Paper Romance by Lia Indra Andriana

paper-romance1

Judul: Paper Romance

Penulis: Lia Indra Andriana

Penerbit: Haru

Genre: Fiksi, Roman, Drama

Terbit: April 2013

Harga: Rp 52.000

Eliana Candra tidak pernah menyangka, kalau rasa kepenasarannya terhadap Kev, adik dari pemilik perusahaan tempatnya bekerja, akan berujung pada sebuah kisah panjang yang melibatkan dirinya sebagai tokoh utama. Setidaknya, itulah yang ada di pikirannya, semenjak mendapati bahwa namanya digunakan sebagai tokoh utama dalam novel terbaru Kev Mirrow. Status Eli yang semula hanyalah seorang tukang ketik, tiba-tiba naik drastis menjadi tokoh utama novel dan kemudian yang lebih mencengangkan lagi, menjadi pacar dari sang penulis novel itu sendiri.

Lia Indra Andriana menampilkan sesuatu yang unik di novel terbarunya kali ini. Jika saya ibaratkan, novel ini bagaikan sebuah kotak Pandora (dulu kakak saya pernah memberitahu saya apa itu kotak Pandora: sebuah kotak besar yang jika dibuka akan berisi kotak lagi, lalu kotak itu berisi kotak lain yang lebih kecil lagi, dan seterusnya). Bagaimana tidak, sebagai seorang penulis kali ini Lia menampilkan tokoh utama yang juga berprofesi sebagai penulis. Tokoh utama yang diceritakan yaitu Kev Mirrow, adalah penulis novel best seller yang sedang berusaha menyelesaikan novel terbarunya. See? Penulis yang menuliskan kehidupan penulis yang juga sedang menuliskan novelnya sendiri. Haha, ide yang brilian.

Di dalam novel ini, kita akan berkenalan dengan dua tokoh utama yang karakternya sangat menggemaskan kita. Kev Mirrow yang galak, arogan dan semaunya sendiri. Saya menangkap pria ini sebagai gambaran seseorang yang heartless, karena untuk mengucapkan kata sesimpel ‘maaf’ dan ‘terima kasih’ yang akan sangat berarti bagi orang lain saja begitu susah. Lalu ada Eliana Candra, gadis yang penurut, naïf, dan di awal sangat gampang dipengaruhi. Di samping dua tokoh utama itu, ada pula Nathan Black yang memiliki pribadi yang mengesankan, Tiffany yang selalu bersedia membantu sahabatnya, Hadri yang selalu punya solusi terhadap masalah-masalah Kev, atau Nadia yang intimidatif. Ramuan karakter-karakter yang berbeda itu membentuk kesatuan cerita yang mengasyikkan untuk terus diikuti.

Jika ada beberapa kekurangan novel ini, menurut saya adalah penjelasan yang terlalu banyak baik tentang si tokoh maupun tentang detail tempat dan kegiatannya. Di bab pertama, saya merasa karakter Eli begitu ditelanjangi. Setiap detail yang diberikan tentang tokoh ini tidak menyisakan sedikit ruang penasaran bagi saya untuk menyelami karakter Eli di bab-bab selanjutnya. Tapi mungkin, ini adalah cara penulis untuk kemudian menggulirkan setiap konflik yang akan mengubah beberapa karakter Eli. Berubah seperti apa? Kamu harus baca sendiri agar tahu, hehe.

Perubahan yang menurut saya, enak untuk diikuti. Setelah sempat hampir bosan di hampir setengah buku karena banyaknya penjelasan dalam kalimat panjang, kemudian saya mulai nyaman dan larut menikmati alurnya. Selipan-selipan flashback yang kemudian membangun konflik cerita, potongan-potongan adegan keromantisan, ataupun bahasa tubuh Kev yang membuat gemas saat menunjukkan kecemburuannya terhadap Nathan yang mendekati Eli.

Paper Romance adalah sebuah novel yang mengisahkan, bagaimana jatuh cinta tidak melulu timbul dengan cara yang biasa dan membosankan. Paper Romance memberi gambaran bagaimana rasa suka terhadap seseorang itu bisa saja muncul kepada orang yang awalnya kita benci, dan betapa sedikit demi sedikit sentuhan dapat menimbulkan percikan cinta. Dan satu lagi, bagaimana perasaan sayang akhirnya dapat membalut kekecewaan kita terhadap seseorang yang awalnya membuat kita susah untuk berucap maaf.

Butuh sedikit bersabar untuk dapat menikmati novel setebal 376 halaman ini, belum lagi saya harus mengampuni seringnya ketidakkonsistenan penggunaan kata baku, typo ataupun kekurangan kata hubung dan akhiran yang membuat beberapa kalimat menjadi tidak enak dibaca. Tapi kalau kamu menginginkan kisah roman yang tidak biasa dan ingin belajar menulis karakter-karakter yang berbeda, Paper Romance dapat dijadikan salah satu rekomendasi.🙂

8 thoughts on “Paper Romance by Lia Indra Andriana

  1. Pingback: Hai Lia! |

  2. Wwah, ternyata ada ketidakkonsistenan dalam pemilihan bahasa dan typo-nya juga yaa?
    oia, saya agak tertarik nih untuk baca novel ini. Tapi sebelumnya mau nanya nih, novel ini ngambil setting di mana yaa? di Indonesia kah?
    terima kasih sebelumnya🙂

  3. Pingback: Hai Lia, Can I Ask You Some Questions?? :D | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s