SeoulMate – Lia Indra Andriana

Info Buku

Judul: SeoulMate

Penulis: Lia Indra Andriana

Penerbit: Penerbit Haru

Tahun Terbit: 2011

 Sun

Isshh… apa sih maunya Siwon ini? Dulu maksa-maksa aku untuk bergabung dengan SeoulMate, padahal sudah kubilang aku nggak mau berurusan dengan hantu. Sekarang  coba lihat, dia malah memasangkanku dengan hantu pria bodoh yang bahkan mengingat namanya sendiri pun nggak bisa. Merengek-rengek memintaku memberikannya nama, memangnya aku ibunya apa? Baiklah aku panggil dia Jang. Ya, cukup satu suku kata saja nama yang kuberikan setelah dia menerorku bak penagih hutang. Dan demi Tuhan, apa sih yang kau lakukan selama hidup mu, Jang? Kau ini seperti pria lugu yang tak tahu apa-apa dan tak punya pendirian. Kau berbeda sekali dengan Dong Oppa yang selalu tahu apa yang harus dilakukan. Ah Dong Oppa, kemana sih kau ini? Segeralah tunjukkan batang hidungmu, aku mau urusan dengan hantu-hantu ini cepat selesai!

 Jang

Siapa sih aku sebenarnya? Kenapa aku harus melayang-layang tak jelas seperti ini? Dan gadis itu,ah Kim Sun. Dia sepertinya tidak suka denganku, tapi entah kenapa setiap kata-kata nya seperti memiliki mantra yang membuatku tidak bisa berkata ‘tidak’. Lagipula aku membutuhkannya. Aku membutuhkannya untuk menyelesaikan urusanku yang tertunda di dunia, apapun itu. Ah, otak sialan! Kenapa kau tidak  bisa bekerja sesuai yang kuharapkan? Bahkan untuk melakukan hal kecil pun aku harus dituntun oleh gadis acuh itu. Tunggu saja Sun, aku akan membuktikan kalau aku bukan laki-laki bodoh seperti yang kau kira. Setidaknya kehidupanku menjadi hantu harus lebih baik daripada kehidupan manusia ku, yang bahkan tak bisa kuingat sama sekali.

(Dikembangkan dari penggalan cerita di SeoulMate)

Lagi iseng di kantor, pengen nulis resensi novel lagi tapi nggak tahu yang mana, akhirnya aku nulis aja tentang novel SeoulMate. Ini novel lama, terbit awal tahun 2011, aku juga sempat menulis resensi pendek nya kok yang dimuat di theseoulmate.com. Cuma waktu itu resensi ku masih lumayan asal-asalan, karena memang belum pernah menulis resensi sebelumnya. Dan sekarang coba menulis ulang, deh. SeoulMate terbit saat K-Pop dan K-Drama lagi nge trend (hallyu wave), dan sampai sekarang juga masih dan semakin hits. Makanya nggak heran kalau novel ini banyak disukai pecinta K-Pop dan K-Drama, karena novel ini mengambil setting cerita di Korea Selatan dan banyak menceritakan tentang budaya Korea (dan belajar lumayan banyak kosakata bahasa Korea, sebagai tambahan). Bahkan nama yang dipakai sebagai tokoh cerita pun diambil dari beberapa nama artis K-Pop, misalnya Siwon, Jang, Minho.

Ceritanya sendiri, bisa dikategorikan sebagai cerita fantasy, karena menceritakan tentang hubungan antara manusia dan hantu, juga beberapa adegan yang tidak mungkin kita temui di dunia nyata. Tentang Sun yang membenci kemampuannya sendiri yang bisa melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Tentang Jang yang mencari jati diri siapa dia sebenarnya dan kenapa dia bisa tersesat di dunia hantu. Tentang sebuah organisasi yang membantu manusia melaksanakan keinginan-keinginan yang selama ini tampak mustahil, dan tentunya juga membantu para hantu menyelesaikan urusan tertinggal mereka agar segera bisa kembali ke alam keabadian.

 Ceritanya lucu, menggemaskan saat kita disuguhi adegan-adegan pertengkaran antara Sun dan Jang, juga tingkah para hantu lainnya saat melaksanakan proposal keinginan manusia. Bumbu-bumbu percintaan yang dimasukkan juga bisa membuat senyum-senyum sendiri saat membacanya. Jadi ya, sama sekali nggak membuat takut meski menceritakan tentang dunia hantu (tapi ingat ini fiksi ya, jangan mengharapkan akan bertemu hantu setampan Jang di dunia nyata, hehe).

Oh by the way, novel SeoulMate ini sudah ada sequel lanjutannya di tahun ini, yang berjudul SeoulMate is You. Kalau mau tahu tentang novel ini lebih banyak atau novel-novel lain dari penulis yang sama, coba cek web nya di www.theseoulmate.com. Atau kalau mau tahu tentang Penerbit Haru yang suka bagi-bagi buku gratis, bisa follow twitter nya di @penerbitharu atau cek web nya di www.penerbitharu.com.

Annyeong!! 😉

19 thoughts on “SeoulMate – Lia Indra Andriana

  1. Pingback: Bi! by Fei |

  2. Penasaran pengen baca SeoulMate karena sama sekali belum pernah baca novel-novelnya mbak Lia -____- dan sepertinya SeoulMate ini menarik karena sampai dibuat sekuelnya 🙂
    Covernya juga unyu tuh, jadi poin plus juga 😀

    Ariansyah
    @ariansyahABO

    • Penasaran sama novelnya. Karena berbau korea, dan hantu-hantu gitu lagi 😀 hehe

      Aubrey Biancanitta
      @biancanitta

  3. Dulu pas pertama kali novel seoulmate ini terbit,sama sekali ga tertarik karna berhubungan dengan hantu ._.
    Takut kebayang gt abis bacanya #parno
    Tapi setelah baca resensi kak dini ini jadi buat penasaran deh~penasaran adegan pertengkaran antara manusia dan hantu hehehe
    Dan pengen buktiin deh,bener ga sih kalo baca ni novel bisa buat qt senyum-senyum sendiri hehehe ^^

    Nurul ramadhani
    @nurul32

  4. Yeay ada GA lagi!
    Apalagi GA nya buku yg selama ini aku incer. Sejujurnya, aku udah lama ngincer novel terbitan Haru. Semua novelnya bikin penasaran >.<
    Well, alasan aku pengen banget novel ini karena
    pertama, covernya unyu. Stiap pmbaca pasti liat cover dlu dong, sebelum beli novel? Dan inilah yang bikin aku cinta pada pandangan pertama sama novel ini.
    #halah
    Kedua, sinopsis di sampul belakang . Setelah liat cover, aku lngsung baca sinop singkatnya. Dan, yaa aku makin penasaran…
    ketiga, setelah baca resensi ka Dini aku makin mupeng & kepo sama isi ceritanya. Tentang kisah percintaan manusia & hantu tampan…
    Wohoo, sepertinya seru!
    Penjelasan kak dini semakin bikin rasa kepo-ku memuncak(?)
    Keempat, cerita ini berlatar korea. Wuaaa, makin kepo sumpah. Soalnya aku K-Lovers loh kak Dini 😀
    #gaknanya
    kelima, stok bacaan novel ludes. Aku pengen yang berlatar korea gini nih.

    So, aku makin penasaran kak sama novel ini. Soulmate!!!
    Thanks kak, udah ngadain GA Chuseok 🙂
    sering2 bikin GA novel terbitan @penerbitharu kak! Hehe
    jangan bosen ya kak, kalau aku ikutan GA kakak mulu 🙂

    nama : Hanifah Putri
    twitter : @haenifah

  5. T^T kok komen ku kepotong ya hikss…

    Kenapa aku pengen banget? Kyaaaaa *histeris*
    Aku suka banget sama karya-karya kak Lia setelah baca khokkiri dan paper romance, langsung jatuh cinta deh. dan sekarang aku pengen banget baca ovel Seoulmate karena ……… jeng jeng jeng!!!
    Dari covernya udah menarik banget ><
    covernya unyuu

    aku penasaran bangetttt….
    makasih udah bikin GA ini 😀

    Dhara Adhnandya Kumara
    @specialthatch98

  6. Selama ini, cerita tentang perhantuan pasti mengarah ke misteri, horor, nakut-nakutin, bikin nggak bisa tidur
    dan takut ke kamar kecil sendirian 🙂 Namun, novel SeoulMate-nya Lia Indra Andriana malah mematahkan stigma tentang hantu dan novel hantu itu sendiri. Konsep “hantu” dikemas sedemikian rupa sehingga terkesan nyeleneh, lucu, bahkan nggak menakutkan sama sekali. Benarkah? Wah, malah jadi penasaran, kan. Makanya aku berharap bisa membaca kisah hantu ala Korea racikan Lia Indra Andriana yang katanya jauuuhhh dari horor. Bakal berani ke kamar kecil sendiriankah setelah selesai membaca SeoulMate? Lihat saja nanti… 😀

    Ratri Ade Prima Puspita (Ratri Puspita)
    @ratweezia
    aksaratri.blogspot.com

  7. pengen baca ttg hantu .. khayal banget soalnya.
    bosen baca yg romance & bljr kosakata korea

    Lita Andriana
    @Litaa_FAN

  8. Hai, Kak.. aku ikutan ya ^^

    Alasan aku pengen banget sama SeoulMate ini karena dulu aku pernah baca buku ini, tapi enggak sampe selesai… Selain itu, karena aku mau nambah koleksi novelku yang latarnya di Korea^^

    Sapta Resita Putri
    @ResitaPutri_07

  9. Kenapa aku pingin bgt dapetin SeoulMate? Buat apa ditanya lg kak, jelas bgt kalo aku adalah seorang pemburu novel (gratis) *salah fokus*
    Oke, *serius* alasan utamanya krn ini adalah novel terbitan Haru, aku suka mupeng sendiri tiap mantengin TLnya Haru yg penuh sm novel2 terbitan mrk, tapi apa daya isi kantong gak pernah mendukung ._.! Alasan selanjutnya krn ini novel terjemahan Korea, aku ini pencinta segala hal yg berbau Korea, entah itu dramanya, music, artis, film, dll, tapi 1 yang gak pernah aku coba dari Korea, yaitu novelnya 😦
    Ok, terus, terus karena aku tertarik bgt sm jalan cerita novel ini, genre fantasi yang mengisahkan hubungan antara manusia dan hantu, horor? Mungkin iya, tapi stlh aku baca resensi kakak malah kyknya ceritanya seru dan kocak. Sempat mikir, masa iyasih ada hantu kayak si Jang yang gak kenal dirinya sendiri siapa, malah heran knp dia bisa melayang-layang(?).
    Aku juga penyuka cerita yang komedi romantis, aku anti sm yg melow2, hehehe ;D
    Thx kak Dini, maaf kalo komen aku kepanjangan *tebargaram*
    Rulia @Lia_nded19

  10. Yayy!!! SeoulMate karya Kak Lia!
    Udah sejak lama penasaran sama yang satu ini. Tapi sayangnya belum bisa beli karena beberapa kendala.
    Setelah baca cuplikan resensi Kak Dini, langsung muncul beberapa adegan-adegan cepat yang ngebuat aku excited. Pertama, seberapa seru sih hubungan kedua tokoh tersebut dan kenapa mereka bisa dipasangkan?
    Kedua, peenasaran gimana kalo manusia lagi bertengkar sama hantu. biasanya kan kalo lihat hantu kita bakal lari terbirit-birit.. kalo yang satu ini… XD lagian covernya imut & lucu. jd smakin pengen baca..
    Jujur, aku suka banget sama tema fantasy (ex: Bi! by Fei) Apakah yang satu ini akan seseru novel fantasy lainnya? I think yes, tp tentunya belum tahu pasti kalo belum baca sendiri.

    well, wissh me luck Kak Dini. Thanks~~

    Rizma D N
    @NoonaHyunRa

  11. Bener-bener tertarik banget sama SoulMate nya Lia Andriana.
    Selain saya juga penyuka novel-novel romance-komedi kayak begini, saya juga pernah baca sinopsis dan trailer novel ini yang tentang Seolmate nya yang membantu hantu-hantu bermasalah, tentang Kim Sun yang kayaknya bersifat keras kepala dan pemarah mulu, Jang yang lupa ingatan padahal dia udah jadi hantu, cerita mereka yang beranteman mulu terus saling jatuh cinta tapi masih malu-malu, konflik yang diderita jang untuk memilih status cinta anehnya dengan manusia atau menyelesaikan persoalan rumit yang membuatnya jadi hantu, organisasi seoulmate yang…. ya ampun! sumpah penasaran banget!

    Intinya alur, penokohan, tema, ide cemerlang Lia, dan cover dari Haru yang membuatku pingin baca… eh salah, pingun punya novel ini :p
    jadi, aku bener-bener thanksfull buat orang-orang yang buat giveaway berhadiah novel kayak begini. bener-bener bermanfaat untuk referensi bacaan calon penulis (amiiiin) seperti saya. So, Thankyou for GA nya:D

    Rohmah Mustaurida
    @Styleragoom

  12. Aku milih seoulmate karena ingin merasakan cerita yang beda. Cerita romance yang di campur oleh supernatural itu membuat cerita seoulmate ini akan berbeda dariyang lain.

    Chiara Tania
    @chiarataniaa

  13. alasaan kenapa aku pengen dapetin novel ini:
    1. aku gak pernah sekalipun baca novel terbitan Penerbit Haru
    2. pengen banget baca karyanya kak Lia yang lain…mau pake bangeeeet
    3. penasaran dengan tema novel ini yang nyeritain percintaan antara hantu dan manusia -____-?

    btw, thanks for the giveaway 😀

    Shyntia Hani Tiara Putri
    @tiaraaaaputri

  14. Adeuhh karya kak lia lagi

    Udahlah gk usah panjang lebar, karya kak lia itu emang selalu keren *O*/\

    Temen aku aja ampe gk mau buru” beresin baca buku karya kak lia yg punya aku . Sayang katanya klo buru” beres ceritanya seru banget

    Ditambah baca ini resensi, ud keliatan lah ceritanya kaya.a kocak banget . Itu hantu amnesia apa begimana ampe bisa lupa segala doh xD

  15. Aku sebenernya gak suka dn takut bnget sma hantu..
    Tapi pas baca sinopsis Seoulmate aku malah penasaran banget… >.< Kocak, seru, gimanaa gtuu.. Hehhe
    apa lagi aku termasuk pencinta cerita fantasy kaya ginii.. hihhi
    di tambah lagi penulisnya kak Lia yg udh d jamin pasti seruu..
    Makanya aku seneng bnget pas tau ada gratisan novel ini.. XD
    Semoga aku bisa dpt novelnya.. Hehhe

    Nama : Winda Eka
    Twitter : @ndaretzz

  16. He? SeoulMate gratisan! Uyeahhh! 😀
    Alasan aku pengen novel ini sederhana banget, gara-gara banyak respon positif para reader fan fiction di facebook yang udah baca SeoulMate ataupun Oppa & I. Sementara aku gak bisa nimbrung karena belum pernah baca, apalagi punya bukunya. Begitulah ….
    Kenapa aku jadi bayangin Casper ya? Plisss deh, gak ada hubungannya padahal -_- haha 😀

    Eta Ervia
    @etmoitaChan

  17. Aku pengen banget baca novel “SeoulMate” ini karena aku suka banget sama sesuatu yang berbau “Hantu” dan pastinya novel ini buat aku penasaran untuk di baca, selain itu, aku juga termaksud pecinta novel korea. dan novel “SeoulMate” ini lucu dan keren abis, lagipula novel “SeoulMate” ini karya Lia Indra Andriana yang selalu buat novel keren-keren. Moga aja aku dapetin nih novel #MyPray

    Zuhelviyani
    Twitter-ku:
    Zuhelviyani Zaid (@evizaid)

  18. Kakk ada 4 point dari resensi yang kakak buat yang bikin aku pengin banget baca novel yang bersetting korea ini yang pastinya berjudul Seoulmate yang selain karna cerita hubungan antar manusia dan hantu yang menurutku menarik banget. Here they are:
    1. Aku penasaran sama urusannya si Jang yg belum kelar.
    2. Banyak menceritakan tentang budaya Korea
    3. Lumayan banyak kosakata bahasa Korea
    4. Aku juga penasaran sama sistem kerja organisasi
    yang membantu manusia
    melaksanakan keinginan-keinginan yang selama ini tampak mustahil,
    dan tentunya juga membantu para hantu menyelesaikan urusan
    tertinggal mereka agar segera bisa kembali ke alam keabadian
    Begitu kakakkk ^^
    rati
    @ratipramita

Leave a comment