Sweet Melody 2 by Baek Myo

SM2

Judul: Sweet Melody 2

Penulis: Baek Myo

Penerbit: Haru

Genre: Fiksi, Terjemahan Korea, Remaja, Roman, Keluarga

Terbit: September 2013

Tebal: 320 Halaman

Harga: Rp 55.000

“Sekali lagi, aku ini perempuan!” Ah, sayangnya meski Hwan mengucapkan hal itu keras-keras, tetapi lima sahabatnya tidak memercayainya. Terang saja, karena Hwan hanya meneriakkannya dalam hati. Setelah terus bertindak sebagai pria di hadapan personel Sweet Melody lainnya saat mereka sedang latihan atau tampil bersama, sekarang Hwan pun menghadapi tantangan lainnya: Dia harus hidup setiap hari bersama Sweet Melody dalam satu asrama di sebuah kompetisi musik ternama. Padahal, mati-matian Hwan sedang berusaha meredakan gejolak hatinya terhadap Chang Ryong yang masih menganggap mereka sesama pria. Lantas masalah lain muncul, Hyeon Ju sang pianis genius yang resmi bergabung dengan band Sweet Melody pun menunjukkan gelagat suka pada Hwan. Omo, mereka kan sesama perempuan! Bagaimana Hwan mengatasi masalah demi masalah yang muncul tersebut? Juga, saat dia tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam keluarganya yang membuatnya dulu memutuskan untuk kabur dari rumah. Apakah Hwan akan segera kembali ke rumah setelah mengetahui duduk permasalahan yang sebenarnya??

Nah, novel Sweet Melody kembali dengan cerita lanjutannya, yaitu volume 2! Yay! Setelah di bulan Juli lalu cerita ini sempat memukau saya dengan keseruan kehidupan para remaja dan bagaimana mereka galau dengan permasalahan mereka (sila baca resensinya di sini), di bulan September ini kita dapat kembali menyimak kelanjutan dinamika kehidupan Hwan, Chang Ryong, Ju Ho, si kembar Jin Seong dan Jin Woo, juga sang pianis genius Hyeon Ju. Cerita diawali dengan keenam remaja ini harus masuk asrama untuk mengikuti seleksi tahap lanjut Green Music Festival, yang menjadi kunci mereka masuk ke SMU Baekjaego – sekolah yang mereka impi-impikan karena akan mewujudkan cita-cita mereka sebagai musisi ternama. Terang saja tinggal bersama dengan empat cowok dan satu cewek membuat Hwan bingung. Misalnya, ada suatu malam yang dia spontan ingin tidur bersama Hyeon Ju, karena naluri Hwan kan perempuan dan pastinya dia mau tidur di satu tempat dengan sesama teman perempuan. Tapi hal tersebut justru dipandang terlarang bagi empat cowok Sweet Melody, haha. Bagi mereka, tidak sepantasnya Hwan yang masih remaja tidur bersama ‘lain jenisnya’. Lain waktu, Hwan bingung bagaimana harus terus menghindar ketika teman-teman cowoknya mengajak mandi bersama. Tapi toh dua hal tersebut tetap tidak dapat membongkar jenis kelamin Hwan yang sebenarnya.

Mengenai masalah keluarga, di sini kita akan dibuat semakin terharu dengan masalah mereka. Hwan yang kabur dari rumah karena merasa tidak diperhatikan oleh keluarganya, merasa trenyuh ketika mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya. Tapi, hal itu tidak serta merta menguatkan niat Hwan untuk kembali ke rumah. Sementara Chang Ryong semakin berusaha membuktikan bahwa dia ingin hidup dari musik, bukan meneruskan usaha keluarga seperti yang dibebankan kepadanya. Chang Ryong pun berusaha untuk lepas dari Mi Rae, tunangan yang dijodohkan dengannya demi usaha bisnis kedua keluarga. Chang Ryong semakin sadar bahwa dia tidak mencintai Mi Rae, melainkan Hwan. Masalahnya, bagi Chang Ryong, Hwan adalah sesama pria. Mana mungkin dia gay? Mana mungkin Chang Ryong berani mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya?? Ah, semakin rumit saja ya situasinya!

Ehm, saya membaca novel ini dengan status sebagai proofreader. Dan terus terang, saya bersenang-senang saat memeriksa naskah ini! Gejolak jiwa remaja saat mereka merasa sedih, jatuh cinta, atau antusias mewujudkan mimpi masa depan mereka, sangat terasa kuat di sini. Seperti yang saya bilang di resensi Sweet Melody 1 saya, bahwa novel ini adalah novel remaja dan sempat ada ketakutan bahwa saya yang sudah tidak remaja ini tidak akan menyukainya, hehe. Tapi ternyata di volume 2 ini saya semain enjoy, kok. Dan khas Haru juga untuk novel terjemahan, gaya bahasa yang digunakan cenderung semi formal, tapi di novel Sweet Melody ini juga tidak terasa kaku. Malah justru saya yang bakalan merasa aneh kalau remaja-remaja Korea ini begitu saja bicara bahasa gaul ala anak muda Jakarta! >.<

Kejutan demi kejutan dimunculkan di sini. Masalah demi masalah pun dituntaskan dengan cara yang membuat jantung kita ikut berdebar-debar, tidak begitu saja memberikan solusinya. Salut kepada penulis Baek Myo yang berhasil membuat alur cerita yang tak tertebak bahkan sampai di bagian akhir cerita! Untuk remaja yang menginginkan membaca cerita remaja yang diolah dengan matang, dan untuk teman-teman yang ingin belajar menulis alur cerita dan gaya bahasa yang apik, saya rasa seri Sweet Melody ini bisa banget dijadikan pilihan!😀

8 thoughts on “Sweet Melody 2 by Baek Myo

  1. Wah mantab kak review nya ^^
    Seandainya nanti saya ga menang di kuis #MauSweetMelody pun, saya langsung beli nih novel nya.. Hehe.
    Soalnya saya paling suka cerita yang tema-nya menyamar begini.🙂
    Sebut aja film Hanakimi semua versi saya nonton, Sungkyunkwan, Coffe Prince, You’re Beautiful, Nailshop Paris, Ma Boy, dll pokok nya yg bertema nyamar saya pasti nonton🙂
    *loh-loh-loh jadi curcol* hihi..

    Review nya bagus kak, bikin makin penasaran sm ceritanya ^^
    Ngintip dikit dong ending nya, happy ato sad?

  2. endingnyaa….. *bisik-bisik* RAHASIA… ahahhaa! Makasih komennya… *blushing* btw dari drama2 itu ada yg jd novel juga kan? Ada yg kamu rekomendasikan untuk kubaca? Sebenernya pengin jg baca novel Korea di luar Haru untuk perbandingan dan belajar.😀 Makasih yaa Florentina…

    • Sejauh ini yang saya tau ada novel nya itu Sungkyunkwan Scandal kak.. Tapi tetap aja saya lebih milih drama daripada baca novel nya, hehehe🙂

      Saya tergolong baru untuk terjun ke dunia baca *duh bahasanya*, gak terlalu banyak tau novel-novel yg bagus jg, jadi terus”an obrak-abrik blog orang buat cari resensi, termasuk blog nya kak dini ini nihh.. Hehe🙂

      Malah nanti mungkin saya lebih banyak nanya-nanya sama kak dini, secara kak dini kan uda banyak ‘ketemu’ naskah-naskah yang t-o-p-b-g-t ^^ Soalnya di sekeliling saya itu jarang ada yg suka baca novel, kebanyakan penggila drama Korea. Jd susah kalo mau minjem, hahaha🙂

      Tp untuk mengejar ketinggalan, saya ga ragu buat beli novel yang memang benar” masuk kriteria saya🙂 Walaupun akhirnya masih menunggu manis di rak buku minta di baca >_<

      Nambah lg satu alasan untuk baca Sweet Melody. Karena kak dini proofreader nya, yaayyy !😀
      Hwaitting kak !

    • numpang jawab ya😀 coffee prince juga ada novelnya hehehe lumayan bagus kok novelnya meskipun beberapa ada yang beda dari filmnya hee thx

Leave a Reply

