Ojou! by Andry Setiawan

Ojou! Cover 13x19 CS5 4

Judul: Ojou!

Penulis: Andry Setiawan

Genre: Young Adult, Drama, Fiksi

Penerbit: Haru

Terbit: Februari 2013

Tebal: 253 Halaman

Harga: Rp 43.000

Jeong dan Lydia saling suka, namun tak ada yang berani mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu. Hubungan mereka berkedok di balik dua mahasiswa berbeda negara yang saling berpartner melalui Hi5, organisasi di Kwanghan University, Seoul, yang ada untuk membantu para mahasiswa asing. Saat Jeong masih berusaha mendekati Lydia, ia dihadapkan pada latar belakang Lydia yang berkaitan erat dengan hal yang sangat dibencinya. Tetapi, rasa suka itu bukan buih, kan?

Jika rasa suka kepada seseorang itu diibaratkan layaknya buih ombak di laut, tapi kenapa rasa suka Jeong tidak serta merta menghilang ketika mengetahui latar belakang Lydia? Makin ia berusaha menjauh, semakin Jeong tidak dapat melepaskan Lydia begitu saja. Jeong bahkan diam-diam berada di dekat Lydia untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan gadis tersebut tanpanya. Lydia sendiri hanya bisa kecewa dan heran dengan sikap Jeong, tanpa tahu bagaimana harus bersikap selanjutnya. Belum lagi, Michelle, sahabatnya yang lain juga ikut menjauh hampir berbarengan dengan sikap Jeong kepadanya. Apa di dunia ini sudah tidak ada yang mau menerima Lydia lagi karena asal-usulnya?

Novel kedua yang ditulis oleh Andry Setiawan ini menceritakan tentang hubungan dua orang yang berbeda negara dan berbeda karakter. Jeong adalah pria Korea yang kalem, sedangkan Lydia dari Jepang dan digambarkan sebagai gadis yang tidak bisa diam. Mereka berdua rutin bertemu hingga timbul benih-benih perasaan suka, tapi tidak ada dari antara mereka yang berani mengakuinya lebih dulu. Novel ini didominasi oleh dialog sehari-hari dan kegiatan para tokohnya yang membuat kita dengan mudah memvisualisasikan apa yang sedang diceritakan. Hubungan antar karakter pun terasa segar saat terbaca melalui percakapan mereka.

Namun saat mulai membaca novel ini, saya sempat merasa bahwa ini adalah novel terjemahan, karena kalimat-kalimat bahasa Indonesianya masih terasa agak kaku, seperti diartikan begitu saja dari bahasa asing. Mungkin, pengaruh setting tempat dan juga asal para tokoh yang dari negara luar memengaruhi penulis menggambarkan cara mereka berbicara, yang tentu saja tidak seluwes jika mereka orang Indonesia asli.

Saya suka dengan cara penulis mendeskripsikan hal-hal yang berada di sekitar para tokoh, sehingga tidak terasa biasa-biasa saja. Frasa seperti ‘Suara daun yang ditiup angin bergemerisik memenuhi rongga telinga’ membuat konteks kalimatnya menjadi tidak membosankan. Meski, di beberapa bagian saya merasa hal-hal tersebut terasa berlebihan (ya, ini mengenai ukuran porsi pemakaiannya saja yang tentunya bagi tiap orang berbeda kadar cukupnya).🙂

Mengenai ide ceritanya sendiri, sebenarnya bagi saya menarik, tentang seseorang yang menyukai orang lain yang latar belakangnya sangat dibencinya. Hanya saja, konflik masalahnya seharusnya bisa lebih dipertajam lagi. Porsi penjelasan cerita masih lebih banyak tentang kegiatan sehari-hari yang seharusnya bisa digunakan untuk mempertajam konflik. Cara penyelasaiannya pun seharusnya bisa dibuat lebih penasaran lagi bagi para pembaca. Tapi secara keseluruhan, saya menikmati novel ini, kok. Terbukti saya hanya perlu beberapa hari (empat hari) dari sejak novel ini sampai, mengingat saya membacanya saat ada waktu luang dari bekerja. Seri kedua dari Hi! Kwangdae yang diterbitkan oleh Penerbit Haru ini layak untuk dikoleksi (seri sebelumnya adalah ‘Close to You’, meski seri lepas tapi ceritanya bagus juga^^).

Oh! Terakhir, saya ingin mengomentari masalah sampulnya. Imut dan unyu sekali, saya suka! Hehe. Tapi dengan gambar seimut ini, bisa saja calon pembaca salah mengartikan bahwa ini novel remaja, jika tidak membaca penjelasan di belakang buku. ^^

4 thoughts on “Ojou! by Andry Setiawan

  1. Pingback: Hai Andry! |

  2. Pingback: Good Memories by Lia Indra Andriana | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s