Sebuah Pernikahan Tak Terduga [Not a Perfect Wedding by Asri Tahir]

not-a-perfect-wedding

Judul: Not A Perfect Wedding

Penulis: Asri Tahir

Penerbit: Elex Media

Genre: Le Mariage, Novel Indonesia, Dewasa, Romance, Drama, Keluarga

Tebal: 312 halaman

Terbit: Maret 2015

Harga normal: Rp58.800

Sebuah pernikahan yang sudah dinanti-nantikan oleh Raina, tentunya bersama dengan pria yang dicintainya: Raka. Mewujdukan hidup bersama pasangan jiwa sejatinya adalah dambaan setiap wanita, begitu pula Raina. Segala sesuatu telah dipersiapkan dengan matang. Namun, takdir menyatakan jalannya sendiri. Hanya sesaat menjelang disahkannya Raina dan Raka menjadi sepasang suami-istri, suatu kejadian merenggut keberadaan Raka. Dan Raina harus mendapat kejutan itu, ketika pernikahannya tetap berlangsung, tetapi pria yang bersanding dengannya adalah pria yang sama sekali asing baginya. Pram, nama pria itu. Dan ini barulah awal mula konflik dalam kehidupan Raina. Bersama Pram.

Sebelum saya mulai mengulas kesan saya setelah membaca novel ini, simak dulu  yuk book trailer-nya!🙂

Bagus ya, book trailer-nya, dan saya rasa sudah menggambarkan sinopsisnya. Tentu tidak mudah bagi Raina, bahwa Raka harus meninggalkannya dan ia harus menikahi Pram tanpa persetujuannya terlebih dahulu. Hal ini juga sempat membuat saya kesal saat membaca cerita di awal. Kok bisa mempelai perempuan tidak diberitahu kondisi sebenarnya, dan terkesan ‘ditipu’ mengenai pernikahannya sendiri? Menikah kan proses untuk hidup bersama satu orang, seumur hidup (ya setidaknya tidak ada orang yang cukup waras untuk menikah lantas merencanakan bercerai, bukan?). Namun mau tidak mau, inilah takdir yang digariskan penulis, ‘persekongkolan’ kedua pihak keluarga membuat Raina mendapati kenyataan kini ia menjadi istri seorang Pram.

Raina digambarkan menjadi seorang cewek yang manja, anak bungsu yang memiliki dua orang kakak laki-laki yang selalu melindungi dan menyayanginya. Sedangkan Pram gambaran lelaki dewasa, anak sulung yang sudah terbiasa hidup sendiri di luar negeri. Bisa dibayangkan interaksi kedua orang ini, bagaimana Pram mencoba meredam tingkah-tingkah ‘merajuk’ Raina yang masih tidak bisa menerima pernikahan mereka ini. Saya salut terhadap karakter Pram, yang memegang teguh komitmen pernikahan walau tidak diawali dengan cinta.

Sebuah pernikahan tanpa cinta, sebuah pernikahan yang jauh dari sempurna. Masalah demi masalah bergulir, mulai dari Raina yang mencoba menerima kondisinya sendiri setelah ditinggalkan Raka, bagaimana Pram yang lama-lama terbiasa dengan kehadiran Raina dan bahkan merindu, hingga dikupasnya masa lalu Pram yang menyimpan sebuah nama yang sempat menorehkan luka. Ini adalah pertama kalinya saya membaca novel karya Asri Tahir, dan saya menyukainya! Saya menyukai alurnya yang sederhana dan sangat mengalir, pun konfliknya yang bisa dibilang ‘ada saja’ tapi tidak terkesan ‘diada-adain’. Maksud saya, konfliknya sambung-menyambung dengan sangat natural.

Ah, saya harus memberi peringatan juga kepada para calon pembaca novel ini, bahwa novel ini mengandung unsur dewasa. Ada beberapa adegan intim yang sebenarnya memang wajar dilakukan sepasang suami-istri, tapi tentu tidak wajar dibaca oleh kalian yang masih berumur di bawah 18 tahun, hehehe.

Saya suka dengan bagaimana Asri merajut chemistry di antara Raina dan Pram, juga bagaimana dialog-dialog mengalir dengan lancar, pun adegan-adegan yang nyentil banget. Saya bisa saja memberi novel ini 4 bintang yang artinya saya suka banget, tapi sayangnya… masih cukup banyak ketidakrapian penulisan novel ini. Misalnya peletakan keterangan siapa yang berbicara setelah percakapan, tanda baca, juga penulisan yang tidak sesuai EYD. Meski, kalau yang membaca orang awam yang tidak terlalu memusingkan EYD, saya rasa juga tidak akan jadi masalah karena alurnya memang ngalir banget.

Jadi, untuk cerita tentang pernikahan tak terduga antara Raina dan Pram ini, saya memberi rating 3.5 dari keseluruhan 5 bintang.

napw_banner

Oh ya, resensi ini juga merupakan salah satu rangkaian blog tour Not a Perfect Wedding oleh lima blogger! Untuk bagian saya, selain posting resensi, besok saya juga akan memuat hasil wawancara saya bersama sang penulis. Tungguin ya, bakalan ada kuis juga, lho! ^ ^.

4 thoughts on “Sebuah Pernikahan Tak Terduga [Not a Perfect Wedding by Asri Tahir]

  1. Pingback: Hai Asri! | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

