Me Before You by Jojo Moyes

mebe4u

Judul: Me Before You – Sebelum Mengenalmu

Penulis: Jojo Moyes

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Fiksi, Drama, Terjemahan, Romance

Tebal: 656 Halaman

Terbit: 2013

Harga: Rp 98.000

Umur ada di tangan Tuhan. Itu adalah ungkapan yang sering saya dengar, karena bukankah Tuhan yang menciptakan alam semesta ini termasuk manusia? Dia-lah yang memutuskan kapan memulai dan mengakhiri hidup seseorang di dunia ini. Tapi toh, ada saja beberapa orang yang memutuskan untuk mengambil keputusan atas umurnya sendiri. Memutuskan bahwa dia berhak mengakhiri hidupnya sesuai waktu yang dirasanya tepat. Dan salah satu dari mereka adalah Will Traynor. Lelaki ini tampaknya memiliki segalanya yang baik dalam hidupnya: pekerjaan, kehidupan petualangan, dan cinta. Tapi toh ketika hal-hal tersebut direnggut dari hidupnya, WIll memutuskan suatu tanggal untuk mengakhiri masa hidupnya. Lalu, ada Louisa Clark, gadis yang telah merasa nyaman dengan kehidupannya sebagai pelayan di sebuah kedai, tiba-tiba harus terlibat dalam kehidupan Will dan tak sengaja mengetahui rencana Will. Lou tentu saja tak mendukung rencana Will. Tapi, dia bisa apa? Apakah dia bisa masuk dalam kehidupan pria yang berhati dingin ini dan menyelami segala perasaannya?

Ada sebuah klinik di Swiss yang mengakomodasi keinginan manusia yang ingin mengakhiri hidupnya dengan sengaja. Tentu saja dengan pertimbangan-pertimbangan khusus. Melalui Dignitas, Will memutuskan akan mengakhiri kehidupannya sendiri, yang Ia anggap telah tak berguna sejak sebuah kecelakaan lalu lintas menyebabkannya menderita quadriplegia, kelumpuhan yang menyerang sebagian besar anggota tubuhnya. Penyakit ini tak hanya membuatnya harus bergantung pada orang lain untuk melakukan aktivitasnya sampai hal terkecil, tapi juga setiap hari dia harus berkutat dengan rasa sakit akibat infeksi. Sudah dua tahun Will mengalami hal ini, dan sudah beberapa kali pula Ia frustasi hingga mencoba bunuh diri. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara ‘baik-baik’ melalui Dignitas di Swiss. Orang tuanya bukannya tak berusaha mencegahnya, tapi memang keputusan Will sudah tak dapat dicegah.

Louisa Clark. Kehadirannya di keseharian Will diharapkan mampu menceriakan suasana hati Will yang murung. Dan herannya, pelan-pelan Louisa berhasil melakukannya. Di novel setebal 600an halaman ini kita akan disuguhi cerita tentang kepolosan-kepolosan Louisa yang apa adanya, yang justru malah membuat Will tersenyum bahkan tertawa. Will mulai menerima kehadiran orang lain dalam hatinya. Bisa ditebak, perasaan-perasaan istimewa pun timbul di antara keduanya, dan Jojo Mayes mendeskripsikannya dengan cara yang mulus dan apa adanya, sangat natural. Saya dibuat terpikat dengan kisah-kisah di tiap halamannya.

Ada Patrick, kekasih Louisa yang sudah tujuh tahun dipacari. Patrick akhir-akhir ini lebih ambisius dengan kegiatan larinya dan mengabaikan Louisa. Tapi ketika Patrick mendapati Louisa lebih mementingkan Will daripada dirinya, Patrick pun kelabakan. Kisah ini menjadi menarik karena yang awalnya Louisa tetap bertahan menjadi suster Will karena dialah sumber penghasilan keluarganya, menjadi terlibat lebih dalam dengan urusan pribadi Will, seperti misalnya saat Will memutuskan untuk datang ke acara pernikahan mantan kekasihnya. Lalu, ada juga acara liburan ke Mauritius yang menjadi pengungkap segala rasa di antara keduanya. Tapi ketika pertanyaan tentang keputusan hidup-mati Will kembali digulirkan, Louisa pun tak berdaya. Ia ingin memiliki Will, karena justru pria inilah yang mengubah cara pandang hidupnya dan membuat dia lebih luas lagi memandang hidupnya.

Membaca novel tebal ini, kita akan dibawa ke keseharian Louisa, Will, dan keluarga keduanya. Novel yang tebal, membuat saya lama membacanya namun selalu menikmatinya. Saya memberikan nilai sempurna untuk novel ini alias bintang lima. Alurnya yang sederhana, tapi konfliknya mengaduk-aduk perasaan. No need other words but, kamu harus membacanya!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s