Travel Writer by Yudasmoro

travel writer

Judul: Travel Writer

Penulis: Yudasmoro

Penerbit: Metagraf

Genre: How-to, non fiksi, traveling

Terbit: Juli 2012

Tebal: 204 Halaman

Harga: Rp 44.000

Seiring dengan maraknya tren melakukan perjalanan dengan berbagai gaya, maka profesi travel writer pun kian menjadi profesi yang dikejar-kejar. Betapa tidak, traveling gratis karena dibiayai media, atau mendapat imbalan dari tulisan yang kita buat pasca melakukan perjalanan yang melelahkan dan menguras kantong. Tapi, apakah semudah dan seenak itu menjadi seorang penulis artikel perjalanan? Buku ini memberikan jawabannya, dituliskan oleh seorang travel writer yang sudah banyak menulis artikel bagi media cetak.

Yudasmoro paham, bahwa profesi yang digelutinya kini sudah terkenal dan makin banyak diingini. Padahal ketika dia memulai menggeluti bidang ini beberapa tahun silam, profesi ini belum begitu marak, dan lagi majalah-majalah traveling yang menjadi wadah artikel perjalanan belum sebanyak saat ini. Dan karena banyaknya anggapan yang cenderung meringankan profesi ini, atau hanya melihat sisi-sisi enaknya, maka di buku ini Yudasmoro pun berusaha membedah profesi ini secara fair. Enak-tidak enaknya, susah-mudahnya, semua dituliskan. Di buku ini kita akan dikenalkan dengan profesi travel writer, bagaimana memulainya, atau media-media seperti apa yang dapat menampung cerita perjalanan.

Lalu, halaman demi halaman selanjutnya akan membuat kita semakin paham secara teknis tentang bagaimana memulai travel writing. Berbagai tips dipaparkan, juga contoh-contoh tulisan yang mewakili tips-tips tersebut. Menulis artikel perjalanan tidak melulu tentang destinasi, alam yang mempesona atau budaya setempat, tapi kuliner, sejarah, dan profil para pelakunya pun bisa dikategorikan artikel traveling karena unsur-unsur tersebut juga mendukung pariwisata.

Beberapa kesalahan dalam penulisan, seperti kata-kata yang terlalu sering dipakai, deskripsi yang tidak jelas, diuraikan juga di sini. Trik-trik untuk menembus media cetak pun dibagikan. Pengalaman-pengalaman penulis saat melakukan liputan juga tidak pelit diceritakan. Secara saya juga sedang belajar lebih serius tentang travel writing, maka saya merasa buku ini sangat berguna sekali. Dikemas dengan bahasa yang praktis, dan tidak bertele-tele.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s