Behind the Book: The DestinASEAN [+Giveaway!]

destinasean

Beberapa waktu lalu, Kak Susan Pergi Dulu menghubungi saya untuk menawari membaca buku The DestinASEAN dan mengulasnya di blog buku ini. Tentu saya menyambut baik, karena memang saya sempat tertarik dengan buku catatan perjalanan bersifat antologi ini tetapi belum sempat membelinya. Nah, setelah membaca dan mengulasnya di sini, maka saya juga ingin menanyai beberapa kontributor dari total 11 penulis yang ada di buku The DestinASEAN. Berikut adalah hasil beberapa tanya jawab saya dengan Adam Poskitt & Susan Poskitt—Pergi Dulu, dan juga Eka Situmorang-Sir tentang keterlibatan mereka di buku ini….

Di buku The DestinASEAN ini, Adam dan Susan yang merupakan pasangan traveler gado-gado alias beda kewarganegaraan ini masing-masing menuangkan satu cerita. Adam dengan kisahnya saat di Burma (Myanmar) dan mengalami atmosfer negara itu yang mencekam karena penjagaan tentara yang ketat; serta Susan dengan kunjungannya ke situs-situs bersejarah di Laos yang sangat detail dan membawa kita ke masa lalu di zaman peperangan. Inilah obrolan tertulis saya dengan mereka berdua…

Hai Kak Adam & Kak Susan, terima kasih ya untuk waktu dan kesediaannya menjawab beberapa pertanyaanku. Nah, kita mulai dengan proses awal dulu ya. Bisa minta tolong diceritakan prosesnya dulu Kak Adam dan Kak Susan bisa terlibat dalam penulisan buku The DestinASEAN?

Sewaktu di Laos, akhir tahun 2012, saya (Susan) ngobrol-ngobrol via WhatsApp dengan Ariev Rahman tentang kemungkinan membuat travelogue seputar ASEAN. Kenapa ASEAN? Karena saat itu destinasi negara-negara ASEAN sedang populer karena kemudahan visa dan tiketnya. Dari sana kami membahas konsep dan mengumpulkan nama-nama lainnya untuk diajak bergabung dalam proyek ini.

Mungkin ini sudah tersampaikan di buku, tapi untuk Adam dan Susan, waktu itu apa sih yang bikin kalian tertarik traveling ke Burma dan Laos?

Buat Adam, menurut dia Burma menyimpan misteri yang bikin dia penasaran (mungkin karena waktu itu masih jarang orang ke Burma dikarenakan situasi keamanan dan politik yang belum stabil).

Sedangkan saya ke Laos sebenarnya karena ikut Adam yang sedang bekerja menulis guidebook. Sebelumnya saya memang pernah ke Laos sendiri dan menurut saya atmosfer Laos sangat santai dan menyenangkan.

Untuk Adam, saya terkesan dengan perjumpaanmu dengan seorang wanita berumur 85 tahun yang menampakkan senyum hangat nan tulus. Sempat ngobrol nggak sih dengan wanita tersebut? Kalau iya, apa yang diobrolkan? Dan kalau nggak sempat, jika ke Burma lagi dan bertemu dengan wanita itu lagi, kira-kira percakapan seperti apa yang akan terjadi di antara kalian?

Ya. Saya sempat ngobrol mengenai tempat lahirnya, keluarganya, dan sejak kapan dia mulai tinggal di tempatnya yang sekarang. Jika bertemu dengannya lagi, saya akan bertanya mengenai kabarnya dan apakah dia masih ingat dengan saya. 

Untuk Susan, ceritamu di Laos sangat informatif dan yang ingin kutanyakan, bagaimana caramu mengingat semua detail tempat dan segala sejarah yang terkandung di dalamnya? Apakah sambil mencatat saat di sana, atau ketika menulis Susan melakukan riset lagi tentang sejarah Laos yang berhubungan dengan tempat-tempat tersebut?

Saya suka menyimpan brosur dan peta yang saya dapat di perjalanan. Kebetulan saya dapat peta gua-gua yang ada di Vieng Xay itu. Dari sana saya bisa me-refresh kembali ingatan saat menjalani tur. Kutipan-kutipan dari para pelaku sejarah yang saya tulis merupakan kata-kata asli yang saya dengar dari audio saat tur. Kebetulan waktu saya browsing informasi, saya menemukan website yang menyediakan beberapa bagian rekaman audio tersebut sehingga tentu saja itu sangat melengkapi cerita. Selain itu tentu saja saya juga melakukan banyak riset mengenai sejarah Laos untuk ditambahkan ke dalam cerita.

Untuk Adam & Susan, tolong berikan tiga kata yang masing-masing mewakili tempat yang kalian kunjungi yang diceritakan di buku The DestinASEAN ini (Burma & Laos). 🙂

Burma – harsh (keras), dry (kering), inspiring.

Laos – kelam, dingin, harapan.

Terima kasih banyak untuk Kak Adam dan Kak Susan sudah mau berbagi tentang keterlibatannya di buku The DestinASEAN. Teman-teman yang ingin mengenal lebih lagi tentang pasangan traveler ini, berikut tentang mereka:

PergiDulu adalah…

Foto PergiDulu

Di atas bukit si kota biru, Chefchaouen (Maroko).
cr: Pergi Dulu

1 WNI, 1 warga negara Australia, suka traveling, kuliner dan fotografi. Artikel perjalanan dituangkan di www.pergidulu.com dan artikel mengenai kuliner di www.bacaresepdulu.com. Celotehan sehari-hari dan tips tentang traveling biasanya bisa diintip di timeline @PergiDulu.

Nah, setelah obrolan dengan pasangan Adam & Susan—Pergi Dulu, berikutnya saya juga sedikit mengulik kontributor lainnya di The DestinASEAN, yaitu Eka Situmorang-Sir. Di antara beberapa penulis di buku ini yang gaya berceritanya menyenangkan, Eka adalah salah satunya yang menurut saya sanggup memadukan antara apa yang didapat dari hasil pengamatan sekitarnya saat bepergian, juga kesan mendalam dari hatinya. Dua ceritanya yaitu di Singapura dan Penang, siap-siap bikin jombloers ngiri neh, karena keduanya merupakan hasil bepergian bersama Adrian, suami tercinta.❤

Jadi, berikut adalah sedikit tentang keterlibatan Eka di The DestinASEAN…

Bisa diceritakan proses keterlibatan Kak Eka di The DestinASEAN?

Aku bisa terlibat di buku antologi The DestinASEAN karena dulu ditawari sama @Venustweets untuk join bikin buku rame-rame. Mendapat tawaran seperti itu, ya hayuks langsung setuju ikutan😉

Kalau baca dua cerita Kak Eka di The DestinASEAN yaitu saat di Singapura dan Penang, itu kan nggak ditulis ya tanggal persis bepergiannya kapan? Yang aku tanyakan, selang berapa lama sih antara waktu bepergian itu sama penulisannya? Apakah dua tulisan ini memang sudah jadi stok cerita Kak Eka, atau benar-benar ditulis saat ada proyek The DestinASEAN ini? 🙂 Sekalian tolong diceritakan proses penulisan kedua cerita ini ya, Kak. ^^

Dua cerita perjalananku di The DestinASEAN—Singapura dan Penang—memang nggak ditulis tanggal perjalanannya. Tapi dua trip tersebut nggak berjarak lama sama penulisan untuk buku The DestinASEAN. Yang Singapura selang 4 bulan, sedangkan yang Penang selang 2 bulan. Dibilang stok cerita enggak juga, kebetulan kalau aku pergi ke suatu tempat biasanya aku nulis berseri gitu (note: kalau lagi selow, hehehe). Jadi kalau ke Singapura 4 hari, bisa ada 4 tulisan tentang trip tersebut karena pengalaman yang didapat kan beda-beda setiap harinya.

Nah, waktu nulis untuk project The DestinASEAN ini, udah ada 2 blog post gitu terus aku tinggal mengembangkan dari apa yang sebelumnya pernah aku tulis di blog. Tentunya dengan bumbu pengalaman yang sebelumnya belum tertuliskan.

Proses penulisannya? Simply like when I write my blog post sih 😀 hehe

Kak Eka kan di dua cerita ini bepergian dengan suami tercinta ya… (romantis banget, bikin ngiri >.<). Memang berdua suka menjadwalkan traveling ke tempat yang jauh gitu ya buat refreshing? Lalu, kepikiran nggak sih untuk bikin travelogue sendiri tentang perjalanan kalian, sepertinya kan menarik tuh dengan bumbu-bumbu romansanya yang memang real dan bukan fiksi. :3

Iya, aku dan suami memang punya jadwal teratur untuk liburan. Prinsipnya “work hard, travel harder!” Hahaha. Semoga nanti bisa bikin travelogue sendiri yaaa. Doakan ajaaaa! :*

Terima kasih kak Eka untuk waktu dan kesediaannya menjawab. Ditunggu ya buku cerita perjalanan yang mengandung romansa bersama Kak Adrian, suami tercinta. Salam yaa! 🙂

My Pleasure!😉 Thank you for having me for your interview as well! Smooches :*

About Eka Situmorang-Sir …

With Adrian, the lovely Husband, at Batu Caves-Malaysia

With Adrian, the lovely Husband, at Batu Caves-Malaysia
cr: Eka Situmorang-Sir.

is a flashpacker who travel with her own style. Blue addict and high-heels fans. Traveling lover as well as a culinary worshiper. Challenged her self to have a road trip (read: driving her own car) from Jakarta to Sumatera and traced down the northern coast of the Java island until it ended in Lombok, West Nusa Tenggara for the sake of “adventure sensation”. Has written 3 books: My Amazing Pet, The DestinASEAN and Labirin Rasa. The first two books is a collection of short stories with other authors where Eka became one of its contributors. While Labirin Rasa is her first romance and  travelogue novel.

You can read her writings at her blog: www.ceritaeka.com and greet her at twitter account: @ceritaeka

Gimana setelah menyimak obrolan saya dengan tiga penulis ini? Tertarik membaca bukunya?😀 Untuk yang ingin mencoba peruntungannya mendapatkan buku ini gratis, saya akan membagikan satu buku The DestinASEAN yang ditandatangani oleh pasangan Adam&Susan—Pergi Dulu plus satu suvenir dari Laos (silakan pilih dari dua keychain di foto di bawah). Terima kasih untuk Pergi Dulu yang telah memberi sponsor untuk giveaway ini! ^_^

 TheDestinASEAN-PergiDulu2

Berikut adalah pertanyaan untuk memilih satu pemenangnya:

Dari negara-negara ASEAN yang belum pernah dikunjungi, negara mana yang paling bikin penasaran dan kenapa? Buat yang sudah khatam mengunjungi semua negara ASEAN, negara mana yang paling favorit dan kenapa?

Tulis jawaban di kolom komentar artikel ini, dan beberapa ketentuan untuk mengikuti kuis ini sebagai berikut:

  1. Peserta harus memiliki alamat di Indonesia untuk pengiriman hadiah jika menang.
  2. Jawaban disubmit dari tanggal 01-08 Maret 2014 di kolom komentar artikel ini, dan sebagai identitas tolong tuliskan nama dan akun twitter yaa! Pengumuman pemenang di tgl 10 Maret 2014 akan saya mention di twitter.
  3. Follow akun @PergiDulu. Nanti akan saya cek lho! ^^
  4. Share tentang kuis ini di twitter, kalimatnya bebas yg jelas harus ada: hashtag #MauDestinASEAN, link artikel ini, dan mention akun twitter saya, @dinoynovita. Ngetwitnya cukup sekali saja yaa.

Pertanyaan dan ketentuan sudah diberikan, selamat mengikuti kuisnya yaa, ditunggu jawaban-jawaban serunya! ^_^

30 thoughts on “Behind the Book: The DestinASEAN [+Giveaway!]

  1. Pingback: Traveling Books Giveaway in March! | Dinoy's Books Review

  2. ikut ya, Kak !!!
    wah, kak Dinoy bagi2 byk buku nih.
    Wish me luck, deh !

    hm… aku belum pernah keliling negara ASEAN. dan, negara ASEAN yang ingin aku kunjungi adalah…. Thailand. kenapa ?
    karena, aku suka banget sama tempat wisata yang alami, tapi juga indaaahhhh………
    ya, bukannya negara indonesia kita gak indah, cuma pengen aja coba di negara lain.
    karena pengen berwisata ke Thailand, aku searching2 t4 wisata apa aja yang indah disana.
    dan hasilnya, banyak banget, dan indah semua……..
    tempat2 yg aku ingin kunjungi disana adalah Chiang Rai, Koh Chang, Bangkok, Puncak Galaksi Kanchanaburi, dan Doi Ahn Khang Mon.
    t4 wisata tersebut selain indah, beberapa t4 juga terdapat kuil dan candi2. Candi ini nih, aku suka sama t4 yg ada candinya, suka pelajaran sejarah soalnya. hehe… hampir candi2 yg ada di daerahku sdh aku kunjungi contohnya : Candi Prambanan, Borobudur, Boko, Mendhut, dan candi2 lainnya *ada yg lupa namanya*

    Nah, banyak juga ya…..butuh banyak tuh *nabung dulu*
    Semoga aja suat saat, mungkin saat udah kerja nanti, aku pengen kesana bersama keluarga, seru deh, sepertinya. Pantesan, banyak yang suka traveling, termasuk Kakak2 ini…….

    udah dulu seh, curhatnya….
    makasih kakak2 semuanya……

    Nama : Athaya Septiana
    Twitter : @Nanarara8

  3. Ikuuuuut ya Kak Dinoy !!😀
    Semoga dibulan maret ini adalah bulan yg penuh berkah, salahsatunya berkah dari kak Dinoy hehe ^^

    Oke… Well, Jujur… Saya termasuk orang yang belum pernah traveling ke luar negeri, Ke luar pulau saja belum pernah hiihi *ketahuan*
    Tapi saya punya impian ingin mengunjungi negara Singapura! Kenapa harus Singapura?
    Saya ada beberapa alasan mengapa sangat ingin ke negara Singa ini :
    Pertama, Singapura dikenal sebagai negara bersih, hijau dan aman. Berdasarkan penglihatan saya di acara jalan-jalan di TV (hehe), ketika ke Singapura, tempatnya sangat bersih, putih, muluss *eh.
    Ya maksudnya itu nggak ada satupun sampah yg berserakan dijalanan, plastik permen yang kecil aja kagak keliatan tuh. hehe
    Disana juga banyak pepohonan dan taman kota yang fasilitasnya lengkaplah, ada tempat bermain bahkan ada free WiFi.. Keren kaaan? hihi
    Dan Singapura merupakan negara aman juga, karena sampai sekarang jarang saya mendengar permasalahan ekonomi, pembangunan, kesehatan,dll dari Singapura. Kayaknya adem tentrem aja ya negaranya. Ih kereeeen😀

    Kedua, karena saya sangat penasaran sama Kereta Bawah Tanah, kan di Singapura ada tuh, hehe. Kelihatannya keren banget naik kereta di bawah tanah, Di Indonesia kan belom ada. hehe
    Terus disana katanya bisa minum air kran tanpa takut mencret ya? Aku pernah baca artikelnya, tapi tidak dijelaskan mengapa bisa langsung diminum. Penasaraaaan pengen nyobaiiiin… hehe

    Ketiga, karena Tidak seperti banyak negara lain, di Singaura katanya dalam hal membayar parkir cukup murah, hanya perlu membayar sekitar S $ 7 setiap parkir. Bahkan ada yang tidak perlu membayar biaya parkir. Kalo di negara lain, misalkan aja di Jepang kan terkenal mahal banget biaya parkirnya, bisa untuk sekali makan di restoran mewah (nggak gitu juga kali) hehe

    Sekian deh kak, Itulah semua hal dari Singapura yang bikin aku Penasaran tingkat tinggggiii hihi
    Dan padahal banyak sekali keistimewaan negara Singa ini, kalau mau dijelaskan semuanya, sebulan nggak bakalan cukup *lebay.😀
    Makasihhhh :)))

    Twitter : @naan_dita

  4. Wah,yg diatas jujur semua ya,aku jujur juga deh😀.Aku juga g pernah keluar negeri,keluar pulau pun cuma sekali dan itu senangnya luar biasa.
    Jadi,diantara semua negara anggota ASEAN,yg paliiing pengen banget aku kunjungi adalah THAILAND!!!
    Thailand itu tempat wisatanya keren-keren,pokoknya kalo ke Thailand wajib ke Grand Palace di Bangkok,pantai Pattaya yg jd tempat acara The King of Pattaya,terus ngerasain naik kereta gantung,kereta bawah tanah, tuk-tuk
    dan perahu melewati sungai Chao
    phraya.Seru banget tuh.Dan juga aku pengen banget ngeliat langsung orang2 yg pake besi (mungkin?) di leher,tangan,sama kaki yg biar punya leher panjang di kota Chiang mai.
    Yang pastinya,jangan lupa ngerasain kuliner khas Thailand,cause I like eat😀
    Nama : Mahfuzah
    Twitter : @fuzah_mahfuzah

  5. Huah, aku mau baca buku ini, jadi aku harus ikutan *siapin napas sambil ngetik cepet*
    Aku pengen banget pergi ke Brunei Darussalam. Eh wait, itu termasuk ASEAN kan, ya? *brb gugling *oke, lanjuttt
    Alasannya simple aja, aku sangat jarang mendengar tentang apa yang terjadi di negara itu selain mendengar bahwa di sana adalah negara yang sangat makmur. Tapi, habis itu, udah. Enggak ada berita atau cerita yang lain.
    Mungkin saya aja yang kurang update, tapi saya jadi penasaran aja, pas ditanya begini, negara ASEAN yang belum pernah saya kunjungi dan pengen banget? Aha, Brunei!
    Kalau ada yang berminat ngebayarin saya kesana dengan imbalan saya tulis pengalaman saya selama di sana, saya rela kok *siapakah kamu ini, Zelie?
    *serius lagi*
    Kalau dapet kesempatan kesana, pengen banget ngeliat secara jelas bagaimana kehidupan di sana. Apa yang mereka makan (nasi, kentang atau…????), bagaimana mereka melangsungkan pernikahan (cari inspirasi *uhuk), tempat-tempat bersejarah di sana, makanan yang seru di sana (makanan lagi), makanan yang cocok dibawa buat oleh-oleh (eh..lagi), pokoknya mau cari tahu lebih banyak tentang Brunei!
    Pilihlah aku untuk jadi duta ke Brunei, Kakak~ *ditoyor

    Zelie – @miss_zp

    *yes, aku enggak lupa!

  6. dari kemaren ikut kuis yg hadiahnya buku ini gak dapet terus x( :p
    ikutan ya kakaaaa…..

    aku belom pernah keluar negeri, belom pernah jalan-jalan jauh dari rumah. soalnya gak boleh sama mama *anak mama* makanya aku jadi suka banget baca buku-buku traveling. syukur banget banyak traveler yg suka nulis. mereka begitu pintar mengolah kata-kata sehingga yang membaca bisa merasakan gimana sih rasanya berada di sana. membaca buku traveling membuat aku merasa sudah berada di sana ^^
    kalau bisa pergi ke negara ASEAN, tentunya yang mana aja boleh deh, udah dibolehin pergi aja udah untung :p.
    kalau sok-sokan memilih, saya pilih negara Thailand. alasannya? mungkin agak aneh. saya pengen ketemu banci! haha serius!. paman saya sudah pernah ke sana dan memang beliau bilang bahwa banci di sana susah dibedakan dengan wanita asli. entah kenapa saat itu rasanya penasaran sekali pengen ngeliat langsung. pernah juga searching di google tentang banci Thailand. fotonya sih cantik-cantik banget. pengen liat langsung, liat kecanggihan oplas mereka. jangan-jangan mereka lebih cewek dari aku -,- haha.

    nama : Hesty Arnize
    Twitter : @siiqebo

  7. Haloo, saya ikutan yaa…
    Hmm.. satu-satunya negara ASEAN yang bikin saya penasaran banget adalah Malaysia. Iyaa.. memang sih, antara negara kita dan negara tetangga kita satu ini beberapa kali terjadi ketegangan karena masalah warisan budaya. saya juga termasuk yang merasa terusik karenanya, dan berjanji ngga akan pernah mengunjungi negara ini. Tapiii… kok ya penasaran juga sih, dengan negara Malaysia ini.
    pengen lihat gimana budaya tertib di sana. Dan penasaran pingin lihat pemandangan dari ketinggian menara kembar petronasnya. oh ya, pingin juga bisa ajak si sulung ku ke legolandnya. ^_^

    Ya, sekedar penasaran, dan semoga rasa penasaranku bisa terjawab, dan bisa lanjut bertualang ke negara-negara asean lainnya. Amminn..

    Khurie – @nur_khurie

  8. Hy Dinoy.. numpang ninggalin jejak ya😀
    Aku juga salah satu yang belum pernah keluar negri. Jika aku berkesempatan maka aku paling ingin mengunjungi Thailand.

    Walaupun negara tropis seperti Indonesia dan yah mungkin beberapa tempat yang ditawarkan mirip2 dengan Indonesia tapi Thailand lebih teratur dan industri pariwisatanya lebih dapat perhatian dari Pemerintahnya dan dikemas dengan apik. Buktinya kunjungan wisatawan asing ke Thailand lebih banyak daripada ke Indonesia

    Why Thailand?? Thailand punya banyak destinasi wisata Alam, Budaya, dan juga Kehidupan sosialnya yang menarik bagi saya. Sebagai negara tropis tentu Thailand dianugerahi banyak pantai, beberapa yang saya ingin kunjungi Phang Nga Bay, Similan Island, Phi Phi Island, & Railay Beach. Menikmati alam Thailand dengan berkunjung ke Khao Yai National Park juga seru sepertinya.

    Menenai bangunan budaya tak jauh dari Indonesia, di Thailand banyak candi. namun dari segi arsitektur berbeda dengam khasnya yang berwarna emas dan menjulang tinggi mengerucut ke atas. Membayangkan indahnya menikmati malam di Wat Arun (Temple of Dawn),atau bisa menikmati candi lain seperti Ayyuthaya, Doi Suthep, dan yang pastinya saya tidak ingin melewatkan indahnya The Grand Place dan Wat Prukeaw.

    Tidak hanya itu saya ingin menikmati thailand dari segi kehidipan sosial dan aspek lainnya. Membayangkan berinteraksi dan berbelanja di floating market. Terus jajam di sepanjang food street mencoba makanan yang tidak akan kita temui di daerah kita. Ah iya saya juga ingin menonton pertandingan Muay Thay atau sekedar menonton Kabaret Show Thailand yg terkenal mendunia. Dunia malam Thailand yg gemerlap juga menjadikan salah satu faktor pendorong saya untuk segera berkunjung ke Thailand…

    Semoga suatu saat nanti saya benar2 bisa meikmati alam, budaya, dan kehidupan masyarakat Thailand..

    Rizal Adi Saputra ~ @chalriz

  9. Aku udah pernah ke ASEAN lho, semuanya malah, iya lewat atlas *gyahahaha

    Well, seriusan, aku pernah ke ASEAN, err… salah lagi, Kakak maksudnya. Iya, kakak-kakakan. Kalau Kak Dinoy maksa buat pergi berjelajah ke negara-negara ASEAN, maka aku akan pilih Vietnam untuk dikunjungi pertama kalinya di luar Indonesia.

    Kenapa harus Vietnam? Jawabannya adalah… satu-satunya negara di ASEAN yang berawalan huruf V dan namanya unik *oke ini GJ*. Aku pengen ke Vietnam ngingtilin Kakak yang udah duluan jalan-jalan kesana, asyik banget kayaknya bareng temen-temen kampusnya u,u Kak Hani cerita kalau dia banyak jelajah kota-kota besar di Vietnam. Nah, aku juga pengen u,u

    Pertama, aku mau ke Ho Chi Minh City. Oh no no, jangan berpikir bahwa aku searching dulu di Google karena kuota tidak tercukupi untuk itu, aku hanya menyimpulkan dari cerita-cerita Kak Hani saja. Di Ho Chi Minh City, aku mau datang ke tempat yang bisa minum kopi pekat pakai es dan tanpa susu, seperti yang Kak Hani pernah lakukan bersama kawan-kawannya.

    Lanjut ke Nha Huê. Datang ke Khai Dinh Tomb hanya untuk sekedar ngikutin kata Kak Hani yang bilang bahwa di Khai Dinh, makam-makamnya pada bagus *eaaa, ngapain coba?

    Terus, masih di Hue juga, menikmati Sông Hương (Hương River) alias ‘perfume river’, sekedar bersantai dan nyium apakah baunya kayak parfum?:/

    Terus juga, naik ‘cable car’ menuju puncak Bana Hills, Da Nang, Vietnam. Naik selama satu jam menuju puncak bukit. Kalau udah sampai ke puncak bukitnya, maka rasakanlah menikmati Bana Hills seperti di Lembang, Bandung. Aura tempat asal memang tak pernah terlupakan😀

    Kalau musim panas, mari berjalan-jalan ke pantai yang Kak Hani sendiri susah nyebutnya, pokoknya masih di Da Nang deh.

    Selanjutnya, berjelajah ke Hà Nội City dan Hoi An, semua tempatnya ingin dikunjungi, seperti yang Kak Hani ceritakan. Tapi tunggu dulu, siapa sih Kak Hani? Pokoknya, dia Kakak aku deh, Kak Dinoy bisa cek momen perjalanannya disini, http://bit.ly/HaNoiHani dan http://bit.ly/3KotaVieHani.

    Yap, sudah itu saja dulu, perginya tergantung nanti, semoga ada yang mau kasih akomodasi dan transportasi GRATIS selama disana😀

    asysyifaahs – @asysyifaahs

  10. Negara di Asean yang pengen dikunjungi adalah Negara Thailand. Selain eksotis, juga katanya di sana banyak Waria / Gay. Pengen tau aja, dunia mereka kayak apa, hehehe.

    Nama : Hapudin
    Akun Twitter : @adindilla

  11. Sejujurnya, aku belum pernah ke luar negeri. Lha wong, Indonesia aja belum terjamah semua. Makanya aku suka baca buku-buku traveling, dengan membaca buku tersebut setidaknya aku bisa tahu sedikit gambaran di suatu tempat, untuk mengobati rasa penasaran. Dari dulu aku ngebet banget pengen ke Bromo + Dieng. Pengen juga suatu saat ke Raja Ampat, sayangnya mahal banget. Aku punya sodara yang tinggal di Papua, dia aja yang di sana bilang mahal, apalagi aku yang dari belahan pulau lain. Itulah sedihnya kalo mau jalan-jalan di Indonesia, cenderung lebih mahal ketimbang jalan-jalan ke negeri tetangga kayak Malaysia atau Singapura. Sebenarnya pengen ke Thailand, tapi konon kurang ama kalo sendirian😀

    Nah…selain Indonesian kalo disuruh memilih negara ASEAN, berhubung negara lainnya tampak kurang aman, aku pilih SINGAPURA:
    1. Pengen lihat Patung Merlion dan Esplanade,
    2. ke Orchard Road surganya belanja,
    3. Bugis Street si Mangga Dua-nya Singapura,
    4. Kampung Arab/ Glam (Arab Street) yang terkenal dengan tekstilnya,
    5. China Town ibarat pasar Glodoknya Singapura,
    6.Little India yang merupakan titik sentral masyarakat India Singapura, ke
    7. Katong tempat jajanan makanan yang menarik dari berbagai penjuru, seperti di Geylang Serai, tempat beragam makanan melayu disajikan dengan menarik, tempat makan seafood sepanjang pantai timur dan lainnya,
    8. Haw Par Villa yang merupakan taman berisi patung yang banyak terdapat kebudayaan cina,
    9. Sentosa Island yang deket ama Batam,
    10. Raffles Landing Site. Tempat pendaratan pertama Gubernur Singapore Sir Stamford Raffles. Di area ini yang menghadap Sungai Singapore

    Wuih…banyak juga yang bisa dikunjungi😀

    Luckty Giyan Sukarno
    @lucktygs
    URL Share: https://twitter.com/lucktygs/status/440464650069479425

  12. aku tahu jawabanku ini mainstream banget karena kakak-kakak yang jawab di atas udah banyak yang nyebutin negara ini. sejenak aku harus melepaskan predikat anti maintreamku😀

    Thailand.
    Soalnya negara ini eksotis (tuh kan mainstream). Pantainya, hutannya (?), candi-candi, kuil-kuil (?), film-film (Wen kamu korban film -_- ), dan banci-banci (?).

    Oh ya, kalo ngelihat di film Thailand (tuh kan wen kamu korban film), kayaknya bahasa mereka lucu gitu ya. Aku sempat loh dulu kepikiran buat belajar bahasa mereka. Pasti bakal menyenangkan belajar bahasa Thailand sambil muter-muter di Thailand nya langsung.
    Tapi apadaya, sepertinya belajar bahasa jepang masih lebih mudah dilakukan di sini *eh* *ngomong opo wen*.

    Oke, pada dasarnya aku emang suka belajar bahasa baru hahaha😀

    Wenny Widyastuti
    @widywenny

  13. Pengin deh bisa wisata candi keliling ASEAN. Menelusuri berbagai tempat (negara) di ASEAN yang punya candi kemudian ditarik garis merahnya untuk mengungkap fakta baru (sokur-sokur menggetarkan dunia). Dan starting pointnya adalah KAMBOJA. Pengin ke Kamboja dulu dibanding ke negara-negara lainnya karena
    1. Kamboja itu surganya candi kuna. > Angkor archeological park, Banteay Chhmar
    2. Memiliki sekelumit persamaan dengan sejarah Nusantara > manusia purba yang hidup di gua, nama-nama raja yang sama-sama dipengaruhi Bahasa Sanskerta seperti King Jayavarman II, Indravarman I, dan Suryavarman II. Dalam perkembangannya, huruf “V” dilafalkan sebagai huruf “W”.
    3. Pengin lihat pengaruh Jawa terhadap kebudayaan Kamboja
    4. Ikut sesi meditasi

    Nama: Ratri
    Akun Twitter: @ratweezia

  14. Negara ASEAN yang bikin penasaran adalah Philippine ato Filipina… Kenapa? Survey kecil2an dulu,, dengan baca blog orang, Setelah baca2 blog, terpilih Filipina, kenapa ke Filipina, katanya sih klo di bandingkan dengan Bali and Thailand, lebih murah di filipin,, ini pendapat personal para penulis blog yang umum nya orang aussie.. tapi perlu di periksa langsung ke sana untuk tau keberanranya,, tapi tetep aja sih tergantung dengan kantong masing2.. dan lagi filipina negara kepulauan yang juga menawarkan pantai dan pantai yang ciamik,, cebu ato barocay misal nya,,dan khususnya barocay yang dapat label best island gateway..

    dan lagi kenapa pergi k sana,, karena bulan tertentu bakal ada promo dadakan dari airline yang berbasis di filipina,, JKT-MNL jadi lebih masuk akal di kantong, walopun kemaren udah pernah coba AA dan menyerah karena situs yang busy traffic di malam promo nya.. tetep semangat dan nanti akan di coba lagi… dan semoga dengan baca buku ini (ngarep dpat gratisan) lebih tau lagi tujuan kece di negara2 asean

    Salam

    Fahmi Hidayat
    @fahmi_tayadih

  15. Jujur paling penasaran sebenernya adalah INDONESIA.

    Negara ini, negaraku yang punya sejuuuta pemandangan. Malah sempat aku bikin website wisata saking pengen meng-ekspos keindahan negara tercinta ini. Sayangnya meski aku orang Indonesia tapi aku belum mengunjungi semua sudutnya. Padahal banyak banget tempat yang indah”😦

    Tapi kalo ditanya negara yang bener-bener belum pernah dikunjungin, aku penasaran sama Singapura.
    Beberapa tahun lalu kakak sepupu dari sana, dan foto di depan universal studio. Aaaa langsung mupeeeng banget pingin kesana. Dan kalo nggak salah di Singapura juga ada Disneyland nya. Aku pengen banget kesana, kebetulan suka sama Donald Bebek hehehe

  16. Singapura!!! Singapura adalah negara di ASEAN yang PALING membuat saya penasaran.
    Yap, Singapura memasuki daftar negara yang harus saya kunjungi setelah Jepang dan Amerika Serikat. :3
    Mengapa?
    1. Singapura hampir sama dengan Jepang, yaitu negara kecil berekonomi besar. Yah, mengapa tidak? Saya pernah baca bahwa luas Singapura sama dengan luas Jakarta! Wow! Tapi, mengapa, mereka lebih mantap ekonominya? Padahal, Indonesia punya alam yang indah dan luas wilayah yang lebih besar. Jadi, Indonesia berpeluang besar untuk memiliki ekonomi yang tinggi. Tetapi, mengapa kita kalah? Juga, saya baca, Indonesia menempati urutan ke-3 berdasarkan negara dengan kekayaan alam TERBESAR setelah Afrika dan Madagaskar. Jadi, saya tertarik dengan negara yang memiliki rekor TER-. Apalagi yang kayak JEPANG. *_*
    2. Mengunjungi Tempat Wisata
    Hehehe… Kalau mau ke luar negeri, jamin, deh, tujuannya mengunjungi tempat wisata. Ada beberapa tempat wisata yang ingin saya kunjungi di Singapura, antara lain:
    *Universal Studios Singapore
    Tak perlu jauh- jauh untuk menikmati Universal Studios. Di Singapura aja ada, kok. Jadi lebih irit. Walaupun belum ada di Indonesia
    *Gardens By The Bay
    Ini adalah objek wisata yan wajib dikunjungi. Taman yang terdiri atas tanaman- tanaman dan tanaman yang elektronik gitu. Apalagi malam, kayak Menari Eiffel
    *Sentosa Island
    Ini juga seperti taman. Gak usah dijelasin panjang- panjang :3
    *Raffles Landing Site
    Tempat pendaratan pertama gubernur Singapura, Sir Stamford Raffles. Katanya ia penemu bunga bangkai, lo, Rafflesia Arnoldi
    *Patung Merlion dan Esplanade
    Ini cukup terkenal. Patung berwajah singa yang menjadi simbol negara Singapura. Esplanade adalah gedung yang berada di dekat Patung Merlion
    *Orchard Road
    Ini adalah jalan yang wajib dikunjungi. Kawasan ini terkenal dengan kondisinya yang bersih. Dan sayang banget kalo gak foto” disini. Apalagi yang doyan foto Selfie.
    *Art Science Museum
    Ini adalah Musium Seni Pengetahuan. Saya suka banget yang berhubungan sama SENI ataupun PENGETAHUAN. Biar kayak Da Vinci atau gak B.J.Habibie *_*
    *Helix Bridge
    Ini adalah jembatan terpanjang di Singapura. Jadi, wajib dikunjungi. (:
    *China Town
    Ini adalah tempat buat beli oleh- oleh. Jadi, bisalah…. ;3
    Tambahan :
    *Marina Bay Sands
    Ini adalah bangunan baru. Saya saja baru tau. Dari GOOGLE
    Saya belum pernah ke mana- mana. Belum pernah keluar pulau Sumatra Utara. Jadi belum pernah ke negara ASEAN.
    Semoga menang.
    *@Rio_Fernando_*

  17. Aku ikutan lagi yaa kak Dinoy muehehe xD wish me luck for this^^

    “Dari negara-negara ASEAN yang belum pernah dikunjungi, negara mana yang paling bikin penasaran dan kenapa? Buat yang sudah khatam mengunjungi semua negara ASEAN, negara mana yang paling favorit dan kenapa?”

    Berhubung aku belum pernah mengunjungi satupun negara ASEAN, jadi aku belum punya negara favorit buat dikunjungi. Tapi buat negara yang bikin aku penasaran pengen kesana, aku punya Thailand yang sukses bikin aku pengen banget nyoba kesana kalo ada kesempatan. Kenapa aku penasaran sama Thailand? Pertamanya aku liat banyak keadaan Thailand itu di acara variety show Korea, Running Man😀 Kan mereka udah pernah ada episode kesana, dan aku terpesona sama negaranya karena ngeliat serba-serbi Thailand di acara itu. Mulai dari tempat yang bisa dikunjungin buat travelingnya sampe makanan-makanan yang ada disana sukses bikin aku penasaran pengen kesana. Ditambah lagi aku juga suka nonton film produksi Thailand, dan tempat-tempat bagus buat traveling di Thailand yang kadang-kadang suka dimunculin di filmnya bikin aku pengen banget nyoba kesana🙂

    Nama : Lulu Risna Purnamasari
    Akun Twitter : @lulursn
    Link Share : https://twitter.com/lulursn/status/441156767146205185

  18. Jujur aja kak, aku belum pernah ke luar negeri😀 Di negara tercinta saja belum banyak yang saya kunjungi. Tapi, kalau ditanya Negara di ASEAN yang ingin dikunjungi? Saya mau sekali pergi ke Filipina, negara ini membuat saya penasaran. Walau tidak banyak orang yang ingin berkunjung kesana, kebanyakan mereka lebih memilih Singapura, Vietnam, Thailand. Padahal, objek wisata di Filipina tidak kalah menarik di Negara lain. Aku telah membuat list tempat yang ingin kusinggahi di Filipina jika suatu saat aku dapat menapakan kaki disana🙂
    Daerah Vigan, daerah kota tua di Filipina di daerah ini kita dapat menjumpai kendaraan tradisional berupa kereta yang ditarik menggunakan kuda, ruas-ruas jalan berbatu, kiri kanan jalan ditempatkan pot pot bunga oleh masyarakat setempat. Suasana nyaman dengan bangunan bergaya spanyol. Kuliner yang dapat kita nikmati adalah empanadaan, yakni makanan semacam pastel yang isinya ikan. Daerah ini memiliki daya tarik tinggi karena masyarakat sangat menjaga kebersihan dan keindahan.
    Tubbatah Reefs Natural Park, tidak hanya Indonesia yang memiliki kekayaan alam di laut. Filipina juga mempunyai pemandangan flora dan fauna yang keren dan menarik. Mau banget menyelam disana >.<
    Daerah Intramuros ada banyak bangunan seperti Katedral Manila, St Agustinus Gereja, San Agustin Museum dan Fort Santiago. WAJIB banget dikunjungi!!
    Aku mau ke Baywalk kak😀 Baywalk adalah jalan untuk pejalan kaki menuju Taman Rizal. Disana ada banyak tempat kuliner, juga pertunjukan live music ada festival yang diadakan setiap hari. Romantic banget tempat ini! Berharap bisa kesana dengan orang special❤ #wish
    Aku juga ingin mencicipi : Adobo, Chicken inasal, Kamaro, Pinakbet, Lumpiang ubod, Kuhol sa gata, Bibingka :9 *jadi laper sendiri*
    Mau belanja di SM Mall of Asia, Alaya Centre, Ilalim ng Tulai Pasar (lokasi dibawah jembatan Carlos Palanca Street, Manila). Mau borong semuaaa!! /.\ *perempuan*
    Itu daftar tempat yang ingin aku kunjungi di Filipina, tapi butuh nabung dan izin orang tua untuk bisa mewujudkannya. Kalau sekarang masukin di list my vacation dream dulu aja🙂
    Nama : Rissya Mutya Prima
    Twitter : @RMP2982
    Link Share : https://twitter.com/RMP2982/status/441230519678672897

  19. Kak Ikut ya😀

    Aku mau ke Brunei. Waktu itu Desember 2003 aku berangkat jadi TKW ke Hong Kong, pesawat yang aku tumpangi transit ke Brunei, aku bermalam di bandar udara Internasional Brunei semalam. Wuuuaaaa indah sekali, penuh dengan kemilau emas, kubahnya gede-gede banget. Pas aku ke toiletnya ke bawah indah sekali ada musholanya juga duhhh berasa kayak di Makkah. Sampai bolak-balik keliling tapi ga abis-abis mengagumi nuansa islamnya yang kental dan akhirnya tertidur juga di kursi tunggu.
    Bandaranya aja indah apa lagi tempat-tempat lainnya. Yang pingin dikunjungi itu Masjid Sultan Omar Alii Saefudin, y di ang berada di kampung Anyer, letaknya di atas air. Pengen banget ke sana >3

    Nama : Nyi Penengah Dewanti
    akun twitt : @NyiPeDe
    share : https://twitter.com/NyiPeDe/status/441497168663175168

  20. Hai kak Dinoooyyy….Aku ikutan GAnya yaaa^^
    Btw,aku udah 2 kali ikut GA dari kak Dinoy,dan semoga kali ini aku menang;Dxx

    Negara ASEAN yang pingin aku kunjungin/bikin penasaran itu Indonesiaaa….gak deng,kan setiap hari udah stay di Indo.Walau gapernah menjelajah semuanya.Jadiii,aku pilih Thailand.Aku gak ikut ikutaaan loh._.v
    Pingin ke Thailand karenaaa disana ada Mario Maurer,Yohooooo ~(•o• ~) Kan siapa tau nanti disana aku bisa ketemu diaa.Oke skip.
    Selain karena maurer,alasan aku memilih negara ini karena berbagai julukan nama nama buat negara ini yang aku stabilokan dibuku IPS.Azeek…Oiya satu lagi,aku pingin liat pantai di thailand yang pernah kena dampak dari tsunami di Aceh 2004 silam.Kan sambil back memories gitu dehhh /bener gak ya tulisannya?._./

    Manika Putri Kunigara
    @Manika PK

  21. *cektanggal* masih tanggal 7, untung aja meleset dikit lagi udh jatoh (?) *lohh
    masih boleh ikut kan kak? masih tanggal 7 kok._. boleh lah yah boleh hehe. oke cawwww langsung ke topik pertanyaan *mulaiserius*

    Negara ASEAN yg bikin penasaran?
    Negara ASEAN yg paling favorite?
    hmm aku jawab yg pertama aja ya kak, secara blm pernah keluar uhukk, negeri, jangan kan keluar negeri, Indonesia aja blm terjamahin semua, nah jangan kan Indonesia, Lampung aja blm semuanya prnah ku injek tanah nya.-. maklum kak masih SMA kls 1 anak cewek pula lah, yahh gk bisa jauh2 dr ortu-_- (Oke balik ke laptoppp)

    hmm Negara ASEAN yg bikin penasaran? hm kaya nya jawaban ku mainstream bgt deh, udh banyak yg jawab hufttt u,u THAILAND yeaahhh aku terobsesi bgt pengen kesana sayangnya., *cek celengan ayam._.*
    THAILAND, lebih tepatnya lagi di perbatasan antar thailan sama burma kak, KANCHANABURI. kata cerita orang2 sih (belum pernah kesana seperti sudah tertera pada pengakuan ku diawal u,u) kata orang2 sih, katanya ini yah, baru katanya kak *WOI CEPET LAGI KE INTI.–.* Katanya kita bisa terikat emosional khusus gitu sama tempat itu, huuuu… *mendramatisi*
    Apalagi sama yg nama nya River river apalah itu kak, River Kwai Bridge kalo gk salah, yah pokoknya orang2 sering sebut dg nama The Death Railway atau JALUR KERETA API MAUUUTTTTT!! Hihiihiii… *mendramatisi lagi* hehe
    tapi entahlah kenapa dibilang gitu, padahalkan KATANYA jalur ini nyebrangin sungai, ngebelah hutan juga huaaaaah itu kan pasi kereeen sangaaaaattttt!! Apalagi jalur ini ngehubungin Thailand sama Burma, kebayang gak tuh kak jauh nya semana? .-. Trus selama perjalanan pasti disuguhi minum tehh *ehh emang nya tamu._.* selama perjalanan pasti disuguhi pemandangan hutan ++ isinya yg periperibeyutipuuuuulll *bule nyasar* Yahh pengen sangat banget kesana, penasaran sangat knp do bilang The death railway(?) gimana rasanya nyebrangin sungai, ngebelah hutan? OHHH GODDDDD HELP ME!!! *lagi lagi dramatis-,-*

    itu lah alasan singkat saya penasaran dg Thailand (alasan singkat?) *ralat*
    yah itu lag alasan singkat agak lumayan pajang kaya nya *ribeet gini bahasa gue-,-*
    oke thanks before yah kak, wish me luck AMIN O:)

    Diajeng Angela Jingga D.
    @diajengangeel

  22. Saya belum pernah keluarnegeri bahkan keluarkota juga belum pernah
    Negara Asean yang pertama sekali yang akan saya kunjungi adalah Negara Tetangga Filipina
    Mengapa???
    Karena Filipina dekat dengan indonesia jadi biaya kesana bisa dipangkas,kebudayaan disana yang unik mirip dengan indonesia,negara yang kental dengan agamanya,negara dengan seribu sepatu yaitu milik Imelda Romuáldez istri ferdinand marcoss,disana juga ada budidaya padi berstandar internasional keren kannn
    Adapun tempat yang ingin sekali saya kunjungi adalah
    1.Benteng Santiago
    benteng ini sangat terkenal dan jadi destinasi pertama wisatawan ,banyak menceritakan sejarah kepahlawanan jose rizal,
    2.Gereja San Agustin
    Gereja ini menjadi tujuan destinasi berikutnya.Gereja ini termasuk situs warisan dunia dengan arsitektur baroknya,banyak juga patung dan hiasa klasik buatan seniman italia
    3.Intramorus
    Sebuah kota bergaya eropa dulu yang bisa menjadi kenangan seperti berada dimasa lalu,banyak sejarah dan wawasan yang dapat kita ambil
    4.Banaue Rice Terraces
    merupakan situs warisan dunia karena keindahan dan sistem pertanian padi teraaseringnya yang sidah ada sejak 2000 tahun yang lalu ,keren juga sih bisa kunjungi tempat ini,seperti subak di bali

    mungkin hanya itu tempat yang akan saya kunjungi soalnya biaya gak cukup,semoga dengan mengunjungi tempat itu ada yang mau sponsori saya kesana.hehheheheh🙂

    Nama;Arya Sakramen Barus
    Twitter: @teennews14

  23. Daritadi ngubek2 blog ini nyari kolom komentar (oalahhhh..) akhirnya ketemu juga, haha. Hai kak, Kalo ada kesempatan untuk berkunjung ke negara ASEAN sih aku akan pilih Thailand, selain karena aku adalah Tom Yam lovers yang bermimpi besar untuk mengikuti festival Loy Krathong di Chiang Mai suatu hari nanti, juga karena di World Economic Forum tahun lalu, Thailand menempati peringkat ke-13 (angka favorit akohhh) sebagai negara paling ramah untuk turis di dunia (jadi bisa dibilang aman untuk kesana walau sendiri) dannn juga karena negara ini di mata aku adalah negara dengan banyak keunikan di dalamnya. Selain itu penasaran sama kehidupan masyarakatnya disana, bagaimana rasanya ya mereka hidup di negara yang gak pernah dijajah, bagaimana tanggapan mereka sendiri tentang keberadaan para waria di negara mereka yang cantiknya ampun-ampun itu, dan bagaimana mereka memandang hidup dengan segala keunikannya seperti negara mereka yang unik itu (pasti menarik mendengar cerita penduduknya yang katanya ramah-ramah itu) kalau keadaan alam dan tempat wisata mah bonus ya, karena tiap negara pasti punya tempat wisata bagus dan makanan-makanan enak, hihihi.. Pokoknya Thailandd, tunggu akuuuu😀 Oh iya, yang terakhir biar pas lagi di Bangkok aku bisa foto terus di bawahnya kasih komentar: “my first step at Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.” (Keterlaluan deh nama panjang Bangkok) huahahahahahaaaaaaa… Thank you kakkk…

    PS: kalo menang aku mau keychain yang panjang ya kak😀❤
    yessica kansil-@yesinesta13

  24. Halo semuanya!😉
    Saya belum pernah ke negara Asean, hanya sempat transit di Bandara Changi.

    Negara Asean yg membuat penasaran adalah Filipina.
    Alasan utama: ingin menikmati Semana Santa dan visita iglesia di 3 daerah, yaitu Iloilo, Cebu & Manila. Tiga daerah itu memiliki gereja-gereja yang aduhai dan bersejarah. Bahkan beberapa bangunan di Ilolo termasuk dalam world heritage menurut Unesco. Perayaan Semana Santa di Filipina yg meriah & sarat tradisi itu tentu berbeda dengan perayaan di Indonesia yang khusuk & adem ayem.

    Alasan lain: Ingin beli buku-buku berbahasa Inggris yang pastinya melimpah ruah di sana. Katanya sih, harganya pun cukup murah. Lalu juga, ingin nonton konser Christian Bautista. Dia penyanyi idola, saya ingin peluk Christian #Lho😀

    Hmmm…saya juga tertarik dengan cara berbicara orang Filipina, terutama jika bicara English. Mereka sering mengatakan ‘a’ yaa ‘a’ dan ‘ion’ yaa ‘ion’. Ini mirip cara bicara orang Spanyol. Karena Filipina pernah dijajah Spanyol ratusan tahun, maka berpengaruh pada cara berbicara. Bahkan, istilah-istilah dan beberapa nama kota di Filipina juga sama dengan yang ada di Spanyol. Ini sangat menarik bagi saya.

    Smoga (tahun ini) keinginan itu bisa terwujud, atau jika Tuhan menghendaki, saya siap diutus pelesir ke Filipina🙂

    Oiyaa, saya pilih gantungan kunci yang bulat yaa, terima kasih ^_^

    Nama: Kartika Paramita Klara
    twitter: @uopoiki

  25. Pengen ke Laos. Penasaran sama sungai Mekongnya negara yang ngga punya laut ini. Katanya pemandangan di sepanjang aliran sungai ini indah banget dan bikin gak pengen pulang kalau udah menyusuri sungai Mekong ini.
    Terus pengen ngebandingin kehidupan di Laos dengan Indonesia. Apakah lebih baik atau lebih buruk.

    @zoellula
    Zulfa Nurul Alawiyyah

  26. Aku belum pernah ke negara ASEAN tapi kalau negara yang bikin penasaran untuk dikunjungi itu LAOS.
    Kenapa?

    Jujur, setelah baca jawabannya kak Susan yang menggambarkan Laos dalam tiga kata yaitu kelam, dingin dan harapan, aku jadi penasaran kenapa Laos digambarkan dalam 3 kata itu?? Apa yang membuat Laos dikatakan kelam dan dingin oleh kak Susan dan apa pula maksud dari harapan itu?? haha.. aku benar-benar kepo nih!!

    Selain itu, setelah aku searching (jujur krn aku memang gak hafal tempat wisata di Laos), eh aku nemu destinasi yang bagus bgt di Laos namanya Luang Prabang. Katanya sih kota ini sudah dinobatkan jadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Oh ya, Laos ini ternyata juga jadi satu-satunya negara ASEAN yang nggak mempunyai laut karena letaknya yang diapit oleh banyak negara. Meskipun nggak punya destinasi laut, objek wisatanya gak kalah menarik ada Pha That Luang, Pak Ou Caves, The Savannakhet Dinosaur Museum, dll.

    Ok, meskipun belum ke Laos beneran semoga bisa dapet buku dan gantungan kuncinya dulu yang asli dari sana, haha..

    -terima kasih – khop jai –😀

    Arif Rizaldy
    @hajimemimi

  27. Haii kak Dini..
    Aku ikutan juga yah walaupun di detik-detik terakhir.. hehe😀
    Sebenarnya aku belum pernah ke luar negeri, bahkan Indonesia pun belum semua wilayah wisata nya aku tapaki. Tapi, kalau di tanya negara ASEAN mana yang paling buat aku penasaran untuk dikunjungi, aku akan jawab THAILAND. Kenapa? Simple. Karena menurutku Thailand punya 2 sisi kehidupan yang berbeda hampir sama dengan indonesia, di satu sisi kehidupannya metropolis sedangkan disisi lain kehidupan alamnya masih harmonis. Karena aku suka traveling yang dekat dengan alam, aku pengen travel ke daerah pedalamannya Thailand suku karen karena sepertinya sangat menarik untukku, itu saja.🙂

    Nama : Jamilah
    Twitter : @milajelly

  28. Hallo Mbak Dinoy😀
    Wah aku posting last minute menjelang DL :p Mudah2an masih diterima ya🙂

    Negara ASEAN yang blm pernah kukunjungi dan paling buat aku penasaran adalah MYANMAR alias BURMA. Well, memang secara tempat wisata cukup banyak tempat wisata menarik di sana. Tapi yang paling buat aku penasaran adalah jejak peninggalan Islam di sana. Sekaligus miris adalah mengenai pembantaian etnis Rohingya yang sudah menjurus ke arah genoside. Kalau aku ke sana aku akan menyusuri jejak suku Rohingnya yang tersisa dan membuat liputan khusus agar dunia tahu bahwa ada saudara seiman yang butuh keamanan dan kenyamanan untuk beribadah menurut kepercayaannya. Memang saat ini pemerintah sudah mulai bertindak. Tapi aku rasa dengan menampilkan sisi perjuangan dan melihat mereka lebih dekat akan menguatkan tekad mereka & memberi mereka kekuatan untuk bertahan. Semoga tidak ada lagi pembantaian yang mengatasnamakan agama.

    Nama: Anisa Listya
    Twitter: @417154

  29. Terima kasih teman-teman buat partisipasinya, dan yang menjadi satu pemenangnya adalaah Kartika Paramita Klara @uopoiki! Aku suka alasanmu yang nggak bertele-tele tapi komplet! Ada unsur destinasi yang dituju, budaya yg ingin dipelajari, juga pengin belanja buku! Iya bener, waktu itu di Cebu ada mal yg jual buku2 seken impor muraah, lho! Hehehe, semoga terkabul segera ke Filipina yaa! ^^

Leave a Reply

