Secret Admirer by Karizza Rakmavika

SA

Judul: Secret Admirer

Penulis: Karizza Rakmavika

Penerbit: Gagas Media

Genre: Teenlit, Romance

Terbit: Oktober 2012

Tebal: 196 Halaman

Harga: Rp 38.000

Pernah tahu rasanya sekelas bareng seorang idola? Bahkan tidak hanya sekelas, tapi juga ditugasi untuk mengajari seorang cowok anggota boyband yang tampak malas-malasan di sekolah. Itulah yang dialami oleh Gaea terhadap Thor. Gaea bertugas memberi semacam les kepada cowok ini, yang sepertinya lebih mementingkan karier keartisannya daripada pelajaran di sekolah. Tentu saja Gaea sebal, ketika sesi belajar yang diberikannya tak diacuhkan oleh Thor. Tapi lama kelamaan, Gaea malah berubah menjadi simpati kepada Thor. Bahkan, kini Gaea menjadi rutin memberikan semangat secara diam-diam kepada Thor. Apakah benar Gaea naksir sama Thor? Dan apakah cowok ini peduli kepada Gaea?

Saya membaca teenlit lagi. Bukannya apa-apa, tetapi karena buku ini adalah hadiah dari Gagas Media ketika saya menghadiri acara jumpa salah satu penulis Gagas, haha. Karena hadiahnya tidak bisa dipilih, ya saya terima-terima saja. Dan saya berakhir dengan memberi bintang 3 untuk novel ini di Goodreads. Kenapa? Karena secara keseluruhan saya menikmati cerita dan alurnya. Dari awal mulai membaca, saya sudah merasa nyaman dengan cara penulisannya. Meski begitu, tetap ada beberapa kritik yang harus saya sampaikan. Sebelum itu, mari saya beritahu lebih lagi tentang cerita di novel ini, tanpa harus menjadi spoiler.๐Ÿ˜€

Jadi seperti yang saya ceritakan di paragraf pertama, Gaea jadi lebih sering berinteraksi dengan Thor. Gaea bahkan merasa tidak rela ketika salah seorang cewek di sekolahnya mempermainkan perasaan Thor. Sayangnya, pembawaan Gaea yang cenderung kaku dalam bersosialisasi tidak dapat membuat Thor memahami sikap simpatiknya kepada Thor. Thor tetap menganggap bahwa Gaea adalah gadis yang dingin dan tidak mudah berteman. Hal ini yang akhirnya membuat Gaea memilih cara lain untuk memberi perhatian kepada Thor. Khas ala remaja, ceritanya dibumbui dengan kisah-kisah di sekolah, beberapa aspek yang membuat seorang cowok tampak keren, dan pergulatan seorang anak di dalam keluarga yang memberi beban berat padanya. Di sini Gaea-lah yang menjadi tokoh sentral, kita dapat membaca beberapa konflik yang awalnya bermula dari gadis pintar ini.

Lalu, inilah beberapa kritik yang ingin saya sampaikan. Novel ini murni mengambil setting di Indonesia, tokoh-tokohnya juga orang Indonesia. Tetapi beberapa istilah yang dipakai seperti mencontek begitu saja dari industri musik di Korea. Ada comeback, debut, training, netizen… Saya jadi bertanya-tanya, apakah proses pembentukan boyband di Indonesia juga plek mencontoh yang ada di Korea Selatan sana? Maaf-maaf saja, tetapi terkesan sekali tempelannya. Kemudian secara teknis, setelah mulai nyaman membaca novel ini, sayangnya mulai pertengahan halaman ke belakang, saya harus menjumpai banyaknya kesalahan penulisan. Saya membaca siapa editor dan proofreader di novel ini, dan bukan nama-nama yang asing. Di sinilah saya mulai menyayangkan, karena jujur Gagas sendiri memiliki image yang tidak baik mengenai masalah seringnya typo ini – saya bisa menyimpulkan hal ini dari beberapa pendapat reviewer di Goodreads yang mengaitkan Gagas dengan typo, sudah seperti habit katanya.๐Ÿ˜ฆ

Untuk masalah pengolahan konflik cerita sendiri, saya tidak akan terlalu banyak protes. Well, ini kisah remaja, porsi konfliknya ringan saja, juga penyelesaiannya yang terlalu manis, hehe. Saya pun menempatkan diri saya sebagai seorang remaja pula saat membaca cerita ini, so why bother? Tapi mungkin lain kali penulis perlu memerhatikan agar cerita tentang dunia keartisan dibuat lebih membumi dan senyata mungkin, ya. Karena ini masih Indonesia, bukan Korea Selatan yang boyband-boybandnya seheboh itu. Ah, tapi tidak tahu juga sih, mungkin saya saja yang ketinggalan jaman, hihi.

Ya overall, buat bacaan santai-santai saja, Secret Admirer worth it a chance.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

