Review Falling by Rina Suryakusuma+Tebak Secret Santa BBI 2015

Falling

Judul: Falling

Penulis: Rina Suryakusuma

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Novel Indonesia, Metropop, Romance, Drama

Tebal: 320 halaman

Terbit: Maret 2015

Carly adalah seorang karyawati ODP (Organizational Development Program) di sebuah perusahaan property developer terkemuka. Sebagai peserta ODP, program yang mensyaratkan pesertanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan tugas kerja dari kantor untuk menuju jenjang manajerial, Carly dituntut untuk selalu sigap mengikuti bimbingan dari atasan sekaligus mentornya. Dan kali ini, mentornya adalah Maggie, dan mereka berada di divisi leasing. Tugas-tugas berat yang menuntut ketelitian dan waktu yang ketat tak jarang menjadi tantangan Carly. Terlebih pembawaan Maggie yang tegas dan perfeksionis—cenderung galak. Namun, lain halnya dengan teman-temannya yang cenderung menghindari Maggie, Carly justru tertarik dengan sosok perempuan berwibawa yang tampak acuh tak acuh itu. Padahal, kehidupan pribadi Carly sendiri tidak kalah menuntut perhatian. Ada Seth, tunangannya yang semakin lama semakin memprotes berkurangnya waktu Carly untuknya. Lalu, ada apa sebenarnya di balik sosok Maggie yang selalu tampak keras di depan Carly? Dan mengapa hati Carly mesti berdesir ketika dia melihat sosok Laura, yang tampak dekat dengan Maggie?

Sebelum lebih lanjut membahas resensi novel Falling, saya akan mengatakan pada kalian kalau novel ini mengangkat isu tentang cinta sesama jenis—lesbian. Saya memang tidak menuliskan ‘LGBT’ di genre, karena menurut saya itu tidak perlu, cukuplah genre besarnya yaitu romance dan drama. Menurut saya, apa pun jenis cintanya, tidak terlalu menjadi masalah untuk di dalam suatu penceritaan. Mengapa saya tertarik membaca novel ini? Ya karena saya ingin tahu bagaimana penulis Indonesia mengangkat isu yang masih sensitif ini? Dan menurut saya, Rina membahasnya dengan baik. Hampir tak ada beda dengan cinta lain jenis, romansa antara Carly dan Maggie dibangun rapi, tidak terburu-buru, dan menurut saya ini yang penting: tak terlalu mengumbar keintiman. Ya, entah mengapa justru pandangan jelek yang saya dapat tentang cerita cinta sesama jenis adalah justru keintiman pasangan yang ditonjolkan. Hubungan kerja yang digambarkan di antara Maggie dan Carly begitu baik diikuti. Sebagai atasan yang digambarkan tegas (cenderung galak), Maggie mewakilinya dengan tepat. Dan sebagai karyawan baru yang sekilas tampak lemah tapi sebenarnya punya kemauan tinggi, Carly pun digambarkan dengan baik. Dan awal munculnya romance di antara Carly dan Maggie, bagi saya juga pas. Ada saat ketika akhirnya Carly dapat melihat sisi lain Maggie, yang tidak melulu tampak ‘kuat’. Dan di situlah Carly berani menunjukkan dirinya, perhatiannya pada Maggie.

Mengenai dua tokoh pendamping; yaitu Seth dan Laura. Sebenarnya saya mengharapkan porsi yang lebih besar untuk mereka. Seth, sebagai tunangan Carly, memang menunjukkan sisi dominannya ketika mulai memprotes kesibukan kerja Carly. Tapi, kemunculannya yang jarang membuat saya kurang bisa meraba karakternya yang sebenarnya. Terlebih saat Seth mulai menunjukkan perubahan pembawaan pada Carly. Lalu Laura, tokoh pendamping dari sisi Maggie. Saya menyukai kemunculannya yang tiba-tiba namun sangat berkarakter. Bayangkan, ketika Carly mulai menyadari debar anehnya saat berdekatan dengan Maggie, tiba-tiba saja muncul Laura yang langsung memeluk Maggie. Membuat Carly kembali sadar bahwa debar anehnya itu salah. Kehadiran Laura membawa sisi lain cerita menjadi lebih menarik.

Kesimpulannya, saya menyukai kisah Falling. Saya menyukai alurnya yang rapi dan romansanya yang pelan tapi pas. Terima kasih Kak Rina sudah menyampaikan perihal cinta yang cukup sensitif, tapi tidak sampai membuat saya berjengit karena perasaan tidak enak. 🙂

Empat dari lima bintang saya sematkan untuk Falling: you don’t walk into love. You fall in. That’s why it’s so hard to get out. (Rina Suryakusuma)

DAN… SEKARANG SAATNYA UNTUK TEBAK SIAPAKAH SECRET SANTA SAYA??😀

Oke. Mari mengingat kembali riddle yang diberikan Santa baik hati saya ini:

IMG_20151120_193843

Nah, saya mumet aja gitu dengan deretan angka dan aksara yang dituliskan sebelum deretan nama-nama penulis di bawahnya.😀 Apa sih, maksudnya? Huhuhu. Sampai akhirnya kemarin Mbak Dewi memberi petunjuk kepada saya: kriptografi. Oke, makanan apa pula ituu? Hahaha. -__- Saya googling, ternyata itu adalah semacam cara untuk memecahkan kode tersembunyi, di mana deretan huruf yang diberikan akan membentuk satu kata, setelah huruf-huruf tersebut digeser maju atau mundur sehingga berganti menjadi huruf sebenarnya yang dimaksud. Apakah saya langsung bisa memecahkannya? Tidak juga, Saudara! >.< Duh, Mbak Dewi sampai gemes sama saya, haha. Tapi saya tidak mau berhenti sampai di situ, karena menurut saya Santa saya ini sudah menyebar banyak petunjuk kok buat saya. Satu, saya curiganya Santa saya ini dari Medan. Karena meski saya tidak menyimpan resinya, tapi buku plus suvenir yang diberikan (terima kasih untuk sisir lucunya, ya!), diletakkan di dalam kotak merah besar bertuliskan alamat toko di Medan. Lalu beralih ke petunjuk berikutnya, yaitu lima nama penulis luar. Saya sempat mengira itu adalah nama-nama penulis favorit Santa, dan ada di dalam blognya. Tapi tidak juga. Saat googling nama-nama tersebut, saya menemukan satu kata kunci: library. Oke, saya kembali memandangi deretan nama peserta Secret Santa dan mengerucut pada dua nama yang blognya berunsur kata library. Aha! Beralih ke Facebook grup BBI, saya mencari alamat kedua orang ini, eh kok ya salah satunya ada yang tinggal di Binjai, dekat dengan Medan! Apakah diaa? Hehehe. Balik lagi yuk ke masalah kriptografi! Masih penasaran memecahkan kodenya (maafkan ketidakmudengan saya, Mbak Dewi, hihi). Karena toh saya sudah cukup yakin dengan satu nama, saya ya sok menganalisis kodenya saja. Jadi ternyata, deretan enam huruf itu masing-masing harus mundur dua langkah untuk membentuk kata yang tepat. Jadi begini:

U V C T M K P I

Huruf U jika mundur dua langkah menjadi huruf S; huruf V menjadi T; dan seterusnya maka:

U V C T M K P I

S T A R K I N G

STARKING mengacu pada StarKing’s Library, alias http://www.starlibrary.wordpress.com blog buku milik Viona Vio yang beralamat di Binjai, Sumatera Utara. Apakah saya benar, Vio? Pasti benar, ya kaan? Hehehe, yakin banget nih!😀 Terima kasih banyak ya, Vio, untuk pemberian novel Falling dan juga suvenir sisir imutnya. Riddle-mu unik banget, dan saya masih belum bisa mengerti maksud “E63-l+91a13”. Jelasin, doongg😉

SSBBI2015

7 thoughts on “Review Falling by Rina Suryakusuma+Tebak Secret Santa BBI 2015

  1. Halo mbak Dini!
    YAP, TEBAKANNYA BENAR SEKALI!!

    Btw, E63 itu tipe HP.
    Nah, kalo di homescreen hp Nokia E63 huruf2 trsbt, maka itu adalah kata Library.

    Terus untuk clue Kriptografi yang dititipin sama mbak dew, sebenarnya aku dapetin buku yang berbau kriptografi dari bbi. Jadi di group bbi, jika di scroll ke bawah2, ada yang berhubungan dengan aku.

    Selain merujuk pada HP E63, angka 3 nya adalah clue.
    Btw sptnya mbak typo. Mundur 3 abjad bukan 2 hehehehehe

    • huahaha ya ampuun Nokia! :))) wuaah, makasih banyak ya Viona buat bukunya. Seru sekali riddle-mu. Eh tiga ya bukan dua? Soalnya aku ngitungnya dari abjad yang dilewati sih, abjad yang bersangkutannya nggak aku hitung. Misalnya U, dua abjad sebelumnya kan kalau diurut T lalu S. Bener gitu nggak, sih? :)))
      Sekali lagi, terima kasiih!🙂

Leave a Reply

