Literatourism: Berkunjung ke Perpustakaan Umum Balai Budaya Surabaya

Berawal dari ajakan Lalu Abdul Fatah, teman baru yang saya kenal dari twitter karena sama-sama mengikuti Traveling Note Competition yang diadakan oleh Diva Press, maka saya pun mendatangi tempat ini. Dimulai dari saya mengajaknya bertemu untuk kopi darat, ngobrol-ngobrol tentang traveling dan buku, karena dia sedang tinggal di Surabaya dan saya pun berencana pulang di tanggal 28 Juli 2013. Fatah – demikian panggilan akrabnya – menyarankan untuk bertemu di perpustakaan dekat Balai Pemuda. Awalnya sih pengin ketemu di kampus Unair, karena saya kangen juga dengan almamater saya itu dan dia juga masih tercatat sebagai mahasiswa di sana. Tapi hari Minggu, kampus pasti sepi, kan? Hehe, maka saya pun menyetujui usulannya. Kami janji bertemu di jam sebelas siang.

Saya ke sana bersama teman saya, Tari, kami menumpangi bemo lyn V berwarna cokelat yang berangkat dari Terminal Joyoboyo dan lewat persis di depan Balai Pemuda, dari sana kami tinggal jalan sebentar ke arah belakang untuk menjumpai perpustakaan kota ini. Kami berdua datang berbarengan dengan Fatah menaiki motornya. Begitu memasuki tempat ini, saya langsung kagum. Wah, ternyata Surabaya punya juga perpustakaan se-cozy ini. Jangan melulu membayangkan ruangan yang berisi meja kursi dan berderet-deret rak buku yang tersusun kaku. Alih-alih, setelah mengisi buku tamu dan menyimpan barang di loker, kami pun disambut dengan sofa-sofa dan karpet yang nyaman seperti ini:

perpusSby6Kami bertiga pun ngobrol ngalur ngidul, dan agak lama kemudian bergabung lagi satu teman kami, Eka, untuk turut larut dalam obrolan. Sambil ngobrol bareng temen-temen, saya sesekali melihat keadaan sekitar. Menyenangkan. Ada beberapa komputer yang dilengkapi akses internet, sofa lain di bagian dalam, juga Children Library Room. Karena masa liburan saya di Surabaya masih lama, saya berjanji akan ke sini lagi sendiri untuk memperhatikan lebih detail.

Sabtu, 03 Agustus 2013.

Tepat sesuai janji saya, saya ke sini lagi di siang hari dan berjanji untuk lebih lama dan foto-foto. Wah, saya beruntung sekali memilih hari ini. Di pintu kaca sebelum masuk saya membaca pengumuman kalau per tanggal 05 Agustus 2013 perpustakaan akan mulai libur untuk memperingati hari raya Idul Fitri. Pheeeww….

Oke, mari saya bawa temen-temen untuk ikut berkunjung juga ke salah satu perpustakaan umum di kota Surabaya ini (dua lainnya yang saya tahu ada di daerah Rungkut dan Manyar Pumpungan). Seperti yang saya bilang tadi, kalau mau naik angkutan umum, bisa naik bemo (sebutan untuk angkot di Surabaya) dengan huruf V dan warna cokelat dari terminal Joyoboyo, turun saja di Balai Pemuda Surabaya yang ini:

perpusSby1

Masuk dan jalan saja terus, melewati gedung Balai Budaya, hingga di sebelah kanan kamu akan menjumpai bangunan yang bertuliskan:

perpusSby2

Masuklah melalui pintu kaca, maka kamu akan disambut rak besar yang berisi buku-buku best seller. Mungkin, maksudnya adalah buku-buku yang laris dibaca oleh pengunjung *analisa sotoy, maaf nggak tanya ke petugasnya, hihi*.

perpusSby3

Menoleh ke kanan, adalah tempat untuk mengisi buku pengunjung. Silakan isi nama dan dari mana kalian berasal, untuk data tamu, lalu petugas akan meminta barang-barang kalian yang nggak penting dibawa ke dalam, disimpan di dalam loker dan kamu akan diberi kunci loker juga.

perpusSby4

perpusSby5

Di dekat meja buku tamu, seperti yang sudah saya ceritakan di atas ada sofa dan karpet untuk ngobrol-ngobrol dengan suasana cozy. Lalu, sedikit lebih dalam lagi kita akan menemui ruangan khusus anak-anak seperti ini:

perpusSby7

DI sebelah kiri Children Library Room, ada beberapa komputer dengan akses internet yang bisa digunakan …perpusSby8

Karena membawa netbook sendiri, saya tidak menggunakan fasilitas itu dan lebih memilih duduk di bangku lain. Eitss, kita bisa juga dapat akses wifi lho di sini. Sayangnya, koneksinya nggak selalu stabil dan bagus, hehe…

perpusSby9

Tuh bisa lihat sendiri, dari tempat saya duduk berjajar rak-rak buku dengan koleksi yang buanyaaakkk… Nanti akan saya kasi intip beberapa koleksi bukunya. Sambil duduk-duduk, maen internet dengan netbook saya sendiri dan baca-baca buku, saya melihat sekeliling. Ada beberapa remaja alias arek-arek Suroboyo yang sedang khusyuk membaca buku dengan duduk di sofa di bagian dalam:

perpusSby10Oke, karena saya suka baca fiksi, maka saya mulai dengan koleksi fiksinya, ya… Nih, ada fiksi berbahasa Inggris:

perpusSby11

Lalu, fiksi berbahasa Indonesia. Ada beberapa penerbit yang sempat saya tengok bukunya nongkrong di sana, misalnya Gradien, Grasindo, Bukune, Penerbit Haru …

perpusSby12

Oke, yang suka baca komik, nggak usah ragu-ragu, kalian bisa ke sini juga karena mereka punya koleksinya:

perpusSby13

Dan masih banyaaak koleksinya, aku masih ada beberapa foto lagi sih, tapi bakalan panjaaangg banget ini postingannya. Hehhee. Ada buku pelajaran, komputer, juga buku Ilmu Politik…

perpusSby14

Pokoknya… tempatnya menyenangkan banget! Nggak cuma buat baca menurutku, buat yang butuh tempat untuk nulis, di sini juga pas dan nyaman. Oh ya, perpustakaan ini melayani pinjam-meminjam buku tentunya, tapi khusus pemegang KTP Surabaya, ya. Silakan datang ke Front Office untuk tanya-tanya infonya. Ini nih gambar front office sekaligus keterangan jam operasionalnya…

perpusSby15

perpusSby16

Yakh, sekian reportaseku ke Perpustakaan Umum Balai Budaya Surabaya, semoga temen-temen yang baca tertarik datang ke tempat ini… terutama untuk arek-arek Suroboyo, ayo tingkatkan budaya membaca untuk memperkaya pengetahuan kita!🙂

Oh ya, artikel ini terinspirasi juga artikel dari Ren, salah satu member Blog Buku Indonesia yang mengajak temen-temen untuk saling share tempat-tempat menarik berkaitan dengan buku, silakan baca di sini:

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/07/literatourism-wisata-ala-kutu-buku.html

Dan kalau temen-temen punya cerita sendiri tentang tempat unik berkaitan dengan buku , silakan ceritakan juga dan lampirkan link-nya di komentar postingan tersebut.🙂

12 thoughts on “Literatourism: Berkunjung ke Perpustakaan Umum Balai Budaya Surabaya

  1. wah jadi pingin mampir kesana
    Saya pernah ke perpus yang di Manyar Pumpungan. Itupun ngga terlalu merhatiin sekitar soalnya kesana buat ngerjain tugas pas jaman maba. hihihi.
    Sedih tapi nggabisa pinjem soalnya ktpku bukan surabaya ._.

  2. Lho, pas ke Surabaya aku sempat istirahat di dekat Gedung Balai Pemuda itu. Tapi kok gak lihat perpusnya ya, sayang sekali😦

  3. saya suka tulisan ini..
    informasi yang diberikan oleh penulis lengkap sekali..🙂

    nama saya Novita – Petugas perpustakaan Umum Kota Surabaya bertugas di Rungkut di depan sma 17 surabaya🙂

  4. Pingback: Daftar Tempat Wisata Buku | Blog Buku Indonesia

Leave a Reply

