Book (and Giveaway!)– Oppa & I: Love Signs. | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s