Bi! by Fei

Bi!

Judul: Bi!

Penulis: Fei

Penerbit: Haru

Genre: Drama Fantasi

Terbit: Februari 2012

Tebal: 280 halaman

Harga: Rp 45.000

Pemuda berwajah cantik itu mengaku dirinya adalah Dokkaebi. Ha? Bagaimana mungkin Min Jeong bisa percaya begitu saja kepada cowok imut yang sedang takut-takut menyembulkan kepalanya dari balik tembok itu? Cowok imut yang mengungkapkan identitasnya sebagai sesosok makhluk yang berbeda dunia dengan Min Jeong. Dia bukan manusia, melainkan Dokkaebi, makhluk gaib yang sering disebut dalam legenda Korea, yang berasal dari roh benda-benda mati. Dan kehidupan Min Jeong pun tak lagi sama semenjak kehadiran Bi – nama si dokkaebi – di dalam hari-harinya.

Tanpa kehadiran Bi, sebenarnya hari-hari Min Jeong sudah sangat sibuk. Bekerja, bekerja, dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya – dan juga seorang ayah yang tidak bisa dibilang bertanggungjawab terhadap keluarganya. Min Jeong rasanya sudah lupa bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswa, dan juga dunia kampus yang ceria, karena ia pun terpaksa mengambil cuti dari kuliahnya untuk bekerja. Untung saja dia memiliki dua orang sahabat yang senantiasa setia menemaninya dalam melakukan banyak hal. Hyuk, temannya sejak kecil, dan Ae Ri, sahabat sejak masa SMA, sudah seperti dua orang saudara bagi Min Jeong.

Namun ketika Bi datang dan berniat mencelakakan salah satu sahabatnya, Hyuk, Min Jeong tentu saja tidak bisa tinggal diam. Ia kini harus memikirkan bagaimana caranya agar Bi tidak menemukan Hyuk, dan tidak melakukan sesuatu yang berbahaya pada pemuda itu. Min Jeong tahu jelas ia berpihak kepada siapa, dan tak perlu berpikir dua kali akan melindungi siapa, tentu saja Hyuk. Tapi ketika hari-hari Min Jeong semakin berwarna semenjak ada Bi, juga hubungannya dengan ayahnya semakin harmonis karena si ulzzang (sebutan bagi pemuda berwajah cantik di Korea) itu, Min Jeong merasakan ia mulai ragu, perlukah ia menyingkirkan Bi?

Novel  karya Fei ini bagi saya sangat seru dibaca. Diawali dengan cerita seorang putri tuan tanah dari masa lampau, berlanjut dengan kehidupan di masa kini yang menempatkan Min Jeong sebagai peran utama, membuat saya tak bosan untuk membuka halaman demi halaman novel. Deskripsi karakter, tingkah laku mereka, dan konflik yang dicipitakan serasa tepat, juga sebab-akibat yang diceritakan. Tokoh Min Jeong digambarkan sebagai gadis tangguh dan pekerja keras. Meski seorang anak tunggal, namun tidak menjadikannya manja. Kehidupan keras menempanya sejak ia ditinggal mati oleh ibunya. Rasa tanggung jawabnya yang besar juga membuat ia selalu berusaha melindungi orang-orang di sekitarnya.

Namun di balik semua itu, ternyata Min Jeong masih tetaplah gadis rapuh yang juga memerlukan perlindungan. Ada bagian cerita yang menggambarkan ia sudah tak tahan lagi dengan masalah-masalah yang menimpanya, sehingga rasanya berdiri saja pun tak mampu. Di sinilah Min Jeong menyadari, bahwa tak melulu perasaan orang lain yang ia perlu pikirkan – seperti perasaan Ae Ri yang menyukai Hyuk – tapi perasaannya sendiri pun menuntut perhatian. Dan perhatian itu ternyata datang dari seorang sesosok Bi. Konflik batin dalam diri Min Jeong yang sebelumnya menganggap bahwa Bi berbahaya, menjadi suguhan konflik yang membuat pembaca betah meneruskan hingga akhir. Juga, bagaimana perang hati Min Jeong yang memendam benci kepada ayahnya, pelan-pelan mulai melihat sisi lain dari pribadi  orang tua satu-satunya yang ia miliki tersebut.

Novel bergenre drama fantasi ketiga yang diterbitkan oleh Penerbit Haru, setelah SeoulMate dan SeoulMate is You ini, saya perkirakan akan menerima respons yang positif pula dari para pembaca, karena kemampuan Fei sebagai penulis meracik cerita ala Korea dengan apik. Menurut saya, jika pembaca tak tahu siapa penulisnya, bisa saja menyangka ini adalah novel terjemahan yang berasal dari negeri ginseng tersebut, karena ceritanya ‘benar-benar Korea’, hehe.Dan pembaca umum pun tak perlu ragu untuk mengkoleksi novel ini, karena jalan ceritanya yang nyaman untuk disimak. Empat dari lima bintang saya sematkan untuk novel solo pertama Fei ini, daebak! b^.^d

One thought on “Bi! by Fei

  1. Pingback: Hai Fei! |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s