Just Friends by Robyn Sisman

JustFriends

 

Judul: Just Friends

Penulis: Robyn Sisman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Chicklit, terjemahan, roman, drama

Tebal: 560 Halaman

Terbit: Januari 2011

Persahabatan antar lawan jenis? Kayaknya tema seperti ini nggak akan bosan diangkat dalam suatu cerita novel. Pertanyaannya adalah, apakah benar antara pria dan wanita bisa hanya berteman dekat, berdua saja, tanpa suatu perasaan spesial?? Apalagi saking dekatnya, mereka sampai tinggal satu atap bersama. Dan inilah premis cerita yang dialami oleh Jack dan Freya, dalam chicklit Just Friends karya Robyn Sisman. Jack dan Freya telah berteman selama sepuluh tahun lebih, dan kini Freya pindah ke apartemen Jack. Hidup bersama setiap hari atas nama pertemanan, apakah benar perasaannya bisa benar-benar murni sebagai sahabat??

Konflik berawal dari Freya yang diputuskan oleh Michael, kekasih yang juga sudah hidup bersamanya. Freya salah mengira bahawa makan malam yang digagas oleh Michael ternyata adalah momen yang dipilih pria itu untuk memutuskan Freya, bukannya malah melamarnya. Padahal, Freya sudah akan mengajak Michael terbang ke Inggris untuk menghadiri pernikahan saudari tirinya. Keruan saja Freya patah hati. Dan meski Michael masih menawarinya untuk tetap tinggal di apartemen sampai Freya menemukan tempat tinggal lain, tentu saja gengsi Freya menampiknya. Ia harus mencari tempat tinggal baru, dan itulah awalnya sehingga Freya bisa tinggal bersama Jack, sahabatnya yang telah lama pula tak dijumpai. Dengan status sebagai penyewa kamar –ya, Freya membayar uang sewa kok pada Jack– Freya dengan insting wanitanya pun mulai mengatur-atur apartemen Jack, hal yang tak disukai pria itu.

Jack adalah seorang penulis dengan jiwa bebas. Ia pun merasa bebas berkencan dengan siapa pun, hal yang dibenci Freya. Ketidakcocokan di antara keduanya sering membuat mereka berselisih paham. Namun, perjalanan bersama ke Inggris, jauh-jauh dari Amerika, memporak-porandakan hati Freya yang selama ini menganggap Jack sebagai anak kecil. Akankah Freya jatuh cinta pada sahabatnya sendiri? Ah, klise mungkin🙂 Tapi bagaimanapun, saya sangat menyukai novel ini!

What is the reason so I really love this novel? Saya suka alur dan gaya penceritaannya yang mengalir banget. Salut saya sampaikan kepada tim penerjemah dan editor dari GPU. Tidak susah memahami setiap narasi dan juga dialognya, tapi toh banyak juga kalimat yang mengandung makna dalam, disampaikan dengan cara yang ringan. Saya suka dialog antara Jack dan Leo tentang bagaimana sih bisa memublikasikan suatu karya tulis dengan baik? Tak hanya kamu harus menulis cerita bagus, tapi juga kamu harus dapat mengetahui strategi pemasaran yang cepat dan menarik. Saya pun suka konflik dengan Michael; dari patah hati yang dialami Freya oleh pria itu, sampai hal-hal menggelitik saat Michael bertemu dengan Cat, sahabat Freya yang tahu banget kekecewaan yang dialami Freya. Situasi canggung dialami Michael ketika sebagai pengacara, ia bertemu dengan pengacara lain yang menjadi lawannya dalam suatu kasus, dan ternyata itu adalah Cat yang masih belum bisa memisahkan sentimen pribadi dengan profesional. Tapi, ujung-ujungnya Michael malah jadian dengan Cat, suatu sajian sampingan yang sangat menyenangkan. Hoho.😀

Tapi, apakah novel ini nggak bikin saya kesal? Hm, ada juga adegan yang menurut saya menjijikkan. Ah, kalau diceritakan detail akan spoiler sih ya, tapi saya kesal banget dengan Jack yang terkesan gampangan dan malah bercinta dengan adik tiri Freya! *ups maaf, sedikit spoiler deh* Tapi detailnya kenapa bisa begitu nggak akan saya tuliskan di sini. Dan dengan cerita-cerita tak terduga di novel ini, pada akhirnya saya hanya bisa terkesima dengan akhir ceritanya. Luar biasa.😀 Boleh saja tak sependapat dengan saya, tapi kamu harus baca sendiri biar tahu yang aku maksud. Hehehe. Well, gara-gara baca novel ini saya jadi makin nyandu baca chicklit, nih. Cerita yang ringan namun memuat makna yang dalam. ^.^d

2 thoughts on “Just Friends by Robyn Sisman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s