Melepas Luka [After Rain by Anggun Prameswari]

AfterRain

Judul: After Rain

Penulis: Anggun Pramweswari

Penerbit: Gagas Media

Genre: Drama, Romance, Dewasa muda, melankolis

Tebal: 323 Halaman

Terbit: Agustus 2013

Cara dapat: Pinjam dari Mbak Winda

Harga normal: Rp 46.000

Mencintai seseorang, sama halnya dengan melekatkan hidup kita padanya. Hati, pikiran, kenangan kita senantiasa tertuju kepada orang  tersebut. Sering, cinta tak sanggup untuk membedakan logika dan keadaan yang seharusnya memisahkan kedua orang yang mencinta. Sama halnya dengan Seren, yang memilih tetap mencintai Bara walaupun lelaki itu sudah berkeluarga–menikah dan bahkan sudah memiliki satu orang putri. Status mereka yang bekerja di kantor yang sama memudahkan Seren untuk terus berinteraksi dengan Bara. Kondisi yang menjeratnya untuk menjadi wanita selingkuhan. Namun, layaknya sebuah bom waktu, waktu itu pun tiba bahwa mereka harus memutuskan mau dibawa ke mana hubungan mereka. Dan ketika perpisahan adalah jawabannya, sanggupkah Seren melepas cinta sekaligus luka yang senantiasa ia bawa selama ini?

Hm, sebagai novel drama, novel ini dapet… dapeet banget, galaunya. Keinginan membaca awalnya karena sering dengar novel ini bagus, diksinya bagus, makanya terus saya pinjam dari Mbak Winda. Hehe. ^ ^. Tapi saya juga nggak baca-baca dulu resensi lain tentang novel ini, jadi lumayan “meh!” pas baru baca sudah tahu ini tokoh utamanya adalah cewek selingkuhan! Doh! Maksud saya, begitu banyak drama percintaan yang terjadi, tetapi memilih menjadi wanita selingkuhan?? Itu sudah bisa banget dihindari dari awal, malas sih awalnya tapi ya pengin tahu sih bagaimana penulis mengolah konfliknya. Dan benar juga, konflik yang dari awal menurut saya sudah “tidak perlu” ini (ngapain Seren terus-terusan galau, ya udah sih putuslah dari Bara!) ternyata ya memang berputar-putar di situ-situ saja. Seren cinta sama Bara, Bara masih mau mempertahankan dia, tapi nggak bisa berpisah dari keluarganya. Seren-nya ya jadi galau gimana caranya bisa melepas Bara dari hidupnya.

Hal yang menurut saya juga janggal adalah, Bara dan Seren ini statusnya kan menjalin hubungan “gelap”, tetapi mereka sekantor. Tapi kok sering ya digambarkan mereka ciuman di dalam kantor? Entah di pantri atau di dekat galon (?). Maksud saya, meski sembunyi-sembunyi, misalnya mesti datang ke pantri pagi-pagi sekali, tetapi masa ya nggak pernah kepergok atau nggak takut ketahuan. Rasanya, hubungan Bara dan Seren di kantor terlalu “mulus”. Lalu, ketika Seren memutuskan untuk pindah kerjaan dan bertemu dengan Elang, jujur saja saya berharap banyak dia akan move on ke hati pria yang baru. Namun rasanya kenyataannya tak terlalu sesuai harapan, karena interaksi Seren dan Elang yang agak “ajaib” dan proses menciptakan reaksi kimia di antara mereka terlalu cepat.

Diksi apik? Iya. Banget. Tapi, begini, menurut saya seapik-apiknya taburan diksi di dalam sebuah novel, tetap harus ada kadarnya. Ya menurut saya di novel ini sih berlebihan, hampir semua kalimat seolah “dibungakan”, nggak praktis. Belum lagi metaforanya yang seabrek. Jadi ya gitu, buat saya taburan diksi apiknya di sini malah cenderung bikin jadi mellow yang menye-menye. Lalu, ada apa sih dengan wangi aftershave cowok? Come on, sah-sah saja sih menggambarkannya sebagai hal yang menarik dari seorang cowok. Tapi kok Seren ini seolah terobsesi dengan “wangi aftershave“, saya jadi pengin bikin kuis mencari berapa kali kata “wangi aftershave” disebut. Banyak. Banget. Hehe, mbok ya hindari mengulang sesuatu berulang-ulang (lha kamu sendiri ya mengulang, Din! Hihi). Tapi secara alur ya rapi banget, galau mellow-nya khas Gagas banget deh. Jadi buat saya novel ini tidak buruk, tetapi sering membuat saya nggak sabar karena alurnya cenderung lambat.

Stars: 2.5 of 5

Note: Diikutkan pada Indonesian Romance Reading Challenge 2014

4 thoughts on “Melepas Luka [After Rain by Anggun Prameswari]

  1. Pingback: Joining Indonesian Romance Reading Challenge 2014 (!!) | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s