Bookish Top Ten 1: Sepuluh Buku Terfavorit versi Indah Meilina Rahayu

booktop10

Sepuluh buku favorit ini merupakan artikel yang akan saya sertakan dalam meme-blog tentang Bookish Top Ten yang dibuat lustandcoffee.wordpress.com. Kali ini, responden yang saya minta adalah Indah, teman yang saya kenal karena keikutsertaannya sebagai peserta kuis di blog ini, dan selanjutnya sering ngobrol di Twitter. Ini dia …

Hallo Kak Dini apa kabar? Sesuai dengan janjiku, tentang 10 Favorite Books, aku akan kasih judul-judul buku terfavorit. Bisa dikatakan ini buku yang sering aku baca, nemenin aku kalau lagi unmood, peningkat moodku, dan sudah seperti temenku. Daripada banyak bicara mari kita lihat kesepuluh buku favoritku:

1.      Above and Beyond (Surat Cinta)

Above&Beyond

Penulis             : Sandra Brown

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Tahun              : 2007

Alasan aku suka ini novel dan ditaruh nomor satu, simple. Dari segi cerita cinta yang sederhana dan romantis, bagaimana seorang pria bernama Trevor mewujudkan semua impian Kayla dan menjadi secret admirer dengan waktu yang lama hanya melalui sebuah surat. Perjuangan si Trevor untuk mengambil hati Kayla ini yang bikin aku tersentuh, jarang sekali ada sosok pria yang mau menerima wanita sepaket dengan anaknya, hanya mengenalnya melalui sebuah surat. Alur ceritanya yang tidak membosankan membuatku selalu mengulangi baca novel ini, apalagi saat membaca surat-surat romantis Kayla yang diperuntukkan untuk suaminya, Richard, saat masih hidup. Kita sebagai readers seakan membaca langsung surat tersebut. Pokoknya aku suka sampai-sampai bukunya lusuh karena sering dibaca🙂, ratenya 5 of 5 star. Memang novel ini diperuntukkan untuk pembaca dewasa, aku menyarankan pembaca di bawah usia 17 tahun jangan membaca. Daripada Kakak penasaran sinopsisnya seperti apa silakan cek link reviewnya :

http://sikutubukuocemei.blogspot.com/2012/08/above-beyond-surat-cinta-sandra-brown.html?m=1

 2.      Long Time Coming

Long Time Coming

Penulis             : Sandra Brown

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Tahun              : 2011

Sandra Brown menjadi salah satu penulis favoritku. Dari sekian banyak buku terbitannya, aku kembali memilih judul ini sebagai favoritku yang kedua. Selain tema ceritanya yang sederhana dan complicated, konfliknya yang membuat readers tersentuh dan endingnya yang selalu membuatku selalu puas setelah membacanya. Aku gambarkan secara singkat mengenai cerita ini. Marnie tokoh utama wanita di novel ini saat berusia remaja rela menghabiskan waktunya untuk mengurus anak kakaknya, karena kakaknya yang tidak peduli dengan anaknya. Kakak Marnie ini lalu tewas karena kecelakaan. Selain mengurus anak kakaknya, Marnie juga harus mengurus Ayahnya yang sakit jantung serta Ibunya yang terkena stroke karena stres ditinggal suaminya dan melihat kelakuan putri sulungnya yang buruk.

Marnie juga harus menahan perasaan cintanya terhadap seorang pria bernama Law  yang tak lain adalah Ayah dari anak Kakaknya. Kesetiaan Marnie untuk menunggu pernyataan cinta dari Law, patut diacungi jempol. Ceritanya benar-benar bagus, dari awal-akhir isinya tidak membosankan, tak terasa dalam waktu dua hari aku menyelesaikan ceritanya, biasanya semingguan kalau ceritanya bagus. Ini link reviewnya :

http://www.goodreads.com/review/show/141428303

3.  22 Indigo Place

22 Indigo Place

Penulis             : Sandra Brown

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Tahun              : 2004

The first book of Sandra Brown yang aku baca. Awalnya juga nggak sengaja, saat itu aku kelas 1 SMA iseng mencari novel dari rak buku kakak, tertarik melihat covernya terus melirik sinopsisnya. Boleh dikatakan ini novel dewasa yang aku baca, setelah ini baru Tetralogi Indiana Chronicle by Clara Ng. Oke kita skip tentang Indiana Chronicle, mari kita bahas alasan aku suka ini novel. Lagi dan lagi ceritanya yang sederhana, konfliknya yang tidak menjenuhkan membuat aku memilih novel Sandra Brown sebagai favoritku di urutan ketiga, satu poin tambahan tentang keistimewaan novel Sandra Brown adalah adegan romancenya yang membuat kita senyum-senyum plus melting dan ada beberapa bukunya yang bisa dikategorikan hot😀 tapi aku nggak memilih sebagai favorit karena ceritanya yang membosankan. Kalau buku ini masih cukup aman untuk dibaca pemula,  alurnya yang mengalir membuatku terhanyut dengan kisahnya hingga tak terasa dalam waktu kurang dari seminggu menyelesaikannya. Endingnya memang sederhana tapi ada pesan dalam kisahnya, tidak selalu adegan-adegan romantis yang ditampilkan Sandra Brown. Silakan di intip reviewnya :

http://www.goodreads.com/review/show/184131616

4.      Cheeky Romance

CheekyRomance

Penulis             : Kim Eun Jeong

Penerbit          : Haru

Tahun              : 2012

Ini buku terjemahan Korea pertama yang aku baca, awalnya lagi-lagi karena iseng mengikuti kuis yang diadakan oleh Penerbit Haru, terus dewi fortuna sedang hinggap padaku dan memenangkan novel ini. Senang udah pasti karena pertama kali memenangkan kuis di twitter, hahaha,  tapi bukan karena itu juga kenapa aku memilih Cheeky Romance di urutan ke empat sebagai 10 buku favorit. Alasannya buku ini yang membangkitkan jiwa membaca dalam diriku yang vakum selama 5 tahun. Setelah buku ini mendarat cantik di rumah aku langsung membaca dan benar saja, dugaan awalku ceritany seru, lucu dan romantis satu paket lengkaplah, bagaimana bisa seorang Dokter tiba-tiba menuduh seorang wanita yang belum pernah menikah sedang hamil, sehingga mendapat julukan sebagai Ibu Hamil Nasional. Konflik mereka yang complicated disertai bumbu humor menambah greget ceritanya. Semakin membalik halaman semakin penasaran dengan ending kisah cinta Dokter Yoon Pyo dan Ibu Hamil Nasional Yoochae. Dan memang sangat memuaskan, ini novel korea yang bagus menurutku. Selain menambah koleksi aku juga jadi terjangkit  Haru syndrome. ^^

Link Review :

http://bittersweet-m-e.blogspot.com/2013/02/review-cheeky-romance.html?m=0

 5.      Restart

restart cover

Penulis             : Nina Ardianti

Penerbit          : Gagas Media

Tahun              :2013

Berdasarkan rekomendasi dari Mas Ijul, admin fiksimetropop, aku akhirnya membeli buku ini. Setiap ke Gramedia selalu melihat dan memegang tapi akhirnya tak jadi membeli, karena sinopsis di belakang yang masih membuatku tak tertarik. Dan ternyata saat aku membaca buku ini, rasa greget, penasaran dan melting dengan karakter si Fedrian yang mirip dengan seseorang yang spesial buatku menambah rasa suka dengan novel ini, tapi tetep ya Kak, segi cerita yang tidak membosankan udah pasti jadi urutan pertama, kalau yang lain itu pelengkap. Pesan yang bagus buat para wanita yang sedang patah hati untuk cepat move on dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan itu juga yang menambah lagi poin untuk memilih buku ini sebagai 10 buku favorit. Dari beberapa buku Kak Nina aku lebih suka Restart alurnya yang enak untuk dibaca hingga membuatku melting plus kisahnya membekas di hati. Hahaha, pokoknya oke untuk direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang patah hati. Di balik awan mendung masih ada pelangi yang menghiasinya. Tak selamanya patah hati menghancurkan kehidupan kita.

Link Review :

http://www.thebookielooker.com/2012/06/book-review-restart-by-nina-ardianti.html?m=1

6.      Sweet Nothings

Sweet Nothings

Penulis             : Sefryana Khairil

Penerbit          : Gagas Media

Tahun              :2012

Novel lokal yang membangkitkan rasa haus akan bacaan setelah vakum tidak membaca, ceritanya yang menarik membuatku tertarik membawa pulang saat main ke Gramedia. Dilihat dari segi ceritanya mirip-mirp novel Harlequin tapi masih khas Indonesia dan tidak terlalu vulgar untuk adegan romancenya, Sefriyana sukses membuatku tersentuh dengan kegundahan sang tokoh wanita Saskia  yang merupakan single mother dengan dua anak putra dan putri bertemu dengan seorang pria bernama Harsa yang menjadi chef bakery and pastry di toko kue miliknya. Konfliknya yang membuat aku gemes melihat keragu-raguan Saskia untuk menjalin hubungan dengan Harsa karena kisah cintanya dengan suaminya di masa lalu untuk menyelesaikan novel ini dengan segera bukan karena nggak suka tapi karena penasaran. Akhir ceirta yang membuat aku puas memilih novel ini sebagai 10 favorit di urutan keenam. Untuk Kak Dini silakan dilihat-lihat reviewnya:

http://www.thebookielooker.com/2012/06/book-review-sweet-nothings-by-sefryana.html?m=1

7.      Andai Kau Tahu

Andai Kau Tahu

Penulis             : Dahlian

Penerbit          : Gagas Media

Tahun              : 2013

Satu lagi aku menemukan novel yang bertemakan mirip Harlequin, tentu dengan cita rasa Indonesia. Awal membeli karena hasutan dari Gagas Media untuk segera membaca karena ceritanya yang bagus. Menurutku ceritanya umum mengenai perjodohan, tapi mbak Dahlian bisa sukses mengemas ceritanya menjadi menarik dan tidak membosankan, ditambah dengan karakter dan sikap tokoh utama pria Reza yang berprofesi sebagai Dokter membuatku tersenyum-senyum dan ingin memiliki suami seperti dia. Sempat merasa iri dengan Tania si tokoh utama wanita dalam ceritanya, bagaimana tidak, menurutku dia merupakan wanita yang beruntung bisa mendapatkan suami yang menerima baik dan buruk sifatnya. Untuk endingnya tentu saja aku sangat puas, konflik cerita diselesaikan dengan baik.

Link Review:

http://www.thebookielooker.com/2013/04/book-review-andai-kau-tahu-by-dahlian.html?m=1

 8.      The Chronicle of Audy:4R

Audy4R

Penulis             : Orizuka

Penerbit          : Haru

Tahun              :2013

Tidak selamanya melihat ending cerita saat membeli buku menjadi hal utama aku memilih, kenapa? Karena aku sudah melihat ending ini di Gramedia dan berpikir kalau buku ini akan bersambung, membuatku mengurungkan niat untuk mengkoleksi. Tapi ternyata dugaanku salah, buku ini bagus banget, sangat berterima kasih dengan teman-temanku yang menghasut plus Mas Ijul, hahaha.

 Memang ceritanya itu sederhana tapi Kak Orizuka bisa mengemasnya dengan cantik dan menarik hingga kita tersentuh dengan kisah kelima tokohnya dan faktor yang tidak membosankan membuat poin utama aku memilih buku ini untuk aku jadikan koleksi. Kisah persahabatan, famliy life, dan cinta yang manis aku rekomendasikan untuk para readers untuk menjadikan buku ini sebagai koleksi karena banyak pesan yang bisa kita petik, walaupun masih ada sequelnya. Berharap buku ini cukup 2 atau 3 seri jangan terlalu banyak karena akan membuatku jenuh. Tapi bagaimana akhir dari kisah kelima tokoh ini kita serahkan kepada Kak Ori, aku yakin Kak Ori akan membuat para penggemarnya puas dengan karangannya.

Link review:

http://www.thebookilooker.com/2013/07/book-review-chronicles-of-audy-4r-by.html?m=1

9.      Goodbye Happiness

GH

Penulis             : Arini Putri

Penerbit          : Gagas Media

Tahun              : 2012

Buku yang sukses membuat aku menangis, meski memang tidak meraung-raung sih. Cerita dari kedua tokoh, Krystal dan Skandar, yang menarik membuatku untuk memilih buku ini untuk dikoleksi. Isinya tentang persahabatan yang berbuah menjadi perasaan cinta, perhatian si Skan membuat Krystal tidak bisa melepas perasaan dan mengungkapkan hatinya, walau memang menyakitkan. Tidak hanya kisahnya yang menyentuh, endingnya yang menurutku tidak tertebak karena ada beberapa dugaan awal yang membuatku mendeskripsikan bahwa buku ini tidak patut untuk aku koleksi, jujur aku paling anti baca sad ending, entah kenapa tidak suka saja. Kalau bisa bahagia kenapa tidak dijadikan happy ending walau banyak yang bilang hidup tidak semulus yang kita harapkan, tapi ini hanya sebuah fiksi jadi kenapa tidak untuk membuat kisah yang memuaskan pembaca. Oke kita balik fokus ke cerita ini, konfliknya yang complicated membuatku gemes tapi salut dengan Arini, dia bisa mengemasnya dengan cantik sehingga aku tidak bosan dan menutup buku ini dengan segera. Setelah membaca buku ini aku merekomendasikan ke sepupu dan teman-temanku. Mau tahu komentar mereka? Rata-rata puas dan sukses meneteskan air mata.

Silakan Kak Dini dicek reviewnya :

http://www.thebookielooker.com/2012/11/book-review-goodbye-happiness-by-arini.html?m=1

10.  Celebrity Wedding

CW

Penulis             : aliaZalea

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Tahun              : 2011

Buku pertama karangan aliaZalea yang aku baca, suka dengan ide ceritanya yang sudah umum tapi mbak alia menyelesaikan konfliknya dengan baik. Awal cerita aku masih tidak terbiasa dengan penggunaan kata ‘saya’ karena terbiasa dengan penggunaan kata ‘aku’ di setiap novel-novel yang aku baca, semua tertutupi dengan kisahnya yang bikin penasaran. Saat aku menulis ini memang aku belum menamatkan tapi kenapa aku sudah memilih buku ini sebagai favorit kesepuluh, faktor ceritanya, karakter tokohnya, alurnya yang enak untuk dibaca dan aku yakin memang buku ini bagus, walau banyak yang kurang suka karena ceritanya umum dan seperti sinetron tapi itu selera masing-masing readers. Aku merekomendasikan Metropop satu ini untuk bacaan di akhir pekan, cocok sebagai hiburan setelah beraktivitas lima hari full.

Link Review:

http://ertalin.blogspot.com/2012/07/celebrity-wedding-aliazalea.html?m=1

My Profile    

Inmeira                                                                         

  • Nama Lengkap : Indah Meilina Rahayu
  • TTL : Jakarta 06 Mei 1988
  • Hobby: Membaca semua buku, mendengarkan musik, menonton   drama Korea-Jepang , film apa pun yang bagus, menulis (dalam tahap belajar).
  • Akun twitter : @inmeira14
  • Goodreads: Indah Meira

Sedikit cerita tentang diriku, aku seorang wanita yang bisa dibilang humoris, itu kata teman-temanku. Penikmat teh dan kopi saat membaca di mana pun, entah kenapa kedua minuman ini dapat meningkatkan mood plus menenangkan. Musik bagian dari hidupku bukan karena aku bercita-cita ingin menjadi penyanyi tapi musik sudah seperti teman layaknya buku, jika aku sudah menggabungkan keduanya saat aku sedang badmood, otomatis aku seperti punya kehidupan lain dalam arti yang positif. Bagi book lovers sepertiku, tiap hari selalu haus akan bacaan, memang bagi orang yang tidak suka membaca dianggap aneh tapi ini selera, seperti halnya bernyanyi.

Dengan buku tidak hanya menambah ilmu, wawasan, juga bisa mendapat teman. Itulah yang aku dapatkan dari hobi membacaku. Sekian cerita tentang diriku. Terima kasih Kak Dini🙂 untuk memberikan kepercayaan padaku untuk menyumbangkan 10 buku favorit dalam meme blog.

3 thoughts on “Bookish Top Ten 1: Sepuluh Buku Terfavorit versi Indah Meilina Rahayu

Leave a Reply

