One Last Chance by Stephanie Zen

Image

Judul: One Last Chance

Penulis: Stephanie Zen

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Genre: Metropop, Drama, Romance

Terbit: 2012

Tebal: 288 Halaman

Harga: Rp 47. 500

Adrienne adalah penulis muda yang karya-karyanya selalu masuk jajaran buku laris. Dia memunyai satu kunci kesuksesan untuk setiap cerita dalam novelnya: Tidak boleh ada patah hati yang tidak menghasilkan royalti. Iya, cerita-cerita di novel yang ditulis Adrienne selalu berdasarkan kisah nyatanya saat mengalami patah hati karena dikecewakan oleh beberapa pria yang dekat dengannya. Termasuk nama tokoh pria yang digunakan, juga diambil dari dunia nyata. Adrienne tidak perlu repot-repot mengganti nama mereka, nama lengkap pria-pria tersebut pun dipakainya. Sebuah hal yang dianggap sebagai kegilaan oleh Keyla, sahabatnya. Tapi toh selama ini tidak pernah ada yang mengungkapkan keberatannya, bahkan novel terakhirnya memenangi penghargaan bergengsi di bidang penulisan. Hingga suatu hari Gery Atmadinata muncul. Nama mantan pacarnya yang dijadikan inspirasi cerita di Reasonable Love, novel terakhir Adrienne, datang untuk menyatakan keberatannya dan tak tanggung-tanggung, menggugat Adrienne.

Kedatangan Gery tentu saja memporak-porandakan hidup Adrienne. Padahal Adrienne baru saja menikmati rasanya jatuh cinta lagi dan kali ini, sepertinya pria tersebut benar-benar tepat baginya. Seorang Danny Hussein, calon dokter yang dikenalnya dari kegiatan gerejanya. Danny adalah sosok yang sederhana, dan pecinta alam. Danny mampu membuat Adrienne penasaran, dan untungnya gayung sepertinya bersambut karena Danny pun intens menghubungi Adrienne. Kedekatan di antara mereka berdua mampu membuat Adrienne berani berharap lagi akan cinta. Bahkan, Adrienne berniat menuliskan novelnya yang bukan berdasarkan kisah patah hati, tapi kisah jatuh cinta.

Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata Danny kenal dengan Gery? Pria tersebut adalah teman lamanya, dan dari Gery pula lah Danny mengetahui tentang prinsip menulis Adrienne. Danny mencoba mengonfirmasi kepada Adrienne dengan terselubung, tetapi Adrienne selalu mengelak dengan mengatakan novel-novelnya tidak berdasarkan kisah nyata. Danny yang merasa dikecewakan pun memilih menjauhi Adrienne, membuat gadis tersebut menjadi semakin terpuruk. Kehidupan cintanya berantakan, karirnya sebagai penulis pun terancam mati karena gugatan Gery, bahkan penghargaannya pun dicabut. Bagaimana Adrienne mengatasi kejatuhan yang notabene diakibatkan oleh kesalahannya sendiri? Apakah Danny sudah benar-benar menyingkirkan Adrienne dari hatinya dan tidak punya perasaan apa-apa terhadap gadis itu?

Saya suka novel ini, bahasa yang digunakan dalam dialog adalah bahasa sehari-hari dan ringan dibaca. Adrienne sendiri diceritakan selain sebagai penulis dia adalah mahasiswa tingkat akhir. Alurnya mengalir menyenangkan, dan penggambaran masalahnya pun tepat, tidak perlu bertele-tele namun dengan jelas menggambarkan konflik yang terjadi dan juga bagaimana karakter Adrienne. Di novel ini juga diselipkan beberapa pesan moral lewat dialog-dialog ringan maupun perenungan Adrienne yang juga tidak terlalu berat. Semua mengalir seolah-olah cerita ini adalah cerita yang ringan, namun tetap mengandung unsur emosional yang membuat penasaran.

Pendekatan yang dilakukan Danny terhadap Adrienne juga tidak terkesan norak, terkesan sederhana namun tahu-tahu dia melontarkan kalimat-kalimat romantis yang membuat saya meleleh. Misalnya, saat Danny berbincang dengan Adrienne di pantai, ada dialog yang kurang lebih seperti ini:

“Now i found out kalau ciptaan Tuhan yang indah itu bukan hanya alam.. tetapi juga kamu.”

“Aku jadi pengin ngajak kamu ke beberapa tempat indah, untuk membandingkan mana yang lebih indah… (alam atau Adrienne).”

Huahahaa, saya bacanya seolah saya ini Adrienne dan saya melayang karenanya! ^^

Secara keseluruhan saya senang membaca novel ini. Hanya dibaca seharian, karena memang penceritaannya yang mengalir dan membuat penasaran sampai tuntas. Good job, Stephanie! ^^

One thought on “One Last Chance by Stephanie Zen

  1. Pingback: Hai Stephanie! | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s