Autumn in Paris – Ilana Tan

Tara dan Tatsuya. Keduanya bertemu dalam sebuah ketidaksengajaan dengan Sebastian sebagai penghubungnya. Sebastian adalah sahabat Tara, gambaran pria playboy yang sebenarnya diam-diam disukai oleh Tara. Saat Sebastian mulai sibuk dengan pacar barunya, Tara pun akhirnya dekat dengan Tatsuya. Mereka berdua sering menghabiskan waktu bersama yang akhirnya menimbulkan benih-benih cinta di hati masing-masing. Tidak ada yang salah, bukan? Tatsuya yang pria Jepang menyukai Tara, gadis menarik dan ekspresif yang sangat menyukai Paris dan suasana musim gugur.

Seandainya semua berjalan sesuai yang diharapkan, seandainya keadaan mengijinkannya untuk memiliki Tara seutuhnya … Seandainya saja, Tatsuya tidak pernah membenci Paris dan musim gugur… Dua hal ini mengingatkan Tatsuya pada seseorang yang berperan sangat penting dalam hidupnya, namun tidak pernah menunjukkan batang hidungnya di hadapannya. Dibutuhkan segenap keberanian oleh Tatsuya untuk menemui orang ini, dan menyampaikan semua rahasia masa lalu yang pastinya akan mengubah identitas orang tersebut. Sebuah rahasia yang terpendam lebih dari dua puluh tahun, yang ternyata mendamparkannya pada kenyataan, pada hubungannya dengan Tara. Karena satu rahasia inilah, Tatsuya tidak mungkin bersama dengan Tara. Seandainya saja, rahasia itu tidak perlu terungkap.

Novel Ilana Tan yang kedua yang saya baca setelah Sunshine Becomes You. Kebalik ya, padahal kalau dari tahun terbit sih, jauh duluan ini (terbit tahun 2007, sementara SBY tahun 2012). Tujuan beli novel ini sih, karena pengin belajar bagaimana menulis alur novel untuk genre roman murni. Dan memang, saya terpesona dengan gaya penulisan Ilana yang melankolis dan rapi. Jalinan kata yang membentuk kalimat yang sepertinya biasa, namun penyampaiannya selalu membawa emosi. Juga konflik yang disuguhkan dalam novel ini sangat tak terduga. Berakhir pada saya yang berpikir, ‘hah, kok bisa gitu ya?’ Well, meski saya nggak terlalu menyukai cerita yang berakhir dengan sedih dan salah satu tokohnya meninggal (spoiler alert! :p) tapi tetap saya menyukai keseluruhan cerita dan memberinya rating 3 dari 5. Saya belajar banyak untuk penulisan alur roman di novel ini!🙂

dinoy

Judul: Autumn in Paris

Penulis: Ilana Tan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

One thought on “Autumn in Paris – Ilana Tan

  1. Pingback: Winter in Tokyo by Ilana Tan | Dinoy's Books Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s