Komikus Galak versus Asisten Manja! [Runaway Ran by Mia Arsjad]

Runaway Ran-cover

Judul: Runaway Ran

Penulis: Mia Arsjad

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Metropop, Drama, Romance, Comedy

Terbit: Agustus 2013

Tebal: 368 Halaman

Cara dapat: Kado dari Kak Astrid BBI ^^

Harga normal: Rp 58.000,00

Gara-gara nguping pembicaraan orangtuanya, Katrin jadi tahu kenyataan kalau sekarang ayahnya sudah tidak bekerja lagi. Padahal, Katrin masih harus menyelesaikan S2-nya. Memang sih, untuk hal tersebut Ayah dan Ibunya memastikan Katrin tak perlu khawatir, karena Katrin pasti tetap dibiayai hingga lulus S2. Namun, Katrin punya kebiasaan lain yang turut menghambur-hamburkan dana; yaitu kebiasaannya belanja di on line shop. Katrin selalu terpikat akan tawaran toko langganannya yang menawarkan pakaian juga tas dengan mode terbaru nan keren. Bagi Katrin, perubahan status ayahnya akan mengancam kebiasaannya berbelanja. Jadi mau tak mau, demi dapat tetap terus berbelanja di online shop, Katrin pun harus segera mendapatkan kerja paruh waktu dengan gaji lumayan!

Sayangnya, seperti yang kita tahu, mencari kerja tak semudah itu. Alya, sang sahabat, ikut dibuat pusing mencari-cari lowongan kerja yang sesuai bagi Katrin. Dari sales vacuum cleaner, sampai operator telepon mesra. Lowongan-lowongan yang membuat Katrin menggeleng-geleng dan hampir menyerah, sampai sebuah info dari BBM Alya membuatnya datang ke Kafe Gelas Kaca. Katrin mendatangi panggilan interview sebagai asisten komikus Indonesia. Komikus terkenal bernama J.F. Ran, tetapi Katrin sendiri malah tidak mengenalnya juga belum pernah membaca karyanya. Singkat cerita, Katrin diterima dan hari-harinya ke depan dipenuhi dengan interaksi bersama sang komikus jutek yang tiap kata-katanya membuat Katrin cemberut. Ran seolah anti bersikap ramah kepada orang yang belum dekat dengannya, sungguh kontras dengan komiknya 4 Hero No Zero yang bikin banyak orang ngakak. Katrin sampai merasa bahwa Ran memiliki kepribadian ganda. Belum selesai kekesalannya menghadapi sikap judes Ran, Katrin juga harus menghadapi Viana, pacar Ran yang superposesif dan cemburuan. Hhhh, kalau saja Katrin nggak memerlukan uangnya, sudah buru-buru deh dia melepas pekerjaan ini!

Saya memasukkan novel ini ke wishlist karena saya ingat, ada yang memberi pendapat di Goodreads bahwa novel ini akan mengembalikan kekangenan kita terhadap citarasa Metropop yang sebenarnya. Selain itu, sinopsisnya cukup menarik dan saya ingin mencoba membaca karya Mia Arsjad. Akhirnya saya mendapatkan novel ini sebagai salah satu kado ulang tahun dari Kak Astrid, karena tahun lalu beberapa anggota BBI yang berulang tahun di bulan November mengadakan acara tukar kado. Terima kasih banyak ya, Kak Astrid! Buku yang saya dapatkan di bulan November 2013, tetapi malah baru saya baca lima bulan kemudian karena asyik membaca koleksi buku yang lain, hehe. Dan saat mulai membacanya, saya sempat merasa menyesal… kenapaaa nggak dari dulu mulai baca novel ini! Hihihi. Saya suka alurnya yang dinamis, penuturannya sangat mengalir sehingga tidak perlu waktu lama untuk beralih dari satu bab ke bab berikutnya dan saya menamatkannya dalam waktu tiga hari.

Saya suka konflik-konflik yang diberikan Mia Arsjad di sini. Awalnya sih sempat menganggap “remeh” karena konflik utamanya hanyalah seorang gadis manja yang nggak tahan godaan belanja produk-produk online shop. Dia bekerja bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup utamanya, tapi malah hanya untuk belanja. Namun sejak dikenalkan dengan karakter Ran -yang ngomong-ngomong benar-benar menyebalkan ya- saya menikmati permasalahan yang membentuk pribadi Ran menjadi kaku seperti ini. Ada unsur balas dendam dalam keluarga yang membuat saya berpikir novel ini cocok dijadikan skenario sinetron. Ada cinta diam-diam yang kemudian terungkap dengan sendirinya. Jadi, secara karakter dan konflik, saya merasa asyik sekali membaca novel ini.

Namun begitu, ada dua hal yang membuat saya terganggu. Pertama, penulisannya berisik sekalii. Boros huruf dan tanda baca yang membuat saya memvisualisasikan dialog-dialognya dilakukan dengan cara yang membuat kuping “gelisah”. Wkwk. Yaa, mestinya bisa dibuat lebih rapi sih, nggak perlu lebay saat menuliskan adegan teriak, berseru, atau marah-marah. Lalu, novel ini juga ditulis dalam sudut pandang orang ketiga, tapi terasa sekali di beberapa bagian sang narator begitu hanyut memihak tokoh utama yaitu Katrina. Ya narasi, tapi masa penulisannya seperti Katrina yang ikutan marah kepada Ran?? Keruan saja kalau novel ini ditulis dengan POV 1 akan lebih menjiwai deh emosinya. Hehehe. Secara penulisan sendiri saya masih menemukan beberapa typo tetapi tidak banyak dan tidak mengganggu. Jadi keseluruhan, saya memberi 3 dari 5 bintang untuk novel dengan alur cepat ini.🙂

Note: diikutkan dalam Indonesian Romance Reading Challenge 2014.

3 thoughts on “Komikus Galak versus Asisten Manja! [Runaway Ran by Mia Arsjad]

  1. Pingback: Joining Indonesian Romance Reading Challenge 2014 (!!) | Dinoy's Books Review

  2. Pingback: Ngerumpi Buku: Runaway Ran (Mia Arsjad, Gramedia Pustaka Utama, 2013) | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

