Sweet Melody (vol. 1) by Baek Myo

SweetMelody1Judul: Sweet Melody (vol. 1)

Penulis: Baek Myo

Penerbit: Haru

Genre: Novel Korea terjemahan, Drama, Remaja, Romance

Tebal: 336 Halaman

Terbit: Juli 2013

Harga: Rp 57.000

Aku… aku harus berlari! Aku harus sembunyi!! Mereka tak boleh menemukanku, bisa gawat! Aduh, di mana aku harus menyelamatkan diri?? Ah, gereja! Ya, di sana!!Orang-orang di dalam gereja pasti tak akan tega berbuat jahat kepadaku, kan??

Hwan kabur dari rumah. Dan sebelum ia benar-benar sadar apa yang menjadi tujuannya pergi dari keluarganya, gangguan lain telah menyerangnya. Ia dikejar-kejar oleh gerombolan penjahat. Dan dengan sembarangan Hwan pun berlari masuk ke dalam sebuah gereja. Niat awalnya untuk bersembunyi malah mempertemukannya dengan empat pria remaja yang masing-masing sedang memegang alat musik. Hwan sudah sepatutnya berterimakasih pada mereka yang membantunya menyelamatkan diri. Tapi, tidak, sinar mata mereka mengharapkan Hwan berbuat lebih dari sekadar mengucap terima kasih. Mereka ingin Hwan bergabung bersama mereka, sebagai anggota band pria yang bersemangat. Band? Pria? Tapi… aku kan, perempuan!!

Novel Sweet Melody adalah novel bergenre drama remaja. Mungkin, saya tidak akan terlalu menyukai novel ini karena sudah lewat jauh dari umur saya, haha. Tapi, ternyata saya salah. Membaca novel ini membuat saya ikut bersemangat dalam keceriaan masa remaja, juga larut dalam masalah-masalah keluarga yang kerap membayangi para remaja. Oh, tentu saja jangan lupakan juga problema romantikanya. Hihi, saya jadi gemas sendiri dengan tingkah laku anak-anak remaja ini saat mulai menyukai teman dekatnya tapi tidak berani menyatakan. Lihat saja tingkah Chang Ryong yang menyukai Hwan tapi malah bertingkah sangat aneh karena tidak bisa berterus terang.

Masa remaja juga identik dengan masa pencarian jati diri dan cita-cita. Di sini, Baek Myo juga dengan apik menyajikan dilema yang dihadapi anak-anak Sweet Melody ketika keinginannya akan masa depan terbentur oleh harapan keluarga yang dibebankan pada mereka. Perasaan senasib juga membuat persahabatan di antara mereka berlima makin menguat. Lalu, kehadiran Hyeon Ju yang sebenarnya adalah seorang pianis remaja terkenal, menjadi sosok biasa-biasa saja yang membangun dari nol lagi karier bermusiknya bersama Sweet Melody, membuat kita paham tentang isi hati seorang public figure remaja yang tulus hatinya.

Sudah lama sekali saya tidak membaca novel remaja yang membuat saya tercengang dan ikut deg-degan sampai akhir cerita. Dan cerita Sweet Melody ini juga kembali mengingatkan kepada saya arti penting semangat hidup untuk meraih cita-cita, di usia saya yang sudah dewasa ini.🙂

Note: Sweet Melody ini adalah novel bersambung, dengan 2 jilid.. Jilid kedua kata penerbitnya sih rilis setelah lebaran.🙂

54 thoughts on “Sweet Melody (vol. 1) by Baek Myo

  1. jatuh cinta sama covernya ^^…..meskinggak pernah ngecewain isi buku-buku penerbit haru,tapi mahaaal jadi harus sabar nabung hihi…kapan ya penerbit haru kasih diskon gede buat buku-bukunya. ngarep pake banget!

  2. Kayaknya bakal jadi next book yg harus aku beli nih, tpi nabung dulu berhubung bbrapa minggu yg lalu uangnya udh di pake buat novel lain😀

  3. Aku ngga terlalu hafal nama2 artis korea. Berdasarkan drama2 yg sdh aku tonton sih sepertinya Sulli cocok jadi Hwan (berkat aktingnya di To the Beautiful You), tapi aku juga keinget sama Lee Yo-won yg menurutku wajahnya ngga cocok jadi cewek. Dia cocok banget pake baju cowok di Queen Seondeok. Jadi…umm…Sulli aja deh😀

    Apa Chang Ryong ada di band itu? Kalo iya, aku lebih suka Kim Soo-hyun yang meranin🙂 Emang sih dia sudah ngga remaja lagi, tapi kan baby face😉 dia juga punya pengalaman main musik di Dream High. Akting jadi cowok charming juga pernah di The Moon Embraces the Sun.

    Sooo…sekian pendapatku😉 Maaf, ngga terlalu luas pengetahuannya ttg artis korea.
    Ratri Anugrah @imawesomenerd

  4. Hai Kak Dini sesuai janjiku aku ikut ini kuis ya
    Pemeran Hwan yang menurutku pas sebenarnya ada 2 tapi nggak mungkin kan harus di pilih slh 1 kandidat kuatnya : Sulli member f(x) pernah bermain di drama korea To The Beautiful di drama tsb dia berperan sbg cewe yg menyamar sbg murid cowo di sekolah khusus cowo. Kandidat ke duanya Park Shinye dia pernah bermain di drama You’re beautiful dan hearts string bersama Yonghwa CNBLUE. Tapi setelah aku renungkan aku memilih Sulli member f(x) karena aku ingin Yonghwa beradu akting dengan karakter yg berbeda dari Park Shinye intinya pingin liat akting keduanya yg belum dipasangkan.
    Pemeran Chan Ryong aku memilih Yonghwa CNBLUE selain dia charming juga bisa main alat musik suaranya pun nggak mengecewakan. Cocok deh kriterianya.

    Itu saja pendapatku,maaf ya kak kayak curhat -__-. Semoga dirimu tertarik dengan pilihan ku
    Thanks🙂
    Indah Meilina Rahayu
    @inmeira14

  5. Sejak pertama kali baca review Sweet Melody ini langsung ke inget sama K-Drama ‘You are Beatiful’ yang di peranin sama Park Shin Hye dan Jang Geun Seuk😀 Go Mi Nam yang menyamar jadi cowok dan masuk ke dalam sebuah band ternama A.N.J.E.L.L untuk menggantikan saudara kembarnya yang sakit, Dan menurutku kalau Park Shin Hye meranin Hwan pasti bakalan cocok banget, karena Park Shin Hye berhasil banget, bagus banget dan cocok banget meranin peran Go Mi Nam yang jd cowok. Kalau kita gak tau kalau sebenernya film itu bercerita tentang cewek yang nyamar jadi cowok, pasti semua orang gak bakal nyadar kalau dia itu sebenernya ‘cewek’ hehehehe😀

    dan untuk Chang Ryong si cowok charming dan bisa juga salah tingkah, Aku lebih ngelihat artis korea remaja yang cocok untuk meranin si Chang Ryong ini adalah Lee Seung Gi. Menurutku dia adalah orang yang cocok banget meranin Chang Ryong, karena kata ini nih —>”Lihat saja tingkah Chang Ryong yang menyukai Hwan tapi malah bertingkah sangat aneh karena tidak bisa berterus terang.” Langsung ngingetin Aku sama tingkah lakunya Lee Seung Gi yang gak bisa ngungkapin perasaannya karena ‘gengsi’ di film ‘The King Two Hearts’. Lee Seung Gi yang berperan sebagai Lee Jae Ha saat film itu menurut aku lucu banget dan konyol tingkahnya karena cemburu sama Kim Hang Ah yang bisa bersikap manis sama pengawalnya tapi bersikap galak sama dia. Hahaha dan juga tingkahnya Lee Seung Gi yang berperan sebagai makhluk mitos setengah manusia di drama ‘Famliy Gu Book’ bagi pecinta film korea, dua film ini ‘King Two Hearts sama Family Gu Book harus banget ditonton!😀😀😀 thanks :3

    Sekar Ayu Kartika Sari
    @Sekarayuree

  6. Aku pilih Eunji dari Apink buat jadi Hwan dia cantik tapi bukan cantik yg wow ala GB korea gitu tapi cantik tomboy plus makeup nya ga tebel pas banget kan. Tinggal potong rambut panjangnya pas banget buat jadi Hwan. Trus buat Chang Ryong aku pilih Seo In Guk. Pas banget Seo In Guk bisa jadi cowok Charming yang cuek dan jutek atau salah tingkah sama cewek yang dia suka. Plus karena ceritanya ada sebut2 band pas banget ni dua orang yg sama2 penyanyi hehehe jadi siap2 nanti bakal ada Ost yg ciamik hehehe gambarnya aku twitpic yaaa berhubung ga ngerti cr masukin gambar disini. Check out @aikawd’s Tweet: https://twitter.com/aikawd/status/370439007382933505 .
    Thank you ya Din semoga aja kali ini aku beruntung hehehe
    ikawidhy
    @aikawd

  7. Yang cocok untuk meranin Chang Ryong adalah Rain (meskipun rain udah nggak remaja ya) tapi aktingnya di full house itu bener-bener keren dan aku suka banget sama tingkahnya yang malu-malu tapi mau xD
    Buat Hwan, ya jelas Park Sin Hye (Go mi nam di you’re beautiful) selain dia kyknya nggak ada, soalnya sejauh ini cuma dia yang terbayang-bayang.

    Penjelasan aku nggak banyak (aku bukan drama korea lovers, tapi aku novel lovers), dan nggak tau banyak tentang nama asli artis-artis korea ._.v

    Dayu Ledys
    @dayuledys

  8. Hehe. Ikutan aaaah. Aku belom pernah baca bukunya Penerbit Haru, jadi mau coba2 dulu pake ikutan GA ini.

    Kalo menurut aku, yang paling pas memerankan Hwan adalah artis cewe bernama Shim Eun Kyung of the movie Sunny. Bingung yang mana orangnya? Ini nih.

    Kenapa dia? Well, kamu pasti familier sama Park Shin Hye dari drama You’re Beautiful. I like her, really, tapi aku sulit percaya cewe secantik itu bisa lolos begitu saja pura2 jadi cowo. Selain itu, ada f(x)’s Sulli yang main di Hanakimi versi Korea, To The Beautiful You. She’s also really, really pretty.

    Well, I’m not saying Shim Eun Kyung isn’t a beautiful actress. She’s also really cute. Tapi lebih dari itu, dia adalah pemain film/drama yang oke. Umurnya baru 19, tapi dia sudah main di lebih dari 10 judul film dan bahkan lebih banyak lagi drama/serialTV. Dia pernah main jadi cewe tomboy, dan… trust me, she rocks the tomboy looks and mannerisms.

    Chang Ryong bisa dimainkan sama Yoo Seung Ho. Okay. Age gap 1 tahun. Tapi setelah pulang dari wajib militer, udah dipastikan kerennya Yoo Seung Ho bisa mengatasi gap itu. They say once out of army duty every boy turns into a man kan? Pengalaman Yoo Seung Ho sudah ga perlu dipertanyakan lagi. Daftar film dan serial yang dibintanginya juga hampir sepanjang si mbak. Charming guy? Check. Salting? Well, this boy can do the shy bit no shy of great (pardon the pun). Coba saja tonton 4th Period Mystery.

    Aku pengen nonton dua artis muda ini dalam satu layar. For now, cukup dalam imajinasi aja dulu.
    Yuniar Widiastuti
    @LuciferInChaos

  9. okay selesai baca resensi nya langsung keinget drama korea he’s beautiful.. atau drama korea to the beautiful you🙂 , tapi entah kenapa menurutku yang paling cocok meranin hwan di novel ini tuh hyo young-member girlband 5dolls .dia pernah main di drama korea school 2013. di drama itu dia berperan jadi murid cewek yang ‘lumayan’ tomboy dan berani. jadi aku pilih hyo young ini sebagai hwan🙂
    untuk Chang Ryong-cowok yang charming tapi suka salah tingkah aku ada dua kandidat, yang pertama lee jong suk aktor Korea yang sekarang lagi naik daun ,yang akting nya keren, yang cakep (apadeh -_-) , dia juga main di drama school 2013 dan i hear your voice (barangkali minat nonton kak .. hehe ^^v ) .kandidat yang kedua Guitarist FT Island- Choi jong hoon. dan maafin aku kak, aku ngga bisa millih diantara mereka😦 keduanya sama-sama cocok buat jadi Chang Ryong :3

    itu aja pendapatku kak.. semoga berkenan😀
    thanks untuk kesempatan giveaway nya.. GBU~🙂
    *bow*

    Luthfia Suci U.
    @Luthfia1004

  10. *memasuki blog resensi Kak Dini dengan sejuta senyuman terorisme* hehe ;D
    Setelah merenung, menimbang, memutuskan sampai putus (?) akhirnya aku memilih Suzy MissA yang sepertinya cocok buat meranin tokoh Hwan. Seperti clue yg kak Dini kasi tau, kalau Hwan itu cewek tomboy, sesuai tu sama peran Suzy di drama Gu Family Book, disitu ceritanya Suzy seorang gadis tomboy, pakaian yg dia kenakan pun setiap harinya sm kaya pakaian laki2, dia pintar memanah dan yg jelas jago banget maen pedang, sampai2 si Kang Chi yg lagi meluk dia gak nyadar kalau dia itu cewek, malahan dia manggil si Suzy ini dgn sebutan tuan muda ;D Jadi disitulah aku rasa kalo Suzy pas bgt meranin tokoh Hwan, walaupun aslinya si Suzy ini adalah cewek yg girly bgt, tp dia ini jago nyanyi juga *samalagikan* hehehe.
    Nah, kalau yang cocok meranin tokoh Chang Ryong menurut aku adalah Kim Bum, karena Kim Bum itu cowok yang cute bgt dan tentunya punya wajah yg charming, sm kan kaya Chang Ryong😉 Dinovel ini ceritanya Chang Ryong malu-malu gitu nunjuiin kalau dia itu suka sama Hwan, Kim Bum juga pastinya dpt bgt meranin tokoh ini, seperti di drama Boys Before Flowers, ceritanya si Kim Bum ini jd cowok yg cool gitu, dia gak pernah prcaya sm yg dblg Chu Gaeul kalau yg namaya belahan jiwa (soulmate) itu benaran ada, tp sebenarnya diam2 dia malah suka sm Chu Gaeul hihihihi.
    Jadi, Hwan dan Chang Ryong versi aku adalah Suzy MissA dan Kim Bum😉
    Oh, ya sebelum udahan aku pingin nyampein unek2 aku tentang resensi kak Dini diatas. Tiap kali kak Dini postingin link resensi baru di blog kakak pasti aku sllu baca. Aku suka aja gitu dgn cara kakak meresensikan sebuah novel, berterus terang, kalau memang suka bilang suka, kalau kurang puas bilangnya kurang puas juga. Terus aku jg prnh baca link resensi yg kakak prnh share dtwitt, resensi yg seperti bukan resensi, malah bisa dikatakan seperti mengulang bbrpa adegan ddlm novel (?) setelah baca, aku setuju jg, krn yg namanya resensi itukan menilai sebuah karya, jujur dgn apa yg telah kita baca.
    Dan untuk resensi novel Sweet melody ini aku kembali ikut merasakan kalau novel ini mmg pas buat semua kalangan, jd semakin buat aku penasaran.
    Udah segitu aja, maaf ya kak kalau terlalu panjang dan jd curhat hehe.
    Terima kasih..
    Rulia @Lia_nded19

  11. Blognya kak dini ini slalu jd bhan ‘singgahan’ ku. Aku suka banget bhasa resensi kak dini gak kaku dan enjoy banget~!!

    Klo dr aku. Aku setujunya yg jadi Hwan itu si Park Shin Hye. Alasannya? Krna, Park Shin Hye itu ccok bgt kl peran pria kyk di drama ‘He’s Beautiful’ jd tercipta kesan ‘pretty boy’ dy slh stu aktris fave ku klo mslah pran lwan jenis (cewek nyamar cowok)

    Nah, Klo si Chang Ryong aku pilih Song Jong Ki. Klo disini aku gak pnya alsan psti. Tp aku prnah nnton drakor yg adegan Jong Ki oppa jd cowok rada mirip karakternya (menurut ku) ama si Chang Ryong ini. Alhasil, aku gemeesss ama Jong Ki oppa. Ekspresinya itu bner2 cute bgt! Dan ccok mnurut ku. Gk terlepas dr pmilihan segi aktris. Karena, Jong Ki oppa ini aktor fave ku =D

    Twitter : @childishae

  12. Asyik Kak Dini lagi bagi-bagi Sweet Melody nih, senangnya😀
    Oke, menurutku yang pantas jadi Hwan itu Gain dari Girlband Brown eyed girl, dia itu punya wajah yang maskulin. Kalau rambutnya dipotong pendek pasti ngiranya dia cowok. Silakan bisa googling. Istimewanya dia belum pernah main drama menjadi peran cowok. Bisa jadi sensasi baru kalau dia yang main, Kak. Kalau untuk pemeran Chang Ryong aku pilih Lee min ho. Bagi pecinta drama korea mereka pasti nggak asing sama namanya, mereka pasti setuju kalau dia itu charming banget. Terima kasih🙂

    Julia Primadani
    @Juliaaprima

  13. Yay! Giveaway lagi xD

    Menurutku yang pantas jadi Hwan itu: Sulli f(x)! Perannya di To The Beautiful You cukup meyakinkan untuk berperan sebagai cewek tomboy (atau cowok cantik)😀 apalagi doi kan anak girlband kak, jadi suaranya udah pasti kece.

    Untuk peran Chang Ryong, kandidat jagoan saya: Jang Geun Suk. Tidak diragukan lagi Geun Suk hyung ini emang punya ke-charming-an yang luar biasa (sampe punya julukan Asia’s Prince). Apalagi kalo dia udah nyanyi. Geun Suk juga kebanyakan peran-perannya kaku dan sering salah tingkah (ex: di Love Rain dan You’re Beautiful).

    Untuk komentar review-nya: singkat saja, review-review kak Dinoy tidak jarang makin bikin penasaran baca bukunya, dan sering bikin khilaf -___-

    Ariansyah (@ariansyahABO)

  14. Errr agak bingung ih nentuin siapa2 yang meranin Hwang dan Chang Ryong. -,- Tapi teteuuup, aku pengin usaha dulu (demi giveaway) huehehe.

    Menurutku, Park Shin Hye cocok meranin Hwan. Mungkin efek drama You’re Beautiful ya makanya aku nentuin Shin Hye cocok jadi seorang Hwan yang tomboy. Shin Hye ini manis banget, tapi kalau didandanin jadi cewek tomboy dengan rambut super pendek, aku rasa dia bakalan keren banget.

    Untuk Chang Ryong, errr.. siapa yak. Cowok charming? Kim Sang Beom kali yak. Tapi Kim Beom ini nggak cocok bersanding sama Shin Hye. Jadi yang meranin Chang Ryong kayaknya Kim Soo Hyun aja deh.🙂

  15. resensinya bagus ka,cuma kurang greget! hehe *just comment*
    menurutku,Amber f(x) sangat cocok menjadi Hwan,karena rambutnya yg selalu pendek dan juga tomboy.
    Untuk Chang Ryong,aku milih Kim Hyun Joong,dia lelaki yg berwajah baik,karismatik dan multitalent.Dan aku juga suka actingnya saat didrama BFF.
    terima kasih.
    rizki oktavia
    @rizKorea

  16. mau ikutan ah..
    menurutku yang cocok meranin Hwan adalah yoo eun hye, soalnya dia cocok banget meranin tokoh yang ceria (princees hours, lie to me), apalagi dia pernah akting nyamar jadi cowok di coffe prince tapi masalahnya eun hye nggak remaja lagi, jadi siapa dong? *mikir* sulli f(x) bisa diadikan pilihan, sulli pernah main di to the beautiful you, aktingnya oke dan karakternya kayak nya cocok deh meranin hwan (merujuk ke reality show yang pernah sulli ikuti “Running Man”)

    untuk Chang Ryong siapa ya? karena banyak banget aktor2 korea yang bisa dijadikan pilihan #eaaakkkk, dan karena sulli yang meranin hwan kayaknya song jong kii bisa deh, walaupun jong kii nggak remaja lagi tapi wajahnya baby face dan aktingnya yang pasti oke (tapi, kayaknya nggak bisa deng soalnya dia bakalan wamil) jadi…. pilihan ku jatuh sama lee jong suk, umurnya yang masi muda (masi bisa ditolerir dan masi cocok meranin remaja) wajahnya yang oke (banget) plus aktingnya yang luar biasa bagus (korban i hear your voice nih gue *di school 2013 jong suk juga oke) kayaknya sulli dan jong suk cocok deh dijadikan couple. hihihihi..

    maaf ya.. koment nya kepanjangan namanya juga usaha.. kkekekekeke (@liezniez_cut)

  17. Hwan : yoon eun hye. dia kan udah terkenal bgt dgn aktingnya d coffee prince.
    chang ryong : kim bum. dia itu kadang bisa imut kadang bisa charming

    @Litaa_FAN

  18. Hwan : Amber f(x) –”
    Chang Ryong: Yonghwa CNBLUE
    Alasan, Amber kan tomboi, pas banget sama karakter Hwan. Walaupun Amber tomboinya keterlaluan dan akut banget. Tapi aku yakin deh, dia itu punya sisi ke-cewek’an buktinya Yonghwa bisa suka sama dia –“. Kalo Yonghwa, dia itu charming, ganteng, tampan. Bisa jadi dia suka salah tingkah. Gak tau deh kalo beneran ada KDrama-nya dan pemerannya mereka (?)

    Tia @tia_meliyanti
    Review-nya keren kak😀 , jadi pengen baca novelnya ^_^

  19. Ikutan Ya, Mbak!
    Karena Sweet Melody berhubungan dengan music, aku memilih pemeran yang punya suara emas, dan untuk pemeran cowoknya harus bisa alat musik.
    So, buat jadi pemeran cowok aku pilih Henry Lau. Dia ini tergabung dalam Super Junior-M, namun sekarang dengar-dengar lebih sering Soloist. Dan, ini anak fasih benar mainin gitar, piano, bahkan dia master dalam biola. Suaranya nggak usah di tanya, gila keren banget. Pokoknya, dia ini pas banget jadi Chang Ryong. Apalagi wajah agak lugu imut-imutnya itu cocok banget kalo disuruh akting salting, pasti gemesin banget.
    Buat jadi Hwan kayaknya IU aja gimana? Kalo lihat covernya Sweet Melody, IU cocok juga. Dia akan jadi cewek tomboy dengan wajah babyface dan tubuh mungilnya dia bakalan jadi Hwang yang imut. Di segi suara, dia nggak akan mengecewakan. Yah, walaupun dia belum pernah berperan sebagai tomboy, aku yakin dia bisa.
    Untuk reviewnya, bikin aku agak-agak penasaran juga. Pingin tahu, apakah novel ini agak-agak mirip Dream High atau nggak.
    Dian @DeeLaluna

  20. Paling demen deh kalau giveaway yang disuruh berkhayal bikin pemeran2nya menurut artis/aktor😀
    Dikarenakan harus artis remaja buat pemeran ini, aku pilih Suzy Miss A untuk pemeran Hwan. Menurutku Suzy cocok buat peranin Hwan gadis tomboi apalagi badannya Suzy ini kan bongsor buat ukuran anak seusia dia terus pemegang sabuk hitam jg. Setelah lihat akting dia di Gu Family Book semakin yakin Suzy cocok buat pemeran Hwan.
    Sebelumnya untuk pemeran Hwan yang terlintas dipikran bukan Suzy sebenarnya, tapi malah Han Hyo Joo atau Narsha BEG tapi dikarenakan usia sudah tidak remaja lagi, maka terpaksa dicoret dari list,
    Huahaha maap ya teteh2 cantik semua😄

    Naaah untuk pemeran Chang Ryong ini yang bikin aku bingung, mau pakai cast siapa.
    Mau keluarin stok mas pacar, mantan, tunangan, atau selingkuhan buat pemeran Chang Ryong ini? lolololol :p
    Setelah diseleksi ada dua kandidat Seo In Guk dan Lee Jong Suk..
    aku sungguh dilema pilih yang mana diantara kalian berdua…
    Kesengsem lihat akting Seo In Guk di Reply 1997 dan terpesona mimisan dengan akting Lee Jong Suk di I Hear You Voice,
    namun setelah diundi dan dikocok-kocok akhirnya terpilih Lee Jong Suk sebagai pemeran Chang Ryong yang mempunyai karakter charming waktu lihat di drama ihyv…

    -Intan-
    @_tantintun

  21. Nama : Cecilia Amanda
    Akun twitter : @qingqingfu
    Share twitter : https://twitter.com/qingqingfu/status/371214544594432000

    Karena bukunya tentang musik, maka saya rasa yang cocok memerankannya adalah penyanyi, baik itu solois maupun anggota girlband atau boyband. Sebagai Hwan, saya rasa Sooyoung SNSD cocok, mengingat tingginya yang diatas rata-rata wanita pada umumnya. Wajahnya juga cantik eksotis. Bukan cantik imut, yang terlalu feminim.
    Sedang, untuk Chang Ryong cocok diperankan oleh Kim Soo-Hyun. Sebab aktingnya di film The Moon that Embraces the Sun, amat sesuai dengan kriteria Chang Ryong. Cool dan charming, namun saat bertemu dengan Heo Yeon-woo (Han Ga-In) dia menjadi salah tingkah dan tersipu.

  22. [Aku ulangi jawabannya ya, Kak. Ada kesalahan penulisan nama tokoh]

    Ngebaca ini, aku jadi inget cerita Amber f(x) yang sering disangka cowok pas masa sekolah (kayanya sampai sekarang juga). Jadi, menurutku yang cocok memerankan Hwan itu Amber f(x), pasti dia akan lebih menjiawi peran ini, secara dia punya problem yang hampir sama seperti Hwan.

    Untuk pemeran Chang Ryong, yang charming. Aku rasa Lee Min Ho (pemeran Yang Myung di drama The Moon That Embraces The Sun, bukan Lee Min Ho BBF) cocok dengan peran ini. Dia charming, juga punya wajah yang pas dan cocok untuk bersikap aneh-aneh dan malu saat mulai menyukai Hwan.

    Amber dan Lee Min Ho, akan terlihat cute jika dipasangkan untuk memerankan Hwan dan Chang Ryong.

    Resensi novelmu bisa aku jadikan referensi untuk tugas resensi novelku lho, Kak. ^^-
    Aku baru gabung di-blogmu. Setelah ini, aku akan menjelajahi blogmu.^^-
    Kakak juga penulis kan? Wah, semoga ada cerpen/tulisan kakak yang lainnya. Aku pengen baca.

    Novitasari @vitamo407

  23. Ikut berpastipasi🙂 Menurutku yg cocok dg karakter Hwan adalah Amber F(X) .meskipun saya bukan fans dr Amber,tapi teman saya sgt suka dengannya. maka saya akan bilang bahwa amber cocok sekali dg Clue dr kaka di blog sebelumnya🙂 dari resensi saja sudah membuat penasaran apa yg akn terjadi kemudian?🙂 Kalau yg cocok jd peran Chong Ryong itu Kang Min Hyuk ( CN BLUE) krna dia jg cocok dan pas dg clue bahwa dia seorang yg charming dan suka salah tingkah ~ ah , pasti semua tau kalo di drama HEART STRING dia jg berperan sperti itu😀 suatu saat aku ingin jd sperti kaka🙂 walaupun kosa kata yg ku pahami masi di bilang awam, tp aku terus mencoba agar bs jd penulis sperti kaka. Aja aja Hwaiting!
    Sukses terus ya kak !
    Rhara . @RhaSilkyWang

  24. Menurut saya yang cocok memerankan sosok Hwan adalah Amber f (x), meski sulli sesama member yang tergabung dalam girl group yang sama pernah sukses membawakan peran cewek yang menyamar sebagi cowok, tapi di mata saya Sulli masih terlalu cantik. Sementara Amber jelas sekali orang sering salah mengira dia cowok, bahkan Company yang menaunginya Yaitu SM Entertaiment selalu mendandaninya layaknya seorang pria karena sifat tomboynya itu, Amber bahkan pernah menangis saking seringnya dia di kira cowok.
    Sedangkan untuk sosok Chang ryong, saya membayangkan sosok Sehun dari boy band EXO. Karena sifatnya yang pemalu dan sedikit jahil akan sangat cocok untuk memerankan Chan ryong yang selalu salah tingkah di depan Hwan.
    Biar Kak Dini nggak penasaran dengan orang-orang yang dimaksud, saya sudah mengedit gambar kedua orang tersebut selayaknya promo poster sebuah film hehe…karena tidak tahu bagaimana memasukkan gambar dalam comment, jadi monggo di klik tautan ini https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10200593052137289&set=a.2883270089379.2121635.1488927807&type=1&theater.

    Terima kasih

    Dessy

    @Dessydesma1

    • Sepertinya sekarang WP.com cuma membolehkan admin blog memasukkan gambar dalam comment. Soalnya aku pakai html code gitu juga ga keluar. Dan dulu ada 1 komen orang di blogku bisa masukin gambar; sekarang udah ilang gambarnya.😦

  25. Akhirnya saya memantapkan hati untuk ikutan GA ini ^^
    Setelah bongkar-bongkar DVD di rak tv buat referensi jawaban, hampir aja saya mau jawab yang cocok untuk memerankan Hwan adalah Park Shin Hye (Heartstring, You’re Beautiful), dan Chang Ryong nya adalah Lee Seung Ki (Brilliant Legacy, The King Two Heart).

    Tapi ~
    Saya berubah pikiran setelah mendengar lagu Electric Shock-nya F(x) dan Sexy, Free & Single-nya SUJU pas di kamar mandi *saya suka bw Hp ke wc pas mandi*wink* :))

    Dan menurut saya yang cocok untuk memerankan Hwan adalah Amber F(x). Alasannya?
    Si Amber tuh asli bener-bener mirip banget kayak cowo. Bagi yang gak tau girlband F(x) bisa mengira kalau Amber ini cowo sejati. Suer gak ada feminimnya sama sekali..

    Sedangkan yang menurut saya cocok jadi Chang Ryong adalah Dong Hae-nya SUJU. Kebayang banget muka nya Dong Hae yang cuek-cuek bebek, malu-malu kucing, tapi sebenar nya perhatian. Nah, kalau To The Beautiful You punya Sulli F(x) dan Min Ho Shinee, apa jadi nya kalau Sweet Melody punya Amber F(x) dan Dong Hae SUJU?
    Apalagi kalau di jadiin K-Drama.. Saya salah satu yang akan setia menunggu drama nya. Dan juga gak ketinggalan Ost-nya itu loh! SM group pasti campur tangan dalam pembuatan Ost nya *kyaaaaaa*hebohsendiri*

    Oke sekian jawaban dari saya, sorry yah kalau agak *ehm* lumayan kepanjangan..
    Thanks

    Florentina Agatha Lya Salim
    @lyasalim

  26. annyeong..berhubung udh beberapa kali ikutan GA di blog ini tapi gk menang2😀 ,jadi aku putusin untuk ikutan. apalagi setelah baca pertanyaannya, jadi semakin tertarik.hehe
    karena novel ini bercerita tentang remaja, aku gak bisa memaksakan diri untuk milih Park Yoochun sbg pemeran utamanya walaupun aku sangat suka sama akting dan orangnya😀 jelas dia bukan remaja lagi.
    karena itu, aku pilih Jung Eun Ji (anggota girlband A Pink) sebagai Hwan dan Seo In Guk sebagai Chang Ryong. karena aku suka banget chemistry mereka di Reply 1997 *kak dini bisa nonton dramanya dulu, kalau belum nonton.hehe* di drama itu tokoh yg diperankan Eun Ji jg bukan cewek manis, cenderung tomboy walaupun gak tomboy banget tp aku yakin dia bisa meranin tokoh Hwan dengan baik. begitu jg dengan Seo In Guk, tokoh yg dia perankan di Reply 1997 jg sbg cowok charming tp selalu tunduk sama Eun Ji😀 aku jg yakin dia bisa meranin Chang Ryong. dan yg bikin aku yakin dengan pilihanku adalah, mereka sama2 bisa nyanyi dan suaranya oke ^^

    cukup sekian dari saya.hehe..

    anna- @mickyoona

  27. Akhirnya kaka adain Giveaway ini, GA yg udah aku tunggu sebelum lebaran… hehe
    Karena sudah ditunggu-tunggu, So, aku harus ikutan yang ini🙂

    Menurutku artis Korea yang pantas memerankan tokoh “Hwan” adalah….. PARK MIN YOUNG. Kenapa dia? Pertama, aku liat akting dia di film Sungkyunkwan Scandal sebagai Kim Yoon Hee.Disana ia berperan sebagai murid di salah satu Universitas Sungkyunkwan yg nyamar jadi cowok, meski berperan tomboy wajah feminimnya berpadu dengan keharusan aktingnya yang maskulin. Lalu, di film City Hunter sebagai Kim Na Na. Meski disitu ia nggak disuruh berperan tomboy, tapi cara berpakaiannya yang simple kaya pakaian cowok bikin aktingnya justru terlihat maskulin.

    Nah, untuk artis Korea yang pantas memerankan tokoh “Chang Ryong” adalah….. CHOI JHIN HYUK. Kenapa dia? Pertama kali aku liat aktingnya dalam serial drama Korea Panda and Hedgehoh, disana ia berperan sebagai sosok Choi Won Il yang sangat terlihat maskulin serta gentle, namun saat berhadapan dengan wanita yang ia suka, ia justru jadi salah tingkah dan gugup. Lalu juga pada film Gu Family Book yang berperan sebagai ayahnya Kang Chi, disana ia berperan sangat gentle karena ia terlibat adegan fight dengan lawan mainnya. Jujur aku suka banget aktingnya di Panda and Hedgehog. Senyumnya sangat menawan….hehe

    Dan menurut aku mereka berdua pasangan yang cocok jika dijadiin pasangan dalam sebuah film🙂

    Oh ya tambahan untuk resensi kaka🙂
    Aku suka cara penyajian resensi kaka yang ini, Beberapa kalimat dialog dalam novel mampu kaka selipkan ke dalam sepenggal ulasan cerita. Jujur deh kak, aku pengen bisa ngeresensi kaya kaka🙂
    Bisa dong kapan-kapan di share cara/tips meresensi yang baik😀😀

    From: Nurdiani Sofa >> @SoffaKim9

  28. Hai Kak Dini, another GA, right?
    Wah, pertama, aku mau apresiasi review Kak Dini mengenai novel Sweet Melody ini. Seperti biasa, tulisan kakak selalu bisa bikin pembaca tertarik, di sisi lain karena bahasanya yang ringan ditambah pendapat-pendapat kakak yang sangat membantu. Aku selalu suka gaya menulis kakak! Great job!
    Kalo disuruh membayangkan sosok Hwan, aku akan langsung milih Ha Ji Won. Why? Karena wajahnya yang imut sekaligus cocok jadi cewek tomboi (see Secret Garden, right?) Selain itu posturnya yang nggak terlalu tinggi juga menunjang peran di atas waktu dia jadi cewek enerjik yang lari-lari waktu dikejar perampok. Kalau untuk Chang Ryong, aku akan pilih, Jung Il Woo, karena dia cocok kalau akting jadi musisi, selain itu dia juga sering dapet peran ceroboh kocak di beberapa dramanya, dann.. absolutely he did well!!

    OK kak, that’s my opinion,
    thanks.

    Rizma – @NoonaHyunra

  29. Ikutan ya, kaaaak!😀
    Lagi-lagi giveaway. Kereeeeen, I like it kak and I Love you. Hehe *dijitak, ketauan banget suka gratisannya wkwk*
    Seperti biasa, saya suka review-an kakak, cara kakak ngerecommend bukunya itu beda, bikin tertarik. Ulasan yang gak terlalu spoiler sehingga bikin penasaran setengah mati, pengen cepet-cepet beli bukunya langsung:D
    Cuma kak, kekurangan dari buku ini kurang kakak gilas eh dielus eh diulas :p But, overall is great, interesting🙂 *sok inggris >.<*

    Kalo disuruh membayangkan sosok yang memerankan Hwan, cewek tomboi sampai dikira cowok aku memilih Amber f(x). Kenapa? Karena memang pas saya rasa. Dari postur tubuh, wajah, dan dia sosok cewek yang dapat bermain alat musik dan bernyanyi. Menurutku Park Shin Hye terlalu cantik. Kalau Amber dilihat sekilas bisa tertipu mengira kalau ia cowok.
    Kalau yang cocok memerankan Chang Ryong aku memilih Kim Soo Hyun. Wajahnya yang babyface, jahil lucu dan suka salah tingkah dengan senyum memikatnya sepertinya semakin pas. Kim Soo Hyun juga pintar bermain alat musik dan bernyanyi.
    Sweet Melody tentang musik, saya berharap bisa didramakan. *garagara kak Dini nih😦 * Aminnnn😀
    Sabariah @cabbyy_

  30. Kalo menurut aku sih yang yang cocok meranin Hwan itu Park Jiyeon T-ara. Karena Jiyeon itu wajahnya sekali tomboy, cowo banget. Kalo feminin, ugh cantik banget! Nih fotonya bisa diliat disini >> http://www.soompi.com/wp-content/uploads/m/j/ax/510034/510034.jpg
    bisa deh pasti bikin cowok nggak nyangka dia cewek. hehehe :p

    kalo yg cocok jadi Chong-ryong sih tentu aja si L Infinite. Secara kan chong-ryong disitu kan katanya charming tp suka salting, nah pas banget tuh sama aura wajahnya L. Apalagi L bisa main gitar. Cocok banget jadi anak band. yah walaupun nggak tau juga sih posisi Chong-ryong disitu jadi apa. ini foto L yg charming >> http://24.media.tumblr.com/tumblr_m8zemkOeIr1rcun79o1_400.gif

    Sekiaaannn~

    Ruth Munthe
    @ruthmunthe

  31. Pertama kali mengunjungi blog buku ini, langsung ketemu giveawaynya,.. Annyeong Haseyo, salam kenal.. ^_^
    Aku belum sempat baca novel sweet melody, tapi aku lihat review ini jadi ikut tertarik buat baca. Menurutku yang cocok meranin Hwan kayanya Park Shin Hye. Kenapa?. Aku suka aktingnya dia waktu jadi Go minam di You’re beautiful. Selain itu wajahnya emang cantik dan tomboy.hehe.
    Untuk pemeran Chan Ryong aku milih Lee Jong Suk. Masih tersihir aktingnya dia di School 2013 & I Hear Your Voice. Selain wajahnya yang masih remaja, juga karena aktingnya bagus.🙂
    Berharap menang😀
    Twitter: @raindropsiro

  32. Hi Dinoy, Kalau menurut ku yang cocok jadi Hwan sepertinya Park Shin Hye.. Soalnya wajahnya polos gitu, tapi bisa didandani jadi tomboy. Cover buku Sweet Melody mirip dengan rambutnya Park Shin Hye sewaktu main di Heartstring. Terus yang cocok jadi Chang Ryong itu Lee Jong Suk soalnya badannya tinggi banget, terus gayanya bisa cuek tapi perhatian kayak dia main di I hear your Voice.

    Rista Afriyanti @RistAfriyanti12

  33. hai kakak.. ikutan ah aku

    menurut aku yang cocok jadi Hwan itu Amber f(x) kan dia udah tomboy tuh,, jadi gak keliatan di buat2 pas akting tomboy.
    aku dari dulu berfantasi aja gimana kalo amber main film yang pas sama karakternya dia. pasti dapet banget deh.
    untuk karakter Chang Ryong mungkin cocok sama Jonghyun CN Blue. mukanya kan ganteng dan kalem. lucu juga kalau liat tingkah nya yang salting krna jatuh cinta tapi susah mengungkapkan perasaannya.
    terus terang aku belum baca novel ini jadi blm tau bagaimana kebiasaan sehari2 dari karakter Hwan dan Chang Ryong. tapi aku akan sangat menantikan drama nya bila nanti akan di buat.

    Erna Puji Astuti (@ernaeqy)

  34. akkk msh sempet ikutan kan ><

    setelah baca reviewnya, gambaran tokoh yg muncul di kepala saya adalah si duo park🙂 yaitu park min young dan park yoochun (sungkyungkwan scandal) terlepas dari mereka yang memang bukan remaja lagi.. tapi di lihat dr gambaran karakter yg saya baca di review kakak , sepertinya mereka memang cocok memerankan hwan dan chan ryong .

    vicky septiana – @6002theSepti

  35. Giveaway novel korea, kereen!
    Ikutan ya kak…
    Artis korea yang cocok memerankan Hwan, Park Shin Hye. Unnie yang satu ini pernah berperan sebagai cowok di drama You’re Beautiful, dan itu kereen banget. Aku sampai nggak ngenalin dia waktu di drama itu. Kalau yang memerankan Chang Ryong, Kim Bum. Cowok yang satu ini charming banget.😀

    Tyaas HC @tyaas_hc

  36. Wah setelah baca sinopsis novelnya jadi tertarik buat ikutan…
    Boleh ya? boleh dong…
    Menurut aku yang cocok jadi Hwan-si cewek tomboy adalah Eunji A Pink. Karakter dramanya sepertinya sepadan(?) dengan karakter Hwan. Wajahnya kelihatan cerewet dan gak feminim-feminim amat. apalagi dia jarang pakai make up tebal, pas lah dengan kecantikan naturalnya. eitss, tapi sepertinya rambut panjangnya mesti di pangkas dulu jadi pendek. Wahh, mirip gak ya nanti sama Cover Sweet Melody, kkk~
    Dan satu lagi, pemeran Chang Ryong aku pilih Kim MyungSoo, tau siapa dia??
    Ya, manusia satu huruf dengan wajah tampan. L. Visualisasi boyband Infinite itu loh!
    Entah mengapa setelah baca sinopsis Sweet Melody wajah L terbayang-bayang di pikiranku, tssaahh~
    Wajah cuek dan karisma tersembunyi (?) nya itu lohh, apalagi di tambah dengan senyum maut dan tatapan tajamnya… Errr, bikin luluh hati cewek. Duh, jadi gak sabar pengen ngebayangin akting mereka melalui novel ini…
    Kyaa~ udahlah itu aja pendapatku.. Thanks kak Dini🙂
    By : Hanifah Putri – @haenifah

  37. Aku gak tau terlalu banyak artis korea,jadi kalo menurutku yang cocok jadi Hwan itu Ham Eun-jeong atau yg lebih dikenal dengan nama Eunjung t-ara.selain rambutnya yang pendek seperti dicover sweet melody,eunjung ini juga penyanyi dan bisa akting. terbukti dia sudah memerankan beberapa film,iklan dan drama.contohnya dream high,coffee house,etc. Walaupun dia sudah berumur 25thn tapi kurasa jika ia berperan sebagai remaja akan cocok cocok saja,lagipula menurutku wajahnya menipu umurnya,hahaha.

    Kalo Chang Ryong menurutku yang cocok adalah Lee Min Hoo diserial drama Boys Before Flower,karna didrama itu dia (menurutku) charming^^ dan malu2 untuk mengakui perasaan nya pd geum jandi & terkadang dia juga bisa salting,umurnya memang sudah tidak remaja lagi,tapi aku yakin dia bisa memerankan tokoh Chang Ryong dengan baik.

    Untuk review yg kadinoy buat,aku suka.jujur dan apa adanya. Jujur saja aku baru beberapa bulan ini mengikuti blog kaka,dan aku suka,apalagi kalo lagi ada tanya jawab penulis sama giveaway wkwkwk.
    Sekian & terimakasih….😀

    Nama: Linda Novianty
    Twitter: @NoviantyLinda

  38. Menurutku yang cocok jadi peran
    ~ Hwan (cewek yang tomboi sampai dikira cowok): Amber f(x), soalnya emang dari postur tubuhnya, gerak geriknya, style-nya bahkan suaranya kesannya dia itu emang cowok. Nge-rap dia juga keren.
    ~ Chang Ryong (cowok yang charming tapi suka salah tingkah juga): Choi Minho Shinee mungkin, dia charming tapi entah kenapa di beberapa reality show dia tuh ga bisa nyantai (artis2 co lain kalo udah masuk acara beginian lgsg gila-gilaan, ya entah ngegombalnya ya entah becandaannya), minho suka keliatan (keliatan banget) kalo dia itu canggung & salting kalo ngadepin artis cewek lain (suka senyum2 malu ga jelas hihi^^)… dia kan orangnya kompetitif, ga mau kalah, jaim, (#ngarang) tapi ya saltingnya dia itu cute banget.. hihi >.< (ini apa sih)
    Covernya cakep, resensinya bikin penasaran, pengen tahu karakter cowok anggota band laennya slain Chang Ryong. ^^
    Maharani @halona_mio

  39. Mmm dari yang kubaca disini, aku bisa bayangin kalo Hwan itu Park Shin Hye.– karena yang kubayangkan itu dia. Park Shin Hye itu juga kalo berekspresi ekspresif banget menurutku, dan untuk ke-tomboi-an nya park shin hye juga cocok kok.
    dannn buat yang Chang Ryong aku ngebayanginnya Lee Min Hoo, karena face nya juga ga tua-tua amat menurutku, karakternya disini kan charming itu cocok sama dia juga😉 kenapa dua artis ini, yang kupilih karena selain aku ngebayanginnya mereka, aku juga mikir seandainya mereka main di drama/film ttg ini pasti keren banget🙂
    Diastuti Arnumsari @diaasww

  40. Resensi kak Dini buat aku jadi pengenn bgt baca novel Sweer Melody♥..
    Kak Dini ahlinya deh dlm resensi novel2.. ^^

    Menurut aku artis yang cocok jadi Hwan itu ‘Sooyoung SNSD’ .. apalgi klo rambut sooyoung pendek kyak di MV Genie beneran kyak cowo dehh.. Sooyoung juga oranya ceria,lincah dan aktingnya di Dating Agency buat dia cocok bgt peranin Hwan di novel ini..

    Klo untuk peran Ryong aku kasi ke Lee Minho.. liat aktingnya di BBF yang sok jual mahal tapi sebenarnya suka sama Geun Jandi.. dia selalu jealous sama Ji Hoo tpi dia cuma diam dan mengandalkan hartanya..

    Sooyoung dan Lee Minho itu sama-sama tinggi.. jadi cocok deh.. yaampun.. kpan ya mereka bsa syuting breng? Hehe..

  41. Pingback: Sweet Melody 2 by Baek Myo | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

