Recommended Book: My Journey Begins [+Giveaway]

MJB-coverJudul: My Journey Begins

Penulis: Nelda

Genre: Nonfiksi, Catatan Perjalanan

Penerbit: Nulis Buku

Harga: Rp35.000,00

Bisa dibeli di: http://nulisbuku.com/books/view_book/5545/my-journey-begins

My Journey Begins merupakan sebuah catatan perjalanan dari seorang Nelda mengenai kehidupannya di beberapa negara Eropa. Saya beruntung diberi kesempatan untuk mengedit naskahnya, yang kemudian diterbitkan melalui penerbit indie, yaitu Nulis Buku. Buku ini menceritakan kunjungan serta pengalaman tinggal Nelda di Norwegia, Jerman, Inggris Raya, serta Rusia. Berikut sinopsisnya:

My Journey Begins merupakan buku pertama karya Nelda yang berisi kisah perjalanannya di empat negara di Benua Eropa, yaitu Norwegia, Jerman, Rusia, dan Inggris Raya. Buku ini memuat pengalaman menarik, pertemuan dan interaksi Nelda dengan berbagai manusia dari berbagai latar belakang negara, budaya, juga karakter; serta hal-hal unik yang dia temui di setiap tempat yang disinggahi.

Peringatan: Buku ini bukan buku panduan mengadakan perjalanan. Tapi jika kalian menganggap mengunjungi dan tinggal di Benua Biru adalah satu hal yang menjadi impian semua orang, maka kalian harus membaca buku ini! 

Nah, saya juga melakukan beberapa tanya-jawab dengan sang penulis berkaitan dengan buku ini dan sekelumit kehidupannya, agar kita bisa lebih mengenalnya. Yuk disimak…

Hai, Nelda. Kenalan dulu, dong, siapa sih seorang Nelda ini? Boleh tentang aktivitas sehari-hari, hobi, asal dari mana… apa saja untuk sedikit lebih mengenal dirimu. Silakan…

Halo! Saya lahir dan besar di Jakarta, tipikal anak Jakarta, mainnya ke mall kalau di Jakarta hehe… tapi sekarang tinggal di Norwegia dan sedang berkuliah di bidang sosial di sini. Di waktu luang saya suka chat dengan teman-teman dan juga menulis. Alhamdulillah akhirnya buku pertama saya jadi ketika saya tinggal di sini. Saya tinggal di kota kecil, jadi sepi banget dibanding Jakarta hehe…

Sejak kapan kamu suka menulis catatan perjalananmu? Biasanya media apa saja yang kamu pakai saat menuliskannya?

Sejak tinggal di luar negeri pertama kali, bertahun-tahun yang lalu. Sebelum kenal blog, dulu saya punya homepage gratisan, di antaranya geocities dari Yahoo yang sudah almarhum. Idenya menulis cerita itu untuk dikisahkan ke teman-teman saya, karena mereka pasti nanya bagaimana kabar saya, apa yang saya alami. Awal-awalnya kirim e-mail serombongan, tapi trus saya pikir, ada baiknya menulis di homepage gitu, jadi kalau mereka ingin tau lebih detail, ya silakan baca di sana.🙂 Pertama kali direspons teman-teman itu rasanya senang banget. Waktu itu saya ingat, ada 100 pengunjung di homepage saya, bikin senyum-senyum sendiri waktu naik bus di kota hahaha…

Lalu, saat terpikir untuk membukukan tulisan-tulisanmu secara indie, kapan dan kenapa tuh? Kenapa nggak mencoba penerbit buku mayor saja?

Sejak tinggal di luar negeri itu, saya mulai baca buku-buku tentang kisah perjalanan, di antaranya buku karya Bill Bryson, yang menurut saya seru. Enak aja gitu baca cerita perjalanan orang, jadi seperti merasakan mengalaminya sendiri, kalau penulisnya memang oke. Ambisi saya sih bukan jadi Bill Bryson, but who knows :)) Tapi saya merasa menulis itu menyenangkan, apalagi kalau dapat respons yang menyenangkan pula. Dan saya selalu ingat kata-kata salah satu guru saya di SMA, menulis itu kegiatan yang berbudaya. Saya mulai mengumpulkan tulisan-tulisan lama dan beberapa yang nggak terlalu lama, lalu mengeditnya di tahun 2012. Saya sempat mempersilakan ex-manager saya di pekerjaan sebelumnya di Jakarta, yang pernah jadi jurnalis dan fotografer, membaca beberapa tulisan saya, dan minta masukan beliau. Sebetulnya ya pengen coba penerbit buku mayor, tapi melihat perkembangan self-publishing yang lumayan signifikan, saya ingin mencoba di jalur ini, sekalian belajar gimana sih bikin buku itu sampai terbit.🙂 Dan bisa kontrol juga, kapan terbitnya. Idenya adalah buku ini sebagai ulang tahun saya di tahun 2013, tapi bergeser sedikit ke tahun 2014, ya nggak apa-apa deh.🙂 Kalau lewat penerbit mayor, mungkin siapa saya bisa bilang: Eh, bisa jadi pas ulang tahun saya, ya? :))

Apa sih makna perjalanan bagimu? Kenapa harus melakukan perjalanan?

Simpel aja, biasanya saya suka jalan dengan tujuan untuk bertemu teman, kenalan atau melihat orang dan aktivitas seru. Dalam proses menuju tujuan, biasanya banyak yang dialami di perjalanan, dan itu juga bagian yang seru. :)  Perjalanan juga mengajari kita lebih kenal diri kita sendiri. Saya sering mengadakan perjalanan sendirian, karena mendapat teman seperjalanan yang cocok itu juga untung-untungan, menurut saya. Gara-gara nungguin ada teman, jadi menunda perjalanan? Nggak banget, mendingan sendirian. :))

My Journey Begins memuat perjalananmu di empat negara Eropa yaitu Norwegia, Jerman, Inggris Raya, dan Rusia. Nah dari keempat negara itu, di mana yang menurutmu perjalanan paling berkesan? Tolong diceritakan ya…🙂

Terus terang masing-masing negara memberikan kesan buat saya. Mungkin Norwegia paling utama, karena itulah negara asing pertama yang saya kunjungi (memang sih waktu ke sana transit di Jerman), dan kunjungan pertama bikin saya memutuskan kembali beberapa kali. Inggris yang berkesan kedua, karena saya dapat pengalaman hidup banget. Ibaratnya kalau status, di kolom pendidikan bakal saya isi universitas kehidupan. :)) Di Rusia, saya merasa seperti orang asing yang datang ke Indonesia, banyak yang perhatian dan tanya-tanya, jadi ada empati lah dengan bulue-bule itu.🙂 Ke Jerman itu saya dalam rangka bertemu teman-teman yang sebagian besar saya kenal melalui internet, jadi berbagai ekspektasi, Alhamdulillah semuanya asyik-asyik aja.🙂

Nah kalau diminta mempromosikan empat negara di My Journey Begins, bisa tolong sebutkan satu saja tempat yang harus dikunjungi di Norwegia, Jerman, Inggris Raya, dan Rusia? Ini bisa sekalian sedikit teaser buat bukumu, nih. Hehe.

Norwegia – ya alamnya, fjord-fjord-nya yang terkenal. Fjord itu lautan yang menjorok jauh ke daratan, dan yang paling fenomenal adalah kombinasi fjord dengan pegunungan, keren banget! Dan pastinya melihat Aurora Borealis. Jerman – saya suka kota besar, jadi saya pilih Berlin. Inggris Raya –  2 hal yang saya suka, yaitu London dan Skotlandia. Di buku pertama saya ini ada cerita waktu di London, tapi cerita di Skotlandia belum ada, buku selanjutnya ya.😉 Rusia – menurut saya gereja Ortodoks Rusia menarik, bukan hanya di Moskwa. Buku saya memang lebih bercerita tentang perjalanan saya dibanding dengan tujuan wisatanya, lebih ke apa yang saya alami. Bagaimanapun, semoga tetap menghibur dan memicu ingin jalan-jalan ya.🙂

Sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di Eropa, bisa kamu ceritakan hal-hal apa yang menjadi kesan tersendiri selama mengunjungi dan tinggal di Eropa? Meliputi kendala, gap budaya, penilaian atau sikap orang terhadapmu mungkin?

Saya nggak bisa menggeneralisir bagaimana tinggal di Eropa sih, secara saya baru pernah tinggal di 2 negara, dan Eropa sangat besar dan berbeda-beda negara dan budayanya. Tapi yang jelas hawanya lebih dingin. :)) Sejauh ini saya mengamati berbagai hal, misalnya mengapa negara-negara ini menjadi negara maju, bagaimana mereka mengatur suatu hal secara efisien, contoh yang simpel ya, menaruh tombol menyalakan lampu. Ketika membuka pintu, pasti tombolnya tepat kalau nggak di tembok kiri, ya tembok kanan. Err, di Rusia pernah tinggal di hotel yang tombol lampunya di luar coba haha… Gap budaya pastinya ada. Orang Indonesia kan suka berkumpul dan gotong royong, santai. Kalau di negara barat lebih individualis, nggak cuma di Eropa, Amerika dan Australia mestinya juga begitu.

Terakhir, banyak traveler yang masih beranggapan kalau benua Eropa tuh masih amat susah digapai bagi warga negara Indonesia. Ya masalah visa terutama. Kamu ada pesan atau yang ingin disampaikan nggak untuk temen-temen traveler Indonesia berkaitan dengan hal ini?

Nggak ada hal yang nggak mungkin. Coba dulu lah.🙂 Kalau berkaitan dengan visa, ya checklist-nya dipenuhi semua aja. Di buku saya juga ada satu bab tentang Di mana Ada Kemauan, Di situ Ada Jalan. Ya, memang prinsipnya begitu.🙂

Setelah beberapa pertanyaan, sekarang silakan nih aku kasih kamu kesempatan untuk menutup interview ini dengan “kenapa sih teman-teman harus membaca buku ‘My Journey Begins’?” Promonya bebas aja, silakaan! ^^

Saya ingat waktu SD pernah beli stiker gambar Garfield dan tulisannya begini: “To know me is to love me” hehehe… Ya, saya berharap tulisan-tulisan saya di buku ini cukup ‘membawa’ pembaca ke situasi yang sedang saya alami saat itu. Ketika menulis, saya biasanya hanya berusaha menuangkan kembali pengalaman saya, tanpa berpikir ini harus seru, harus lucu, dsb. Semoga teman-teman suka dan saya tunggu masukannya, ya! Trims!🙂

Snowing in the middle of forest, somewhere in Sør-Trøndelag

Nelda is snowing in the middle of forest, somewhere in Sør-Trøndelag

To know more about this author, you may check her blog at: http://neldasjourney.wordpress.com/ and greet her at twitter account: @neldisk

And… it’s giveaway time!

Akan ada satu buku My Journey Begins yang diberikan kepada satu pemenang yang menjawab pertanyaan berikut dengan menarik:

Di antara negara yang Nelda pernah datangi di buku ini, yaitu Norwegia, Rusia, Jerman, dan Inggris Raya, negara mana yang paling mau kamu datangi? Dan alasannya apa?

Ketentuan untuk mengikuti kuis ini nggak susah kok:

  1. Memiliki alamat di Indonesia.
  2. Menjawab pertanyaan di atas di kolom komentar artikel ini, mulai dari tgl 09-16 Maret 2014. Setelah menjawab, sertakan nama dan akun twitter.
  3. Twit tentang kuis ini dengan cara: kasih kalimat ajakan untuk ikut kuis ini (tidak perlu mention temannya lho!) copas link artikel ini, kasih hashtag #MauMJB dan cc ke @dinoynovita. Oh ya ngetwitnya sekali aja nggak perlu spamming.🙂
  4. Semua orang boleh ikutan kuis ini, dan pengumman pemenangnya di tanggal 18 Maret 2014 yaa!🙂

34 thoughts on “Recommended Book: My Journey Begins [+Giveaway]

  1. Pertamax, ya?! :v
    Inggris Raya donk!
    Karena :
    1. Inggris adalah kota pendidikan. Saya pengen kesana
    2. Karena aku sudah belajar bahasa Inggris. Dan sudah dikategorikan lumayan. Makanya, sayang banget gak dipake.
    3. Mengunjungi tempat- tempat wisata: Universal Studios :v
    4. Pengen ke London ;3
    Itu aja sih, simple dan padat. :v

  2. Di antara 4 Negara antara Jerman, Rusia, Inggris Raya dan Norwegia, yang ingin banget saya kunjungi itu: Negara Rusia.

    Nol besar memang persiapan sekarang kalo ada yang mau bayarin kesana. Tapi keinginan ini karena saya pernah baca Novel BUMI CINTA – Habiburrahman El Shirazy. Latarnyakan di Rusia. Negara itu disebutkan menganut pergaulan yang sangat bebas. Lalu view saat musim salju katanya memikat walaupun bisa menjadi bahaya saking dinginnya. Tapi itu alasan logis bukan untuk mengenal negara? Semoga aja terlaksana mengunjungi negara Rusia walau berkat keajaiban, hehehe

    Nama : Hapudin
    Akun Twitter : @adindilla

  3. Diantara semua negara itu sih, kalo aku milih Norwegia.
    Soalnya, ketika membaca ‘Norwegia’, mendadak inget salah satu bukunya Roald Dahl, yang The Witches. Tentang seorang anak kecil yang diceritakan neneknya cerita penyihir, neneknya dari Norwegia dan katanya di sana banyak penyihir, hahaha.
    Jadi kali aja kalo mampir ke sana, nggak sengaja ketemu salah satu penyihir :)) #bah
    *Naik sapu* *korban novel Dahl*

    selewat ada di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/The_Witches_%28book%29

    Petronela Putri
    @kopilovie

  4. bener-bener mau tinggal di Inggris..
    ntah kenapa Inggris selalu punya sisi magis buat menarik perhatian dunia.
    alasan terkuat aku sejauh ini sih, karena main location nya film Harry Potter yang di Inggris😄
    dan terobsesi sampe skrg buat menikmati 4 musim di sana dan berbaur dengan tradisi dan masyarakat setempat. yah, hitung2 nge-tes bahasa Inggris lah..
    selalu ada tempat yang menarik yang bisa ditemui di Inggris.. It’s so cool..😀

    Sintyatika Putri (@Sintyatika_Tyn)

  5. aku mau ke Inggris. dari kecil rasanya pengen ke situ, soalnya dari dulu suka The Beatles😀
    selain itu juga penasaran sama cowo skotland yg pake rok ya katanya? hihi😀

    nama :Hesty Arnize
    twitter : @siiqebo

  6. Pengennya sih mengunjungi semua negara itu, tapi karena harus memilih mana yang paling ingin dikunjungi, berarti aku harus memutuskan, dan pilihan aku jatuh kepada…. Rusia, atau dulunya sempat bernama Uni Soviet… Why? Soalnya Rusia itu negara yang powerfull, tidak hanya dalam soal perjuangan sosio-komunal-nya, tetapi juga soal sastranya. Beuh, di Rusia itu banyak lahir sastrawan-sastrawan gilek banget dah. Dan siapa tahu sempat lihat “muminya firaun rusia” hehehe

    Taufiq Firdaus AA
    @taufiqfirdausaa

  7. Diantara keempat negara itu, aku paling mau ke Jerman!!
    Karna menurut cerita guru2 aku di sekolah yang pernah kesana, Jerman adalah kota yang tertib sekali dan mengutamakan kerja keras. Dan sekolah disana pun paling diinginkan oleh murid2 di sekolahku. Aku mau tau gimana kehidupan warga Jerman yang katanya satu anggota keluarga harus punya satu sepeda. Itu sesuatu yang unik menurutku.
    Dan juga karna mama ku ingin sekali tinggal disana bila ada kesempatan🙂
    Nama: Tiara Umbari
    Twitter: @tiyumbari

  8. Saya paling kepingin ke London, Inggris kak🙂 karena Inggris sudah jadi tuan rumah di seri Harry Potter, Sherlock Holmes, Hercule Poirot, Miss Marple (meskipun ceritanya beliau di desa kecil), bahkan sampai ke The Bartimaeus Trilogy. Banyak penulis yang hidup dan terinspirasi di sana, tidak terkecuali kak Nelda – bahkan kak Nelda juga bisa menyebutnya sebagai negara yang banyak memberi pelajaran hidup. Banyak juga para pemusik andal dunia yang berumahkan di Inggris Raya – Adele sampai The Beatles. Inggris punya misteri, keajaiban, kisah-kisah yang tampak layak dikunjungi dan semoga saja bisa menginspirasi saya juga suatu saat nanti^^

    Regards,
    Khairisa R. P
    @rd_lite

  9. waaaaaahhhhh sebenernya Rusia itu masuk daftar salah satu negara yg wajib aku kunjungin><
    semoga suatu saat bisa kesana~!
    "Dimana ada kemauan disitu ada jalan" yap:)

    Karima
    @B1A4_KARIMA

  10. Pengen banget ke Inggris…!!! Karena aku pengen banget ke British Library, yang koleksi bukunya jutaan. Wow! Pasti mengagumkan kan kak kalau bisa baca buku di sana dengan dikelilingi jutaan koleksi buku. Trs juga, di Inggris itu banyak tempat menarik, London Eye, Buckingham Palace, Gereja Westminster, Trafalgar Square, dan masih banyak lagi. Dan yang paling utama itu aku punya cita-cita belajar ke Inggris kak, dapet beasiswa Chevening di sana suatu saat nanti. Amin Ya Rabb😀

    Yang terakhir, karena aku pecinta serial HP, tentu dong kak aku suka negara tempat cerita itu dibuat ^^

    Windy Agustin
    @windyagustin8

  11. Halo kak dinoy, akhirnya kolom komentar bisa kebuka, ikutan GA nya ya x)

    Sebenarnya sih pengen ngedatangin semuanya, tapi kalo disuruh milih, pilih Inggris Raya! x) Kenapa Inggris? Karena Inggris adalah negara luar pertama yang sangat-sangat saya sukai. Alasannya sih karena pas masih kecil, saya taunya Titanic itu berangkatnya dari Inggris. Karena saya suka Titanic, saya jadi suka banget sama Inggris :3 Dari Inggris bisa kelihatan Samudra Atlantik juga nggak kak? Saya juga suka Atlantik soalnya😄. Harapan terbesar sih bisa sampai ke Inggris dan bisa megang Bigben x)

    Nama : Dyah Muawiyah
    Twitter : @dyahmuawiiyah

  12. Pingback: Traveling Books Giveaway in March! | Dinoy's Books Review

  13. Ikutan GAnya ya mba Dinoy🙂

    Kalo pertanyaan ini, saya refleks akan jawab: saya mau ke Jerman. Alasannya karena:
    1. Sudah dari SMA entah kenapa saya tertarik dengan bahasa Jerman. Oleh karena itu, saya suka manteng di perpus sekolah sambil baca2 buku bahasa Jerman. Bahasanya unik banget menurut saya. Dan kesenangan terhadap bahasanya tersebut semakin berkembang sampe niat beli kamus, buku belajar bahasa Jerman, dan nonton video belajar bahasa Jerman. Dari situ saya mulai punya niat bahwa suatu saat saya akan ke Jerman.
    2. Ingin mengambil post-graduate atau kalau waktunya singkat ingin ambil course di Jerman, berhubung Jerman adalah salah satu negara dengan perkembangan ilmu kedokteran yang maju dan jadi contoh banyak negara lainnya
    3. Ingin ke Frankfurt Book Fair sekaligus ke German National Library di Leipzig dan City Library di Stuttgart yang futuristik itu >.<
    4. Tentu saja pengen ke tempat2 wisata di sana. Paling pengen ke Dresden, Danau Bodensee, Taman Alam, Brandenburger Gate, dll.😀

    Vania
    @vaniapramuditaa

  14. Aku pengennya ke Jerman. Karena, kalau gak salah di tahun 2012 ada acara fashion show yang menampilkan para desainer dari Berlin, Jerman. Aku suka aja lihat-lihat baju-baju yang unik gitu, terlebih negara Jerman jugak punya kesenian tersendiri, jadi di geogle aku suka lihat gambar-gambar bangunan kaya Museumsinse atau Fernsehturm Berlin. Walaupun masih terlalu dini untuk pergi kesana, tapi aku ingin kesana di tahun ini., eh, lima tahun kedepan jugak nggak apa-apa. Pokoknya, pergi kesana! Nggak ada hal yang nggak mungkin, kannnn…. 🙂

    @ZahraAvifah

  15. Negara yang aku pilih dan pengen banget aku datangi itu Inggris. Negara di mana cowok-cowok beraksen seksi berada #eaaakk

    Buat aku yang suka sama komidi putar, aku pengen banget bisa naik London Eye dan melihat pemandangan Inggris dari ketinggian. Suasananya pasti ajaib😀

    Tammy | @alizarinnn

  16. Norwegia, Rusia, Jerman, dan Inggris Raya? Hmm, maunya sih estafet travelling😀 Namun, kalau memang harus memilih salah satu dari 4 negara tersebut, aku mau ke Inggris Raya. Kenapa? Banyak tempat yang mau aku kunjungi dan sangat eye-catching sekali untuk dijadikan backgrounf foto. Lihat parade pengawal yang pake topi tinggi di Buckingham Palace. Kalau masih ditempel, aku mau lihat pengumuman lahirnya Pangeran George kemaren. Terus, foto di jembatan dengan latar Big Ben. Coba neflon pake red telephone box😀 Berasa kembali ke zaman dulu kayaknya. Naik London Eye juga boleh. Bahkan walau aku tidak terlalu mengenal dan menyukai bola, aku mau mengunjungi Old Trafford. Selain itu, aku juga mau mencari lokasi yang ada dalam cerita Detective Conan, lokasi Jack The Ripper. Hihihi full holiday pokoknya😀

    Dian Maharani
    @realdianmrani93

  17. Hallo temans…

    Pengen Ke UK,, tapi semua alasan di bawah ini sedikit absurd dan penuh dengan fantasi..

    Pertama: Sebagai fans bola dan klub nya itu bermarkas di LIverpool,, kota pelabuhan yang pasti nya dingin di musim dingin..hehe.. pergi ke Liverpool buat nonton langsung di Anfield merupakan ritual suci bagi para fans dan menyanyikan YNWA the Kop-anthem.. dan juga seperti melaksanakan Silaturahim, membalas kunjungan mereka kerena tahun lalu sudah mendatangi kami para fans di GBK

    Kedua: pengen minum teh berserta biskuit terus di celupin ke dadalam teh, terus lagi pegang biskuit dengan jari kelingking memisahkan diri dari empat jari lain nya, dengan menunjuk ke arah atas.. ato minum kopi di coffee shop yang terletak di salah satu Universitas ternama yang termasuk rangking top 100 dunia..

    Ketiga: Pengen mampir ke Baker Street no 221B,, Yeah,,

    The last but not least, Pengen ngebuktiin dari lirik lagu nya Sting – Englishman in NY,, katanya A gentleman will walk but never run.. menyusuri jalan sepanjang sungai Themes,, apakah mereka bener2 a gentleman..

    Semoga bisa ngikutin jejak langkah mbk Nelda..

    Fahmi Hidayat
    @fahmi_tayadih

  18. JERMAN
    Negara eropa yang paling maju dalam bidang teknologi
    saya ingin jalan – jalan ke kota Munchen, Ke Satdion “Allianz Arena” Stadion dari klub sepak bola Bayern Munchen. Klub Favoritku.

  19. JERMAN
    Negara eropa yang paling maju dalam bidang teknologi
    saya ingin jalan – jalan ke kota Munchen, Ke Satdion “Allianz Arena” Stadion dari klub sepak bola Bayern Munchen. Klub Favoritku.

    Muhammad Zubairi T
    @iz_zoe

  20. Diantara ke empat negara itu, aku pengen bgt pergi ke inggris. Kenapa????

    Karena negara Inggris buat aku adl penggambaran sempurna kehidupan khayal dinegeri dongeng yg selama ini pernah aku dengar. Bangunannya megah, kokoh dan terlihat sangat artistik sperti kerajaan dinegeri dongeng. Selain itu jg di Inggris tinggal sepasang raja dan ratu yg keberadaanya tak hanya dihormati seluruh warganya tp jg mjd sorotan mata dunia.🙂

    Nama: Fenty
    Akun twitter: @ fenteeIndra

  21. Inggris
    Inggris karna rasanya semuanya indah, apalagi kerajaan aku ingin pergi ke istananya melihat pengawalnya, bangunannya dan kalau beruntung bisa ketemu sama pangeran2nya😀
    Inggris bagaikan negara impian
    Apalagi pembalap kesukaanku Valentino Rossi tinggal disana🙂 kali aja juga ketemu kalo ke Inggris😛
    Nama: Mawar HS
    Akun twitter: @goodenoughoks

  22. Pilih Inggris. Kenapa? Sebagai pecinta komik Detektif Conan yang banyak bercerita tentang Sherlock Holmes, aku berkeinginan mengunjungi museum Sherlock Holmes yang cuma ada di sana. Kapan lagi merasakan atmosfer kota Inggris jaman dulu seperti di film Sherlock Holmes kalau ngga disana?

    @zoellula

  23. Di antara negara yang Nelda pernah datangi di buku ini, yaitu Norwegia, Rusia, Jerman, dan Inggris Raya, negara mana yang paling mau kamu datangi? Dan alasannya apa?

    Aku mau ke Jerman, karena ada Brandenburg Gate yang keren ituuuu :3 yang ada pohon linden yang indah :)) Oktoberfest di Munich dimana festival itu turis bisa menikmati berbagai minuman bir tradisional seperti Hendl, Schweinebraten, Würstl, Knödel, festival yang ramai dikunjungi turis ini😀 Frauenkirche (Gereja Our Lady) bangunan gereja keren, dengan detail bangunan yang luar biasa menakjubkan🙂 Cologne Cathedral (Kölner Dom) tempat paling narsis buat foto-foto🙂 Sungai Rhine mengukir jalan di kota ini melalui kebun anggur yang tertutup atasnya dengan istana yang tak terhitung jumlahnya serta reruntuhan kota peninggalan sejarah. Tempat yang sangat romantic, apalagi kalau dikunjungi bersama orang tersayang :3 Aku mau kesemua tempat itu, tempat ajaib dan menakjubkan ^^b

    Nama : Rissya Mutya Prima
    Twitter : @RMP2982

  24. Karena disuruh memilih baiklah… Saya mw ke Inggris saja. Krn selain agar bahasa inggris saya lancar, saya jg ingin melihat secara langsung negara asal harry potter, hehehe… Klo bisa siy pgn kuliah lagi di inggris. Dan krn inggris lmyn dekat dg irlandia jd saya bisa mengujungi sahabat saya yg hijrah ke dublin tahun kemarin. Namanya jg impian😀

    Nama : Ratri Indra C
    Twitter : @ratriic

  25. Di antara negara yang Nelda pernah datangi di buku ini, yaitu Norwegia, Rusia, Jerman, dan Inggris Raya, negara mana yang paling mau kamu datangi? Dan alasannya apa?

    Negara yang paling ingin saya kunjungi di antara ke-4 negara itu Inggris Raya. kenapa? karna Inggris Raya adalah Negara yang saya bercita-cita untuk sekolah di sana. belajar budaya mereka, menambah teman, memperbanyak ilmu. dan juga, kebetulan ini berhubungan dengan obsesi kecil saya, ingin bergabung dengan stasiun televisi BBC Knowledge. saya sangat terinspirasi dengan james may (salah satu host yang paling sering saya lihat di BBC knowledge) dan saya ingin punya pekerjaan seperti dia. karna itu, saya berharap bahwa beberapa tahun lagi saya akan bisa terbang ke inggris, dan bekerja di sana. selain itu, saya juga sangat kagum dengan orang-orang inggris. impian saya juga, saya ingin sekali bicara dengan orang inggris. ingin mendengar aksen mereka bukan hanya dari TV saja, melainkan di dunia nyata juga, di depan saya. saya juga dari sekarang sudah berlatih untuk melafalkan bahasa inggris dengan benar supaya mereka nanti tidak bingung ketika saya bicara🙂

    Ulfah, @Ulfah_Oktarida

  26. saya pilih norwegia. alasannya mungkin seperti yang pernah saya tulisan dalam postingan saya yang berjudul “Svalbard dan Aurora” bahwa saya ingin melihat fenomena alam yang namanya aurora borealis. lokasi yang terbaik untuk melihat fenomena alam yang luar biasa itu adalah Norwegia, khususnya di wilayah kepualauan paling utara Norwegia. Selain itu, ingin juga merasakan bagaimana suasana di daerah yang mengalami malam panjang selama enam bulan dan siang panjang selama enam bulan.

    rikfi @rifki_jampang

  27. Hay kak Dinoy.. aku ikutan juga yah ^^
    Aku pengen banget ke Inggris. Alasannya yang pertama karena aku pecinta Sherlock Holmes dan pengen banget datang dan melihat tempat tinggal detektif hebat yang satu ini,di 221 B Baker Street.
    Alasan yang kedua karena aku pengen menjelajahi cantiknya kerajaan Inggris. Ingin benar-benar merasakan bagaimana berada di negara kerajaan, manatau ketemu sama pangeran Harry dan berjodoh pulak *eh x)
    Pokoknya aku suka sekali sama Inggris, walaupun perjalanan yang hebat bukan ditentukan dimana kita pergi tapi apa yang kita alami, tapi tempat yang selalu dimimpikan pasti punya kebahagiaan tersendiri jika dapat terjamahi..
    Semoga bisa mengikuti jejak kak Neida keliling Eropa, amin :))

    *merapal jampi-jampi semoga dapet buntelan dari kak Dinoy, hihi x))
    Nama : Salsabila
    Twitter : @bilasabila788

  28. Pas ditanya negara apa yang paling ingin dikunjungi dari empat negara yang dikunjungi Nelda,dalam hati langsung jerit ” Rusia !!”.

    Yap.Rusia.Aku langsung ingat sama film yang pernah aku tonton tengah malam
    judulnya “Behind Enemy Line”.Film itu sangat berkesan buat aku.Kesan misteriusnya Rusia kental sekali di film itu.Aku pengen banget jalan kaki di jalanan Rusia yang sepi dan damai.Terus keluar masuk hutannya.Pokoknya pengen banget coba suasana sepi,misterius,tenang,dan suramnya Rusia seperti yang digambarin di film itu.Ah..gak kebayang deh.

    Aku juga pengen ngerasain keramahan dan perhatian masyarakat Rusia seperti yang Nelda bilang.Aku pikir cuma masyarakat Indonesia aja yang kepo sama turis,eh taunya masyarakat Rusia gitu juga.Hahahaha
    Dwi Utari Zein
    @Utarizein

  29. Mau ke Rusia aja deh, negaranya lucu, luas banget… Ada temenku di Rusia sana, Mamahku mimpiin aku punya pacar orang Rusia. Hahahahah xD Nggak ada alasan lain selain bahwa aku pengen keliling dunia *tjakep

    asysyifaahs
    @asysyifaahs

  30. Thanks Mbak Dinoy & Mbak Nelda for the Giveaway😀

    Di antara negara yang Nelda pernah datangi di buku ini, yaitu Norwegia, Rusia, Jerman, dan Inggris Raya, negara yang paling mau saya datangi adalah INGGRIS RAYA. Alasannya karena ada sepupu saya yang sedang kuliah di Birmingham, yang sudah lama tidak saya temui dan saya kangen berat pengen ketemu. Jadi kalau saya bisa kesana saya mau ajak sepupu saya ini jalan-jalan ke Old Traffod terus ke Studio The Beatles. Di sore hari bisa menikmati keindahan Buckingham Palace dan Westminster, serta malam hari mengeksplor cahaya dari lampu di Jam Eksotis Big Ben. Tak lupa mengunjungi tempat-tempat syuting Harry Potter yang ada di UK. Kalau bisa saya ingin bertemu JK. Rowling dan ngobrol santai dengannya. Wilayah UK sangat luas dan sangat menarik untuk dieksplor satu per satu. Selain keindahan kota, saya juga ingin short course di Universitas Oxford ataupun Cambridge (mimpi kali ye :p). Salut dengan Mbak Nelda yang sudah mengunjungi negara-negara besar di Eropa itu. Saya berharap nanti saya bisa menjelajah tempat-tempat yang sudah Mbak Nelda kunjungi.

    Wish me luck🙂

    Nama: Anisa Listya
    Twitter: @417154

  31. Well, di antara keempat negara itu aku paling mupeng ke Norwegia.
    Seperti yang dibilang kak Nelda, aku juga ingin ngelihat Aurora Borealis yang super wow indahnya. Sumpah ngelihat bentuknya aurora aja di google bikin takjub, apalagi langsung ngelihat. Selain itu, pingin juga menikmati keindahan alam Sognefjord yang dijuluki sebagai “King of the Fjords” sambil makan makanan yang katanya populer di sana seperti Fiskesuppe (sup ikan), Røkt Laks (salmon asap), Sild (acar ikan herring). Yummy… Jadi mata dimanjakan alamnya sedangkan lidah pun digoyang dengan nikmatnya makanan lezat di sana..😀

    Arif Rizaldy
    –> @hajimemimi

Leave a Reply

