Dilema Cinta Baru [Ragu by Arlene Gea]

ragu-arlene gea

Judul: Ragu

Penulis: Arlene Gea

Penerbit: Bhuana Sastra

Genre; Remaja, Drama, Romance

Tebal: 256 Halaman

Terbit: 2014

Cara dapat: hadiah kuis dari penerbit

Harga normal: Rp35.000,00

Luka hati Lisa telanjur mendalam akibat diputuskan oleh Kerio, pacarnya semasa SMP. Alasan Kerio jelas-jelas mengatakan bahwa dia tidak mencintai Lisa, lebih ingin menjadikan cewek itu sebagai pelarian. Karena yang sesungguhnya cowok itu cintai adalah Vina, dan ketika Vina sudah putus dengan pacarnya, Kerio hendak kembali mengejar cinta gadis itu. Karena sakit hatinya, Lisa mati-matian berusaha memalingkan hatinya dari Kerio. Hal yang tidak mudah, karena pada awalnya dia bahkan memohon Kerio untuk tidak memutuskannya. Sayangnya, saat di SMA dia harus satu sekolah lagi bersama dengan Kerio dan Vina. Bahkan Vina selalu mengganggunya dan menyebarkan berita tak baik tentang dirinya. Sampai suatu saat Andre datang, mendekati Lisa dan mencoba meraih hatinya. Meski ingin untuk menyambutnya, namun Lisa masih merasa ragu. Apakah benar Andre adalah orang baru yang akan memberikan cinta baru baginya? Yang tidak akan menyakitinya lagi??

Riska adalah sahabat satu-satunya milik Lisa di sekolah, yang tidak ikut terpengaruh setiap kabar buruk yang disebarkan oleh Vina tentang Lisa. Riska pula yang mendukung hubungan Lisa dan Andre, dia setia mencomblangkan mereka berdua, meski Lisa selalu menunjukkan sikap ogah-ogahan. Entah kenapa Lisa tak kunjung membuka hatinya untuk Andre. Padahal, secara fisik Andre sangat ideal, juga sikapnya yang menawan bagi setiap perempuan. Lisa begitu takut jatuh cinta lagi akan membuatnya patah hati lagi. Apalagi, kekaguman Andre terhadap karya-karya tulis Lisa dianggapnya bahwa cowok itu hanya suka padanya sebagai penulis, bukan sebagai pribadi.

Belum lagi, ketika Lisa masih terus mencoba menata hati yang porak-poranda, justru Kerio pelan-pelan hadir kembali. Kerio memang tidak meminta Lisa untuk menjadi pacarnya lagi, tetapi dia merasa bersalah akan tindakannya dulu. Kerio jadi sadar bahwa kisah-kisah yang ditulis Lisa lewat novelnya adalah kenangan buruk saat disakiti olehnya dulu. Kerio menawarkan mereka untuk berteman baik lagi, hal yang tidak mudah untuk diterima oleh Lisa. Sebuah cerita romansa remaja yang menarik, dan inilah kesan saya setelah membacanya:

Hal-hal yang aku suka dari novel ini adalah alurnya yang rapi, penguraian emosinya menyenangkan untuk diikuti, meski sebenarnya konfliknya sederhana saja. Bahkan, menurut saya, untuk cerita setebal 240-an halaman, konfliknya terkesan diulur atau diulang-ulang saja. Tapi ya itu tadi, penguraian emosinya asyik, nggak terlalu telling yang bikin bosan. POV 1-nya cukup berhasil. Kekurangan lain selain konflik yang sederhana dan berulang, beberapa kali saya sempat mengernyit ketika membaca kalimat yang kurang pas dibaca. Perpaduan antara kata-kata formal dan santai dalam satu kalimatnya rasanya beberapa kali tidak pas. Salah satu contoh: Tapi tetap saja aku tidak mampu untuk ngomong kayak gitu.Β Aneh aja sih, ada kata “tidak”, “ngomong”, dan “kayak” yang sifatnya formal dan kasual dipadu dalam satu kalimat. Mungkin kalau jadi seperti ini akan lebih enak: Tapi tetap saja aku tidak mampu untuk bicara seperti itu; atau: Tapi tetap saja aku nggak mampu untuk ngomong kayak gitu.

Terus, beberapa kali juga kalimatnya terputus dengan titik, padahal kalimat selanjutnya kalau dibaca masih nyambung dan nggantung banget ke kalimat sebelumnya, jadi seharusnya pakai koma, contoh: Saat Andre melepaskan pelukannya padaku. Riska segera memelukku. Nah itu menurutku lebih pas disambung jadi satu kalimat, tapi dipisahkan dengan koma saja. Itu kan seperti urutan apa yang sedang terjadi gitu, hehe. Dan ada beberapa kata yang kurang pas lain yang agak mengganggu keasyikan membacaku. But overall, lumayan sukalah sama ceritanya.πŸ™‚

Stars: 3 of 5

Note: diikutkan pada Indonesian Romance Reading Challenge 2014

2 thoughts on “Dilema Cinta Baru [Ragu by Arlene Gea]

  1. Sampai suatu saat Andre datang, mendekati Vina dan mencoba meraih hatinya. Meski ingin untuk menyambutnya, namun Lisa masih merasa ragu.

    Saya bingung sama kalimat di atas. Andre mendekati Vina atau Lisa. Terus ada nama temen si Lisa itu Riska atau Risa? Hehehe

    Baca reviewnya, memang konflik yang sederhana tapi kayaknya menarik. Tarik ulur perasaan heheh. Penasaran pengen baca. Oya, emang Bhuana Sastra sering ngadain kuis tah?

    • Hai Adin, makasih buat koreksinya, ternyata masih ada salah tulis.πŸ˜€ Andre mendekati Lisa, dan nama temennya Lisa tuh Riska. Sudah diedit, hehe, sekali lagi terima kasih.πŸ™‚ Bhuana Sastra tuh imprint-nya Bhuana Ilmu Populer, mereka beberapa kali ngadain kuis kok. Cek aja akunnya: @Penerbit_BIP ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s