Hikayat Keluarga Aneh [Meet The Sennas by Orizuka]

Meet The Sennas

 

Judul: Meet the Sennas

Penulis: Orizuka

Penerbit: Teen@Noura

Genre: Fiksi, remaja, keluarga, drama, komedi, romance

Tebal: 364 Halaman

Terbit: Januari 2014

Harga normal: Rp63.000,00

Hai, namaku Daza, 17 tahun, dan aku adalah salah satu dari Keluarga Senna. Tapi, please, jangan tuduh aku sama anehnya seperti mereka. Tidak! Cukup mereka yang aneh –Kakak cowok yang gay, adik cowok rese, Bunda mantan penari latar, Tante yang jadi single parent di usia awal 20-an, atau bahkan Om sang seniman gagal– tapi aku sama sekali bukan bagian dari keanehan itu! Bahkan jika aku memiliki kesempatan untuk meninggalkan rumah dengan segala keajaiban ini –bukan dalam arti baik tentunya– demi apa pun aku akan mengambil kesempatan itu! Namun, maafkan jika kalian harus mendengarkan cerita absurdku ini. Se-absurd Ayah yang menyodori formulir berisi pertanyaan-pertanyaan di luar akal sehat untuk cowok-cowok yang mendekatiku, diikuti serangkain ujian yang… arrgh! Aku bahkan tak tahu lagi alasanku tetap bertahan menjadi bagian dari Senna!!

Hihi, gimana pembukaan yang coba saya buat di atas, sesuai dengan jalan ceritanya? Menarik, nggak?🙂 Oke, dimulai dengan alasan kenapa saya memilih novel ini untuk dibaca yaa.😀 Pertama, saya jatuh cinta pada kovernya! Warna hijau yang saya suka dengan ornamen roti tawar yang di atasnya ada tulisan judul seolah-olah itu selai yang membentuk barisan huruf untuk tiga kata. Lalu, penulisnya, Orizuka. Terakhir saya membaca novel solonya yaitu The Chronicle of Audy: 4R dan saya suka alurnya yang dinamis beserta konflik yang tidak membosankan. Akhirnya setelah cukup lama memasukkan Meet the Sennas di wishlist, akhirnya saya membelinya juga sekitar bulan lalu, lalu disimpan agak lama baru dibaca.🙂 Saya bisa mengatakan kalau saya menyukai novel ini, penuturannya sama seperti Audy 4R yaitu menggunakan POV 1 dengan sang tokoh utama yang suka merepet dalam hati. Cepat saja bacanya, sekitar dua hari karena memang jalinan kata-katanya bikin nagih untuk terus dibaca, tapi….

Ah, sebelum menyampaikan hal minusnya, saya ceritakan lagi deh isi novelnya. Jadi ini tentang Daza yang merasa keluarga besarnya aneh bin ajaib dalam memperlakukannya. Sudahlah tiap pribadi keluarganya memiliki keanehan masing-masing, mereka pun menganggap Daza seperti cewek yang benar-benar masih kecil, tidak dapat mengambil keputusan sendiri dan harus selalu “dituntun” dengan cara yang sering di luar akal. Berawal dari kerisauan orangtua Daza melihat nilai Matematika Daza yang semakin bobrok mendekati Ujian Nasional SMA, mereka pun memanggil Logan –teman dari Dennis, kakak cowok Daza– untuk dapat memberi les privat Matematika bagi Daza. Daza menyukai Logan pada pandangan pertama, tapii… sayangnya sepertinya perasaan Daza harus bertepuk sebelah tangan. Nah di sekolah, ada cowok, adik kelas yang bernama Dalas, yang terus berusaha menarik perhatian Daza. Sampai akhirnya Dalas menyatakan perasaannya kepada Daza, dan mereka pun jadian. Namun hubungan Daza dan Dalas yang dirahasiakan segera diketahui Keluarga Senna dan Dalas pun langsung diuji untuk bisa lolos menjadi pacar Daza.

Daza sendiri, saya tak melihat bahwa dia sebenarnya juga sayang kepada Dalas. Saya melihat Daza seperti menemukan satu kenormalan yang berpihak padanya di diri Dalas, makanya dia menerima begitu saja menjadi pacar Dalas. Padahal, perhatian Daza masih terus tercurah kepada Logan, meski dia mati-matian berusaha membenci Logan karena tindakannya yang galak serta kata-kata kerasnya. Nah di bagian ini saya tidak suka, kata-kata Logan sering sekali tidak hanya keras, tetapi lebih cenderung kasar dan sangat merendahkan harga diri Daza. Iya sih, Logan hanya bertindak sebagai guru yang tegas karena dia merasakan gelagat Daza yang sering tidak fokus saat jam les berlangsung. Tapi, apa harus sih sering-sering melontarkan pernyataan yang menurunkan kepercayaan diri??

Lalu, cara Daza mengungkapkan kepada pembaca bahwa dia begitu tidak menyukai keluarganya. Yah awalnya memang berasa layaknya seorang remaja sedang curhat saja sih. Bagaimana seorang anak yang belum dewasa benar, menuding buruk sekitarnya, tanpa mau mengenal lebih dalam lagi karakter anggota-anggota keluarganya. Repetan-repetan Daza membuat ceritanya sangat mengalir, tapi terkadang juga membuat jengah. Kok segitu nggak sukanya sih sama keluarga sendiri? Kayaknya bener-bener menyesal sudah lahir di antara Keluarga Senna. Ada satu kalimat yang saya catat seperti ini:

Kalau saja membunuh tidak berdosa, sudah kucincang dia sekarang. (hal. 70, dia merujuk pada Tante Amy).

Hm, memang sih itu hanya ungkapan kekesalan, saya yakin Daza tidak benar-benar ingin membunuh tantenya, tetapi tetap saja saya menilai kalimat itu kasar banget.😦 Mengingatkan saya pada curhat remaja labil di media sosial yang benci pada ibunya dan pengin ibunya mati saja😦 Fenomena nyata memang sah diangkat di novel, tetapi tolong lebih dipilah lagi mana yang masih aman dan “sehat” untuk dibaca, itu menurut saya sih.🙂

Nah, akhirnya saya menuntaskan membaca novel ini dengan rasa puas. Saya suka cara penulis menyimpan misteri tentang Logan, di mana dia dibuat konsisten dengan karakter galaknya yang ternyata… menyimpan maksud yang sungguh tak tertebak.🙂 Novel ini sebenarnya mengandung pesan yang baik tentang nilai sebuah keluarga. Tidak ingin bermaksud spoiler, tapi kalau kamu berpikir yang akan kamu dapatkan hanyalah omelan Daza tentang keluarganya, jangan khawatir, ada lebih dari itu kok. Saya nangkap kok maksudnya, kan di sini penilaian tentang keanehan Keluarga Senna hanya dari satu sisi, yaitu Daza yang masih labil jadi ya wajar kalau… ah, temukan sendiri deh dengan baca novel ini.😉

Lalu terakhir, saya ingin memuji tim Teen@Noura yang sangat apik menyusun novel ini. Kovernya cakep sudah saya puji ya… begitu pula dengan lay out-nya yang  rapi, hampir tak ada kesalahan penulisan, plus ilustrasi yang keren tentang masing-masing karakter di dalamnya.🙂 Kesimpulannya, 3.5 dari 5 bintang untuk novel Meet the Sennas.🙂

Note: diikutkan pada Indonesian Romance Reading Challenge 2014

 

 

One thought on “Hikayat Keluarga Aneh [Meet The Sennas by Orizuka]

  1. Pingback: Joining Indonesian Romance Reading Challenge 2014 (!!) | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

